Pengalaman Menginap di Hotel Seruni – Cisarua

By
Pada bulan maret 2017 kami berlibur dan menginap di hotel seruni – cisarua. Seperti biasa, kami akan sharing pengalaman kami weekend menginap di hotel seruni ini kepada reader bankjim.com. 

Karena kami sudah merencanakan liburan ini maka satu minggu sebelumnya kami memesan kamar di hotel ini. Namun ternyata kami masih kesulitan mendapatkan kamar yang berdekatan karena hanya tersisa 1 kamar di hotel seruni 2 dan 2 kamar lagi di hotel seruni 3. Info : hotel seruni ini terdiri dari 3 gedung hotel utama yaitu hotel seruni 1 (Pangrango), hotel seruni 2 (Gunung gede) dan hotel seruni 3 (Gunung salak) . Sempat ada niat  untuk cari hotel lain namun tidak kami lakukan karena adanya rekomendasi keluarga dan keinginan untuk mencoba atmosfer menginap di hotel ini. Akhirnya kami setuju mengambil dan booking kedua kamar tersebut. Tarif harga kedua kamar tersebut tidak jauh berbeda yaitu harga dari kisaran Rp 900.000,- sampai Rp 1.000.000,- per room/night. (weekend rate).

Seminggu kemudian, pada Hari sabtu jam 11 kami berangkat dari rumah di daerah TMII. Perjalanan di tol jagorawi relatif lancar hanya agar tersendat di gerbang tol cibubur sesudahnya lancar jaya. Sampai di exit tol ciawi ternyata kami terjebak sistem buka tutup hingga kendaraan terhenti sekitar 30 menit namun setelahnya arah ke puncak dibuka naik satu arah. Perjalanan kami menjadi lancar sekali.


Lokasi hotel seruni ini searah dengan jalan menuju ke taman safari indonesia – cisarua. Alamat lengkap nya Jalan raya Pirus, Kampung Baru Tegal Cibeureum – Cisarua – Jawa barat. Anda belok ke arah kanan di tugu jalan yang menuju ke taman safari Indonesia dari sini jalan terus hingga sekitar satu km akan ada jalan kecil di sebelah kiri jalan dengan petunjuk sign “Hotel Seruni” . masuk ke jalan itu, jangan kaget karena jalannya memang kecil hanya cukup untuk 2 mobil, jika berpapasan maka kendaraan harus jalan pelan dan hati – hati agar tidak bersenggolan. Dari jalan ini ke arah hotel jaraknya lumayan jauh dan berkelok – kelok jadi kami sempat khawatir apakah benar ada hotel bagus di dalam sini.

Setelah beberapa saat akhirnya kami sampai juga di hotel seruni, kami pun langsung menuju ke gedung resepsionist untuk mengurus administrasi booking kamar kami. Dari sini tidak terlihat jelas hotel nya karena memang gedung ini khusus receptionist dan reservasi saja. Setelah administrasi selesai kami mendapatkan kunci kamar dan voucher sarapan untuk 2 orang per kamar. Petugas kemudian memberitahukan bahwa lokasi kamar hotel berada di belakang gedung reservasi ini mengikuti jalan masuk yang ada, ok kami ikuti, ternyata jarak hotel seruni  2 dan 3 cukup jauh dari gedung reservasi. Anda perlu membawa kendaraan sendiri untuk menuju kesini. Posisi gedung hotel seruni 1, 2 dan 3 memanjang bersebelahan. Jaraknya dari gedung resepsionis hingga ujung komplek hotel di seruni 3 kira - kira sekitar 1.000 m. Kontur jalannya naik turun dan berliku jadi kalau tidak membawa kendaraan sendiri agak merepotkan dan capek saat membawa barang – barang.

Sampai ke lobby hotel seruni 2 petugas cukup ramah dan sigap membantu membawa barang ke kamar kami. Di area ini nuansa bali dan sunda sangat terasa. Ini terlihat dari setup desain interior, lukisan, relief dinding dan patung yang ada. 

