Wisata Edukasi Ke Taman Safari Bogor

By
Hola reader bankjim. Pada september 2018 kami sekeluarga jalan – jalan wisata ke Taman Safari Bogor. Tempatnya asri, seru dan menyenangkan. Berikut pengalaman kami berwisata ke Taman Safari Bogor.

Wisata Edukasi Ke Taman Safari Bogor

Dari rumah di daerah pinang ranti – jakarta timur, kami berangkat jam 6.30 WIB. Rencana perjalanan kami adalah masuk tol jagorawi dari pintu tol TMII, sarapan (quick breakfast) di rest area sebelum cibubur (sambil bertemu rombongan keluarga lainnya), terus ke arah exit tol gadog – ciawi, lanjut ke jalan raya puncak lalu belok ke jalan taman safari dan finish di Taman Safari Bogor.

Lalu lintas pada minggu pagi ini sangat lancar, trafik dari rumah hingga di jalan tol jagorawi belum padat. Setelah seluruh keluarga bertemu di rest area cibubur, kami lanjut ke arah exit tol gadog – ciawi. Sampai pertigaan gadog – ciawi sekitar 7.40 WIB. Kebetulan pagi ini antrian kendaraan di lampu merah gadog – ciawi belum panjang sehingga kami tidak menunggu lama disini.  Biasanya ada jadwal buka tutup jalan mulai dari titik ini ke arah puncak dan sebaliknya (sistem 1 arah). Harap perhatikan jadwalnya agar perjalanan tidak terhambat. 

Jadwal Buka Tutup Arus Lalu Lintas Kawasan Puncak - Bogor

Setelah kami melewati lampu merah gadog ini, trafik mulai padat lancar, namun trafik masih berlaku dua arah. Setelah setengah perjalanan mulailah ada sirine mobil polisi yang menandakan dimulainya sistem 1 arah ke puncak. Mulai dari sini perjalanan menjadi lebih lancar, namun harap tetap waspada karena masih banyak motor dari arah berlawanan yang tetap turun terutama di jalur kanan jalan.

Di jalan raya puncak jalan terus sampai ke jalan taman safari. Petunjuk arah ke jalan taman safari ini cukup jelas karena di depannya terdapat patung satwa yang besar. Sebagai patokan, sebelumnya di sebelah kiri jalan terdapat bangunan Royal Safari Garden resort dan convention center yang megah dan bentuknya ikonik. Anda tidak akan melewatkan bangunan ini, ketika melihatnya berarti belokan menuju jalan taman safari sudah dekat (di kanan jalan). Terus susuri jalan taman safari hingga kurang lebih 2 km, anda akan sampai di ujung jalan yaitu. Pintu masuk Taman Safari Bogor.

Secara umum perjalanan dari gadog – ciawi ke pintu masuk Taman Safari Bogor mencapai 1 jam. Ini normal, mungkin jika sistem 1 arah berlaku dari awal, tidak mampir dan tidak macet maka perjalanan bisa lebih cepat. 

Sebelum melanjutkan ke dalam Taman Safari Bogor, sebaiknya anda sekeluarga beristirahat sejenak dan ke rest room karena nanti di area pertama Taman Safari Bogor yaitu Safari Journey (tempat anda melihat aneka satwa) tidak ada toilet atau rest area. Baru setelah memasuki area bermain edukasi lah anda dapat ke toilet atau rest area. Sedangkan jalur safari binatang ini panjang, penuh satwa yang menarik dan hanya bisa dilewati 1 kali. Sangat disayangkan jika anda harus melaluinya dengan tidak nyaman (terburu – buru) karena urusan toilet.

Jam Operasional Taman Safari Bogor

Jam Operasional Safari Siang (Day Safari) 

Hari kerja (weekdays) Safari Siang buka dari jam 8.30 sampai 17.00 WIB. 
Pada akhir pekan (weekend) dan hari libur (holiday) buka dari jam 8.00 sampai 17.00 WIB.

