Dirgantara Expo 2017 – Jakarta

By
Bulan april merupakan bulan dirgantara Indonesia. Pada bulan ini diperingati HUT TNI Angkatan Udara dan diadakan gelar kekuatan kedirgantaraan terbesar di Indonesia. Salah satu event nya adalah dirgantara Expo 2017 yang menampilkan berbagai alutsista TNI AU dan kegiatan kedirgantaraan lainnya.

Kami yang berdomisili di sekitar Bandar udara halim perdana kusuma merasakan sekali peningkatan aktivitas lalu lintas udara menjelang bulan dirgantara ini. Tentunya kami penasaran ingin melihat langsung pesawat – pesawat yang berseliweran di atas rumah kami. Pada dirgantara expo inilah kami akan dapat melihat pesawat tersebut jadi pastinya kami akan datang dan membagikan informasi kunjungannya kepada anda reader bankjim.com. langsung saja.

Hari pertama dirgantara expo, kami langsung berangkat pagi dari rumah agar tidak terkena macet. Oh ia, lokasi pameran adalah di terminal haji bandar udara halim perdana kusuma. Jadi untuk sampai ke sini lebih dekat masuk melalui jalan komodor halim atau bisa juga lewat jalan raya pondok gede. Di jalan masuk ini tersedia umbul – umbul dan plang besar dirgantara expo sebagai petunjuk arah. Sampai di lokasi expo ternyata parkir di area expo di reserved untuk VIP dan undangan maka kami harus mencari parkir di sekitar area dirgantara expo.

Kami sampai lokasi dirgantara expo sekitar jam 08.00 WIB. Namun ternyata setelah kami melihat banner rundown acara, untuk hari pertama expo di buka secara resmi jam 10.00 WIB. Wah kami datang terlalu cepat bisa – bisa kami harus menunggu lama disini namun alhamdulillah ternyata kami diperbolehkan masuk area expo oleh petugas. Terima kasih pak, kami merasa seperti VIP karena di sini banyak sekali tentara dengan seragam lengkap sedang bersiap untuk acara pembukaan dirgantara expo. Kami pun berkeliling area expo.
Pada expo ini ditampilkan beberapa alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AU, alutsista yang ditampilkan terdiri dari pesawat tempur, pesawat angkut, helicopter, kendaraan tempur (ranpur) dan kendaraan taktis (rantis). Ada juga ruang pameran yang berisikan stand dari pihak yang berkepentingan di dunia kedirgantaraan. Diantaranya disini anda dapat melihat mock-up kockpit pesawat terbang modern, komponen sistem navigasi eletronik, prototype rudal anti personel yang digunakan TNI AU, perlengkapan standar personel TNI AU, stand perwakilan airline dan berbagai miniatur pesawat udara.

Saya selalu senang datang ke pameran seperti ini. Ada rasa bangga dan kagum melihat dari dekat pesawat seperti Sukhoi SU-27 MK, Sukhoi SU-30 KM2, helicopter Super puma, pesawat Hercules, pesawat Cassa CN 295, pesawat Fokker 28, dll. Bahkan untuk pesawat CN 295, beberapa pengunjung yang terpilih dapat terbang gratis di langit Jakarta selama 30 menit. Tentunya ini pengalaman yang tidak terlupakan yaitu naik pesawat angkut militer di wilayah udara terbatas TNI AU. Keren.


Untuk video pesawat tempur Sukhoi anda dapat melihatnya di sini :


Perhatian : Bagi yang membawa anak – anak pastikan berhati – hati karena lokasi pameran berada di sebelah landasan pacu yang sibuk jadi selang beberapa menit akan ada pesawat yang landing dan take off. Tentu ini juga pengalaman yang menarik melihat aktivitas pesawat tersebut dari dekat. Namun saat itu biasanya di iringi dengan deru suara pesawat yang sangat keras. Apalagi ketika pesawat jet tempur TNI AU yang take off atau bermanuver terbang rendah, suaranya sangat keras dan memekakkan telinga. Anak saya sempat kaget pertama kalinya dan teriak ketakutan namun setelah di jelaskan dan di ajarkan melindungi telinga mereka jadi mengerti dan mulai menikmati pertunjukkan pesawat tersebut.

Selain pesawat dan helicopter, ditampilkan juga beberapa kendaraan TNI AU seperti kendaraan tempur (ranpur) ATAV – P6 dan meriam oerlikon Skyshield MK 2, dll. Sedangkan untuk kendaraan taktis (rantis) seperti ATC tower mobile (pengatur lalu lintas udara mobile), smart hunter (radar mobile), senkom (pusat komunikasi mobile), dll.



Selain itu disini juga diadakan pertunjukkan dinamis aerobatic dari Jupiter aerobatic team TNI AU yang keren, atraksi kolone senapan dari paskhas TNI AU, pemecahan rekor terjun payung, drumband taruna AAU, aksi aeromodeling dan paramotor.

Untuk video suasana di Dirgantara Expo 2017 anda dapat melihatnya di sini :



Menurut saya dirgantara expo ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan rasa bangga cinta tanah air, masyarakat pun dapat mengetahui perkembangan teknologi kedirgantaraan dan melihat langsung kecanggihan peralatan militer yang dimiliki bangsa Indonesia. Sangat wajar jika acara ini dilakukan setiap tahun dan jika ada dirgantara expo 2018 Jakarta saya pasti akan datang kembali. Begitulah pengalaman kami di expo kali ini, ok bankjim reader, See you at dirgantara expo next year. 

1 comment:

Powered by Blogger.