Wisata ke Museum Konferensi Asia – Afrika (KAA)

By
Diorama Konferensi Asia Afrika

Dalam kunjungan ke bandung, kami berwisata sejarah ke Museum Konferensi Asia – Afrika (KAA). Museum KAA ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah, spot favorit liburan dan kebanggaan warga kota bandung – jawa barat. Lokasi museum ini mudah di akses dan berada di pusat kota bandung yaitu di jalan asia – afrika no. 65. Tepatnya berlokasi di gedung merdeka yang merupakan lokasi dilaksanakannya konferensi asia – afrika tahun 1955.

Museum Konferensi Asia – Afrika (KAA)

Di dalam museum KAA terdapat ruang pameran tetap yang memamerkan koleksi benda memoribilia konferensi asia – afrika, foto dokumentasi, diorama suasana saat KAA berlangsung, profil tokoh dan negara peserta KAA, foto antusiasme masyarakat bandung kala itu dan berbagai sarana multimedia yang memberikan informasi interaktif tentang peristiwa bersejarah KAA tersebut.

Denah Museum KAA

Di bagian tengah museum KAA terdapat ruangan aula besar tempat berlangsungnya konferensi asia – afrika pada 18 – 24  april 1955. Ruangan ini terlihat klasik, megah dan masih terawat dengan baik. Kursi peserta dan meja pimpinan konferensi masih terawat dan tersusun sesuai aslinya. Pengunjung dapat berkeliling ruangan ini dan juga dapat duduk di kursi peserta KAA sehingga kita dapat merasakan suasana khidmat dan seriusnya konferensi yang dihadiri oleh pemimpin dari negara – negara di asia – afrika tersebut. Area ini tidak mungkin terlewatkan untuk lokasi berfoto terutama spot di depan meja pimpinan konferensi yang di belakangnya berjajar bendera – bendera negara peserta KAA. epic

Ruang KAA

Pengunjung ke museum KA ini umumnya tidak dikenakan biaya atau gratis. Yang perlu di perhatikan adalah museum ini libur setiap hari senin dan hari libur nasional. Hari selasa sampai kamis museum buka dari jam 08.00 wib sampai 16.00 wib. pada hari jum’at buka dari jam 14.00 wib sampai 16.00 wib. pada hari sabtu dan minggu buka dari jam 09.00 sampai 16.00 wib.

Kawasan sekitar museum KAA ini sudah mengalami perbaikan, di sisi depan dan samping gedung merdeka kini tertata rapi dengan tersedianya kursi panjang bagi pengunjung dan jejeran berbagai stan makanan. Jadi ketika pengunjung museum KAA selesai berkunjung (exit), dapat melanjutkan wisata kuliner di stan yang menyajikan jajanan yang bervariasi dan beristirahat di kursi – kursi yang ada di sekitar area tersebut.

Jajanan sekitar museum KAA

Harap diperhatikan, mobil dan motor tidak diperbolehkan parkir di sisi jalan asia afrika dekat gedung merdeka, jadi lokasi parkir mobil dan motor museum KAA ini berada di sisi kiri jalan asia – afrika, kira – kira 30 meter setelah gedung merdeka. Di sepanjang jalan dari area parkir menuju ke gedung merdeka juga terdapat “artis” comicon yang menggunakan atribut pakaian sesuai karakter anime, superhero, disney dan juga berbagai figur hantu seperti valak, kuntilanak, dll. Disini pengunjung dapat berhenti untuk berfoto dengan berbagai karakter tersebut. Biasanya kita hanya perlu memberikan sumbangan sukarela dengan nilai seikhlasnya ke dalam kotak uang yang tersedia di samping karakter tersebut. Anak – anak sangat menyukai bertemu karakter tersebut, terutama untuk karakter seperti mickey mouse, naruto, spiderman, princes sofia, elsa dan orang dewasa biasanya berfoto dengan karakter hantu seperti valak, kuntilanak dll.

berfoto bersama karakter anime, disney dan super hero

berikut ini video wisata ke Museum Konferensi Asia - Afrika (KAA) :



Secara umum wisata ke museum KAA ini cukup berkesan, point utamanya  adalah akses ke museum yang mudah, gratis tiket masuk museum KAA dan lingkungan museum dan sekitarnya yang rapi dan nyaman. Bila anda memiliki waktu dan berada di bandung, kawasan wisata ini direkomendasikan untuk dikunjungi.

1 comment:

  1. wisata bandung di sisi meseum emang harus coba dikunjungi, makin mantep aja ya bandung

    ReplyDelete

Powered by Blogger.