Jam Operasional Safari Malam (Night Safari) 

Loket Safari Malam (Night Safari)  buka dari jam 18.30 sampai 21.00 WIB. 
Safari malam ini hanya buka setiap akhir pekan (weekend) dan hari libur tertentu (holiday).


Harga Tiket Masuk (HTM) Taman Safari Bogor (per September 2018)

HTM Safari Siang (Day Safari)

Harga tiket masuk Safari Siang (Turis Domestik) untuk orang dewasa adalah Rp 195.000,- (weekdays) dan Rp 230.000,- (weekend dan holiday). Sedangkan harga tiket masuk untuk anak – anak adalah Rp 170.000,- (weekdays) dan Rp 210.000,- (weekend dan holiday).

Harga tiket masuk Safari Siang (Turis Mancanegara) untuk orang dewasa adalah Rp 400.000 sedangkan harga tiket masuk untuk anak – anak adalah Rp 350.000. Harga untuk turis internasional tersebut berlaku untuk hari kerja, akhir pekan dan hari libur. 

HTM Safari Malam (Night Safari)

Harga tiket masuk Safari Malam (Turis Domestik) untuk orang dewasa adalah Rp 180.000. Sedangkan harga tiket masuk untuk anak – anak adalah Rp 160.000.

Harga tiket masuk Safari Malam (Turis Mancanegara) untuk orang dewasa adalah Rp 350.000 sedangkan harga tiket masuk untuk anak – anak adalah Rp 300.000. 

Bagi anda yang sudah membeli tiket masuk Safari Siang dan ingin memperpanjang (extent) ke Safari malam maka anda hanya akan dikenakan 50% dari HTM Safari Malam. Yaitu hanya dikenakan tambahan biaya Rp 90.000. ketentuannya saat membeli tiket Safari Malam anda harus menunjukkan wristband Safari Siang kepada petugas loket. Sambil menunggu jadwal buka Safari Malam anda dapat bersantai menikmati aneka coffe dan roti di cafe onta. 

Catatan : 

Anak – anak adalah orang yang berusia 5 tahun ke bawah sedangkan yang dimaksud dewasa adalah orang yang berusia diatas 6 tahun. Anak usia dibawah 2 tahun gratis. Selengkapnya lihat gambar terlampir.

Harga Tiket Masuk (HTM) Taman Safari Bogor

Biaya Parkir Kendaraan

Biaya Parkir Kendaraan roda dua Rp 10.000, Kendaraan roda empat Rp 20.000 dan Bus Rp 30.000. 


Ilustrasi :
1 keluarga terdiri dari bapak, ibu dan 3 anak (usia 10 tahun, usia 4 tahun dan usia dibawah 2 tahun) membeli tiket untuk Safari siang. Keluarga tersebut ke Taman Safari Bogor dengan menggunakan mobil. Maka yang harus di bayar adalah harga untuk 3 tiket dewasa, 1 tiket anak – anak dan 1 biaya parkir mobil dengan total biaya Rp 920.000. Untuk jelasnya lihat Gambar.

Struk Pembayaran Taman Safari Bogor

Apa yang anda dapatkan setelah membayar tiket masuk ke Taman Safari bogor :

1. Struk pembayaran.

Struk pembayaran ini selain menunjukkan nominal yang dibayarkan, dibawahnya terdapat bagian kontrol masuk area safari jouney yang akan di sobek oleh petugas gerbang masuk Taman Safari Bogor. Harap simpan struk ini karena pada saat keluar Taman Safari Bogor, struk ini akan di periksa kembali oleh petugas.

2. Kertas panjang berperekat sebagai identitas pengunjung.

Kertas ini harus anda gunakan di pergelangan (sebagai wristband) selama berada di lingkungan Taman Safari Bogor. Setiap pembelian 1 tiket mendapatkan 1 wristband ini. kertas ini dibuat dari bahan yang durable, tahan air dan anti sobek sehingga anda tidak perlu khawatir saat beraktifitas di Taman Safari Bogor. Pada saat anda menggunakan wahana di TS Bogor maka di wristband ini kan diberi tanda paraf. Intinya menunjukkan bahwa wahana hanya bisa digunakan 1 kali setiap orangnya. 