Masuk ke kamar hotel, atmosfernya juga sama terdapat patung dan lukisan bali. Kamar kami adalah kamar satu bedroom dengan tempat tidur kayu berukir klasik, fasilitas yang ada tv LCD besar dengan saluran tv kabel, wardrobe, safe deposit box, meja dan kursi di dalam dan di luar kamar. Kamar mandi yang berisikan wastafel, kaca dressing, toilet, sekat untuk shower dan sekat bathtube. Secara umum kami cukup puas karena kamarnya luas dan nyaman walaupun disini tanpa ac udaranya sudah cukup dingin.  Namun ada sedikit catatan minus karena tidak adanya kulkas untuk mendinginkan barang tertentu dan adanya patung serta lukisan yang menampilkan wanita topless yang menurut saya kurang pantas di lihat anak – anak dan remaja.



Kebetulan di seruni 2 ini kami mendapatkan kamar yang view belakangnya menghadap ke pegunungan dengan akses ke pelataran. Jadi ketika kami membuka pintu belakang terlihat pemandangan pegunungan yang indah dan kami dapat akses langsung ke pelataran. Pelataran ini adalah tempat favorit pengunjung hotel karena bentuknya berupa ruang terbuka yang luas ( ilustrasi: karena luasnya anak - anak bisa bebas berlarian dan bermain bola disini) dengan background landscape pegunungan yang indah. Di tempat ini juga terdapat patung kereta kuda yang keren sebagai salah satu spot foto para pengunjung hotel.
Sedangkan 2 kamar kami yang lain ternyata lokasinya terpisah cukup jauh dari kamar kami di seruni 2. Kami harus menggunakan mobil untuk menuju ke seruni 3. Di kamar ini lokasinya cukup terpencil dari bagian hotel lainnya tepatnya satu bangunan dengan “gedung opera”. Di kedua kamar ini masing – masing ada 3 bedroom single jadi cukuplah untuk anggota rombongan kami. Secara umum untuk fasilitas lainnya sama dengan kamar kami sebelumnya di seruni 2. Yang berbeda adalah di antara kedua kamar ini terdapat connecting door dan view belakang kamar hotel disini hanya menghadap tebing saja. Namun disini lebih terasa privasinya karena view belakang tidak dapat dilalui oleh pengunjung hotel seperti di seruni 2.

Karena lokasi kamar yang berjauhan, kami mengatur waktu untuk dapat berkumpul bersama. Sabtu sore kami berkumpul di kamar seruni 3 dan makan makanan yang kami bawa dari rumah. Jadi selama disini kami tidak memesan makanan hotel sehingga kami tidak bisa mereview service dan kualitas makanan room service, yang pasti menu makanannya sama seperti hotel lain yaitu sop buntut, nasi goreng, aneka masakan tionghoa dan jepang.

kemudian pada malamnya ada anggota keluarga yang menonton pertunjukkan seni di gedung opera. Disini terdapat pertunjukkan live tari bali, tari jaipong, kesenian angklung dan opera yang diadakan setiap malam minggu. Penarinya cukup ramah dan kita dapat berfoto bersama dengan mereka. Anggota keluarga lainnya ada yang jalan – jalan ke pelataran, ke luar hotel ke arah puncak atau ke taman safari Indonesia melihat kehidupan hewan dengan sensasi berbeda di program night safari. 

Oh ya, info : untuk minta extra bed anda harus membayar Rp 300.000,- dan dibayar tunai setelah kasur diantar ke kamar. Jika anda memesan extra bed maka anda mendapatkan tambahan 1 voucher tambahan untuk sarapan. Disini juga ada ketentuan unik, yaitu jika anda memindahkan kasur tempat tidur dari tempatnya misal ke lantai maka anda dikenakan biaya Rp 250.000 per malam. 

Besok paginya kami sarapan di restoran yang ada di hotel seruni 2, sebenarnya karena kamar kamar kami berbeda gedung seharusnya kami sarapan di lokasi yang berbeda. Tapi karena kami ingin kumpul maka semua sarapan di hotel seruni 2 dan ternyata bisa tinggal serahkan voucher sarapan ke petugas hotelnya saja.
restoran kami ini memiliki view yang bagus. Lokasinya di ketinggian, bentuknya melingkar dan sekeliling dinding sisi luarnya berbahan kaca full dari lantai sampai plafon sehingga pengunjung restoran dapat leluasa melihat pemandangan perbukitan indah di sekitarnya. Restoran ini pun cukup luas dapat menampung seluruh pengunjung hotel seruni 2 yang sarapan disini. For your info : pengunjung hotel seruni 1, 2 dan 3 memiliki restoran tempat sarapan sendiri – sendiri.