3. Peta dan brosur informasi area Taman Safari Bogor

Peta dan brosur memberikan informasi nama dan lokasi satwa sepanjang jalur safari (safari journey), lokasi wahana permainan, toilet, restaurant, lokasi pertunjukkan, lokasi kantong parkir, dll yang ada di Taman Safari Bogor.

Denah Taman Safari Bogor

Aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Safari Bogor

1. Safari Journey

Setelah membayar tiket masuk, kendaraan dapat langsung menuju gerbang masuk Taman Safari Bogor. Jika anda tidak ingin membawa kendaraan ke dalam kawasan Taman Safari anda dapat parkir di parkir G. Dari sini tersedia bus gratis yang mengantarkan anda ke area satwa di safari journey hingga sampai ke area permainan dan berhenti di parkir A. Bagi pengunjung yang memilih Safari malam disediakan kereta mini untuk mengamati aktivitas satwa di malam hari.

Di depan gerbang terdapat petugas yang akan memeriksa setiap kendaraan yang masuk. Siapkan bukti struk pembayaran anda, petugas akan menyobek bagian bawah slip pembayaran. Ini sebagai bukti kendaraan sudah masuk area safari journey. 

Di area safari journey ini anda dapat melihat aneka satwa dari berbagai penjuru dunia. Jalan di kawasan safari journey ini satu arah dan cukup untuk dua lajur kendaraan. Di sepanjang jalur safari ini (di kiri kanan jalan) terdapat kandang binatang dengan konsep alam liar tanpa sekat. Jadi pengunjung dapat melihat satwa dari dekat tanpa penghalang. Batas kandang satwa kadang hanya berupa parit atau kontur tanah yang sengaja di buat beda ketinggiannya. Pada seksi tertentu ada satwa di jalur kendaraan yang sedang di asuh oleh petugas taman safari dan ada juga satwa yang memang bebas berkeliaran sehingga binatang tersebut dapat mendekati mobil. Contoh hewan tersebut adalah zebra, rusa, lamma dan sejenis sapi, dll. Seringkali kendaraan harus berhenti dan sabar menunggu karena hewan tersebut memenuhi jalur jalan.  Anak – anak kami pun senang ketika aneka satwa berkerumun tepat di depan jendela mobil. Pengalaman Seru dan menakjubkan saat kami menyentuh satwa dari jendela mobil. Beberapa satwa adalah binatang yang hanya pernah kami lihat di TV bahkan ada satwa yang tidak kami ketahui namanya. Subhanallah. Maha besar  Allah atas segala kuasanya yang menciptakan semua binatang yang indah ini.

Badak Bercula Dua - Taman Safari Bogor

Jerapah - Taman Safari Bogor


Kuda Nil - Taman Safari Bogor

Rusa - Taman Safari Bogor

Berikut ini video footage Safari Journey di Taman Safari Bogor :


Perhatian : 

Untuk wilayah hewan karnivora seperti harimau dan singa anda tidak boleh membuka jendela kaca kendaraan anda. Di jalur safari ini anda tidak boleh turun dari kendaraan, tidak boleh membuang sampah sembarangan dan tidak boleh melukai satwa. Harap selalu mematuhi peraturan yang ada di Taman Safari Bogor.

2. Area wisata bermain edukasi

Setelah wisata safari (safari journey) anda akan menuju kawasan wisata dan bermain. Disini areanya luas terdiri dari seksi A, B, C, D dan berlanjut hingga ke Istana Panda Indonesia di puncak gunung pangrango.

Di akhir safari journey anda akan memasuki seksi A. Disini anda dapat memarkirkan kendaraan, beristirahat, ke toilet, ke musholla, membeli cenderamata, melihat pertunjukkan, menaiki wahana permainan dan makan di restoran yang tersedia. 

Baby Zoo

Di area baby zoo anda dapat melihat dan berinteraksi dari dekat dengan hewan yang menarik seperti aneka burung, harimau putih, orang utan, kuda nil, jaguar, kangguru, monyet dan merkaat. Sesuai namanya baby zoo merupakan miniatur kebun binatang dan banyak satwa yang masih bayi. Disini anda dapat berfoto dengan satwa seperti bayi harimau putih, orang utan, burung dengan biaya masing – masing sekitar Rp 20.000 sampai Rp 25.000. jangan khawatir disini ada petugas yang mendampingi jadi anda dapat berfoto dengan aman. 

Keluar dari baby zoo anda bisa mengajak anak menunggangi kuda pony dan unta dengan biaya masing – masing Rp 25.000. ada juga gajah yang dapat anda tunggangi namun kami tidak tahu berapa biayanya karena tidak sempat mencobanya. selain itu di sini juga terdapat kereta mini yang rutenya mengelilingi baby zoo. Wahana ini gratis (sudah termasuk dalam tiket taman safari) jadi tinggal tunjukkan gelang (wristband) anda kepada petugas. 

Wahana permainan Taman Safari Bogor

Ada sekitar 24 wahana permainan di Taman Safari Bogor. Sebagian besar sudah termasuk dalam harga tiket masuk Taman Safari Bogor jadi anda tidak perlu membayar lagi untuk menggunakannya. 
Wahana permainan yang sudah termasuk dalam tiket Taman Safari Bogor (gratis) adalah crazy plane, foam ball, pony rodeo, rumah hantu, sepeda layang, kereta mini, perahu air, lolly swing, flume ride, bumper boat, magic bike, sky race, 2 force tower, space shuttle (D), mining coaster (D). Tanda “D” artinya wahana khusus orang dewasa.

Wahana Permainan - Taman Safari Bogor

Sedangkan permainan yang harus membayar lagi adalah permainan koin, jumbo jungle adventure, elephant safari trails, satwa tunggang, kereta wisata, kereta gantung dan 4D rider.

Di area ini anda juga dapat terdapat kandang hewan eksotis seperti, komodo, buaya, kasuari dll. 

Waterpark Taman Safari Bogor

Bagi anda yang suka berenang disini terdapat waterpark yang cukup komplit. Fasilitasnya ada spiral water slide, lazy river, kiddy pool, dan pendopo bernuansa afrika yang cocok sebagai spot selfie yang instagrammable. 

9 Gelaran pertunjukan edukasi

Pada Safari Siang terdapat 9 pertunjukkan yang ditampilkan, yaitu :
  1. Elephant show (pertunjukan setiap hari jam 11.30 dan 16.30 WIB)
  2. Dolphin Show (pertunjukan setiap hari jam 13.00 dan 16.30 WIB)
  3. Cowboy Show (pertunjukan setiap hari jam 14.00 sedangkan pada akhir pekan dan hari libur jam 13.30 dan 15.30 WIB)
  4. Various Animal Show (pertunjukan setiap hari jam 11.30 dan 15.00 WIB)
  5. Tiger show (pertunjukan setiap hari jam 13.30 dan 16.00 WIB)
  6. Sea Lion Show (pertunjukan setiap hari jam 11.30 dan 15.00 WIB)
  7. Bird of Prey Show (pertunjukan setiap hari jam 14.30 sampai 16.00 WIB)
  8. Safari Theather (pertunjukan setiap hari jam 15.30 sedangkan pada akhir pekan dan hari libur jam 13.30 dan 15.30 WIB)
  9. Globe of Death (pertunjukan setiap hari jam 14.00 sampai 16.30 WIB)

Bird of Prey Show

Elephant Show - Taman Safari Bogor

Pada Safari Malam terdapat 2 pertunjukkan yang ditampilkan, yaitu :
  1. Various Animal Show (pertunjukkan dimulai pada jam 21.00 WIB)
  2. Fire Dance (pertunjukkan dimulai pada jam 21.00 WIB)


Safari Trek

Anda dapat melakukan safari menyusuri hutan hujan tropis melewati sungai, air terjun, melakukan kegiatan outbound seperti flying fox, rope climbing, dll. Ada paket safari trek 3 km atau 9 km. Silahkan pilih paket sesuai minat dan kemampuan fisik anda.