Menu sarapan disini cukup enak dan bervariasi sesuai standar hotel. Tersedia aneka bubur (bubur ayam, kacang hijau dan ketan hitam), telur dadar dan omelette, aneka salad, bakery serta aneka buah. Untuk minumannya tersedia jus, teh dan kopi. Untuk sajian buffetnya tersedia nasi putih dan nasi goreng, sosis ayam dan sapi, sayuran, fish fillet, gorengan, dll. Anda dapat makan sepuasnya hingga kenyang disini. Waktu sarapan adalah dari jam 7.00 sampai jam 10 pagi.





Setelah makan kami jalan – jalan menikmati pemandangan dan udara segar di sekitar komplek hotel seruni. Disini ada beberapa kolam renang untuk dewasa dan anak di beberapa lokasi berbeda. Bagi orang dewasa yang ingin serius berenang terdapat kolam renang standar kompetisi yang biasa di pakai oleh atlet renang berlatih. Di masing – masing gedung seruni 1,2 dan 3 juga terdapat kolam renang sendiri untuk anak dan dewasa lengkap dengan fasilitas waterslide, air mancur, dan kolam jazucci air hangat. Di lokasi agak ke bawah dari bangunan hotel terdapat fasilitas waterpark lengkap dengan 2 buah waterslide yang cukup tinggi mungkin sekitar 10 meter, ramp tempat bermain air dan terdapat juga mainan unik seperti flying fox namun untuk menggerakkannya perlu di bantu dorong manual oleh orang. Area ini beralaskan pasir putih halus jadi sambil mendorong dan jika terjatuh pun tidak akan terasa terlalu sakit. Di sekitar area ini juga terdapat permainan anak – anak seperti ayunan, kemidi putar, rangka panjat bola dunia dll. Tempat ini cukup luas dan banyak ruang terbuka hijau sehingga dijadikan tempat favorit untuk kegiatan seru – seruan bagi mereka yang menginap dengan rombongan besar.


Setelah selesai berkeliling dan bermain kami memutuskan kembali dan berenang di kolam renang di hotel seruni 2 dengan pertimbangan lokasinya dekat dengan kamar, ada kolam renang anak, kolam dewasa dan kolam jacuzzi air hangat. Di sini juga banyak kursi panjang tempat berjemur sehingga keluarga dapat istirahat sambil mengawasi anak berenang. Jangan kaget, berenang disini air nya dingin sekali namun tentu badan menjadi terasa segar. 

Anggota keluarga yang tidak berenang, mereka asyik foto – foto di sekitar kolam renang ataupun di pelataran yang memiliki view pegunungan yang indah. Jika kemudian ingin upload foto and video ke sosial media maka tinggal jalan sedikit ke lobby, disini tersedia wifi gratis dan cukup cepat untuk sekedar update status, informasi dan cek email. Jangkauan wifi nya cukup bagus dan stabil, di kamar kami yang lokasinya cukup jauh dari lobby pun masih dapat menangkap dengan baik sinyal wifi ini.

Demikianlah pengalaman kami selama menginap di hotel seruni – cisarua – jawa barat. Secara umum hotel ini cukup bagus, kami memperoleh pengalaman yang menyenangkan. Menurut kami hotel ini cocok bagi keluarga yang ingin beristirahat, retreat atau gateway dari kesibukan hiruk pikuk kota. Udaranya segar dan lingkungannya hijau asri. 

Untuk video tentang hotel seruni – cisarua dapat anda saksikan di sini :


2 comments:

  1. Udah pengen banget ngerasain liburan di hotel ini
    Kemarin abz wedding bingung mau ke mana honeymoon-nya. Termasuk hotel seruni juga jadi kandidat. Hahahaha tapi cuma sampe kandidat doank.
    Makasih atas sharingnya Bro...

    ReplyDelete
  2. wah, newly weds ya...selamat...ia hotel ini cocok untuk keluarga dan yg honeymooon juga..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.