3. Istana Panda Indonesia

Istana Panda Indonesia saat ini merupakan point of interest terbaru dan favourit bagi pengunjung Taman Safari Bogor. Sesuai namanya di lokasi ini terdapat sepasang panda raksasa (giant panda) yang merupakan program kerjasama dengan negara tiongkok. Panda jantan bernama Ci Tao dan yang betina bernama Hu Chun. Selain panda raksasa (giant panda) di istana panda anda juga dapt melihat panda merah (red panda). Ukuran panda merah ini jauh lebih kecil dari panda raksasa, dari ukuran dan bentuk tubuhnya lebih mirip rubah atau beruang kecil. Kandang panda raksasa berada di lantai 3 sedangkan kandang panda merah berada di lantai 1. 

Bagi pengunjung Taman Safari yang ingin menuju ke istana panda indonesia di sediakan shuttle bus khusus. Kendaraan pribadi tidak di ijinkan lewat karena jalur jalannya menanjak dan berbelok tajam. Sehingga diperlukan pengendara dengan keahlian khusus (petugas taman safari berpengalaman) yang disertai komunikasi radio untuk saling mengetahui posisi kendaraan saat berpapasan. Namun jangan khawatir shuttle bus yang disediakan sangat nyaman dan pemandangan menuju dan di istana panda Indonesia sangatlah indah. Disini ada spot selfie berlatarkan istana berarsitektur china, pegunungan dan panda raksasa.

Istana Panda Indonesia ini tutup pukul 17.00 WIB.


Tips Wisata di Taman Safari Bogor
  • Berangkat pagi menginap atau sehari sebelumnya di kawasan cisarua – puncak. Hal ini karena jalan menuju Taman Safari rawan macet. Sedangkan aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Safari Bogor cukup banyak, jika datang siang akan banyak wahana dan pertunjukkan yang tidak bisa diikuti.
  • Daerah Cisarua – Puncak merupakan daerah dengan curah hujan tinggi. Sedia payung, jas hujan, jaket dan baju hangat.
  • Awasi anak – anak agar tetap aman di dalam mobil. Jangan buka kaca mobil terlalu lebar karena bisa tergigit satwa.
  • Hati – hati berkendara di area safari journey. Satwa liar dapat bergerombol di jalur jalan, jaga jarak dan bersabar menunggu karena satwa dapat bergerak tiba – tiba ke arah kendaraan. 
  • Bawa bekal makanan dari rumah karena harga makanan di restoran Taman Safari Bogor cukup mahal.
  • Pahami jadwal pertunjukkan. Sebelum berangkat cari jadwal pertunjukkan lalu pilih mana yang akan di tonton. Hal ini karena waktu operasional Safari Siang Taman Safari Bogor terbatas sampai 17.00 WIB dan setiap pertunjukkan hanya dilakukan 1 – 2 kali setiap harinya.
  • Naik turun kawasan wisata Taman Safari Bogor cukup melelahkan karena kontur Jalan menanjak dari seksi A, B, C dan D. Gunakan kereta wisata yang disediakan untuk memudahkan mobilitas. Karena jika anda berpindah – pindah parkir kendaraan terkadang sulit untuk mendapatkan spot parkir.
  • Gunakan sepatu dan sandal yang nyaman dan anti slip. Di Taman Safari Kontur jalan nya mendaki dan cuacanya mudah berubah, jalan dapat menjadi licin saat hujan.
  • Patuhi peraturan dan ketentuan dari manajemen Taman Safari Bogor.
Wisata ke Taman Safari Bogor adalah lifetime experience, berinteraksi dengan satwa dari berbagai penjuru dunia sangat menyenangkan dan membuka wawasan betapa indahnya bumi ini. Dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, Taman Safari Bogor adalah petualangan seharian penuh. Walaupun datang sejak pagi hari mungkin tidak semua kegiatan, wahana dan pertunjukkan dapat anda di ikuti. Keluarga kami terutama anak – anak sangat puas, tentunya ingin datang kembali kesini. Bankjim merekomendasikan anda berkunjung ke Taman Safari Bogor at least once in a life time. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.