Cara Perpanjang STNK, Pembayaran Pajak Kendaraan 5 Tahunan dan Pembuatan Plat Nomor Baru

By
Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur

Tahun ini STNK dan dan Pajak Kendaraan saya (PKB mobil) sudah harus diperpanjang untuk Tahun yang ke 5 (lima). Untuk perpanjangan STNK dan pembayaran Pajak kendaraan bermotor usia 5 tahun ini perlu dilakukan pengecekan fisik dan penggantian plat nomor pada kendaraan. Jadi prosesnya perlu dilakukan di kantor SAMSAT yang memiliki fasilitas tersebut. 

Saya saat ini berdomisili di Jakarta Timur, maka tempat yang terdekat bagi saya untuk mengurus perpanjangan STNK, pembayaran pajak dan mendapatkan plat nomor kendaraan yang baru adalah di SAMSAT Kebon Nanas – Jakarta Timur (Kantor Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta, Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur). Pengalaman proses pengurusan inilah yang akan saya bagikan untuk anda.

Karena hari yang saya pilih untuk pengurusan surat – surat ini adalah hari Jumat maka saya bersiap untuk berangkat agak pagi. Target saya sebelum salat Jumat dimulai STNK, Pajak Kendaraan dan Plat Nomor kendaraan sudah dapat diperoleh. Sampai di lokasi SAMSAT Kebon Nanas sekitar pukul 08:30 WIB. Walau cukup pagi ternyata di sini sudah ramai yang datang, parkiran mobil dan motor sudah hampir penuh.


Untuk informasi besaran pajak kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta, anda dapat mengunjungi http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB. Besaran pajak kendaraan bermotor dapat diperoleh dengan memasukkan nomor kendaraan. besaran pajak ini belum termasuk biaya administrasi STNK dan biaya administrasi TNKB (plat nomor).


Selanjutnya, dokumen - dokumen ini perlu disiapkan untuk proses administrasi :
-    STNK Asli
-    BPKB Asli
-    KTP Asli
-    Fotocopy semua dokumen di atas
-    Mobil atau Motor yang akan diperpanjang STNK nya.

Berikut ini tahapan prosedur perpanjangan STNK, pembayaran Pajak kendaraan dan Penggantian Plat nomor kendaraan.
Area Cek Fisik Kendaraan Bermotor
1.    Cek Fisik Kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Cek Fisik kendaraan anda. Lokasi Cek Fisik kendaraan ini berada di sebelah kiri gedung utama SAMSAT Kebon Nanas. Namun karena arus kendaraan dibuat 1 arah maka untuk menuju ke area Cek Fisik anda harus memutar melewati belakang gedung utama SAMSAT. Yaitu dari pintu masuk kompleks SAMSAT anda langsung menuju ke kiri melewati area parkir lalu memutar belakang gedung utama SAMSAT sampai ada plang petunjuk lokasi Cek Fisik untuk mobil dan motor. Setelah melihat plang tersebut saya langsung menuju lokasi cek fisik mobil dan mengantri di belakang mobil lainnya yang akan melakukan Cek Fisik juga. Proses Cek Fisik ini meliputi pengecekan kelengkapan kendaraan dan penggosokkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda. Proses ini dilakukan oleh petugas khusus yang ada di area ini. Setelah selesai anda akan memperoleh lembar Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor yang sudah di terdapat stiker yang sudah tercetak gosokan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda.

Petugas sedang melakukan Cek Fisik mobil

Lembar hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor
Proses Cek Fisik ini hanya berlangsung 10 Menit dan tidak dikenakan biaya, untuk sekedar tips biasanya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000.
Loket Cek Fisik
2.    Loket Pengesahan Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor

Setelah diperoleh lembar Hasil Cek fisik, maka parkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang tersedia lalu bawalah lembar hasil Cek Fisik tersebut ke Loket pengesahan Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor, lokasi loket ini terletak persis di sebelah kiri tempat pemeriksaan Cek Fisik kendaraan anda tadi.

Lembaran Hasil Cek Fisik kendaraan beserta STNK asli kemudian diserahkan kepada petugas di loket 4 untuk dilakukan verifikasi, biaya di sini Rp 20.000. Silahkan menunggu dan anda kemudian akan dipanggil kembali oleh petugas di loket 5 untuk mengambil lembar Hasil Cek Fisik Kendaraan yang sudah di stempel dan sudah diverifikasi. (STNK asli anda juga dikembalikan kepada anda).

Loket Informasi dan Pengambilan Formulir
3.    Pengambilan dan Pengisian Formulir Perpanjangan STNK

Proses ini dilakukan di gedung utama SAMSAT. Oleh karena itu silahkan masuk ke gedung utama SAMSAT dan langsung menuju Pusat Informasi dan Pengambilan Formulir. Ambil formulir yang tersedia dan isi dengan biodata pemilik dan kendaraan sesuai poin – poin isian dalam formulir tersebut. Setelah formulir di isi, silahkan anda menuju bagian pengurusan administrasi. Di SAMSAT Kebon Nanas - Jakarta Timur lokasi untuk pengurusan kendaraan roda 2 ada di sisi kiri gedung dan untuk pengurusan kendaraan roda 4 ada di sisi kanan gedung.
Loket 1 Pendaftaran

4.    Loket 1 Pendaftaran/Penerimaan Berkas

Segeralah menuju ke loket 1 Pendaftaran/Penerimaan Berkas. Di sini anda akan diminta untuk melampirkan dokumen sebagai berikut :
-    STNK Asli
-    BPKB Asli
-    KTP Asli
-    Fotocopy semua dokumen di atas masing-masing 1 buah
-    Formulir Perpanjangan STNK
-    Lembar Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor

Petugas kemudian akan memeriksa kelengkapan dan kesesuaian berkas tersebut di atas dan jika sudah sesuai maka akan diberikan nomor urut antrian untuk mengambil notice kuitansi pembayaran STNK, dan pajak kendaraan. Di sini asli STNK dan bukti pembayaran pajak yang lama akan di ambil sedangkan KTP dan BPKB asli anda akan dikembalikan.

Loket 2 Pengambilan Notice
5.    Loket 2 Pengambilan Notice

Silahkan menunggu di depan loket 2, nanti sesuai nomor urut anda akan dipanggil oleh petugas loket. Di loket ini anda akan menerima 2 Lembar kuitansi rincian pembayaran STNK dan pajak kendaraan bermotor beserta tunggakannya. Simpan kuitansi tersebut untuk mempersiapkan pembayaran di loket berikutnya.

Loket 3 Kasir
6.    Loket 3 dan 4 Kasir

Selanjutnya silahkan menuju loket 3 atau loket 4 (keduanya sama – sama loket kasir) untuk melakukan pembayaran STNK dan pajak kendaraan anda. Berikan 1 lembar kuitansi rincian pembayaran kepada petugas loket dan lakukan pembayaran tunai di loket ini. Lembar kuitansi akan diberi tanda lunas.

Loket 5 Penyerahan STNK dan TNKB
7.    Loket 5 Penyerahan STNK dan TNKB

Kemudian silahkan anda menunggu di loket 5 dan nama anda akan di panggil untuk untuk mendapatkan STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang asli. Untuk pengambilan plat nomor kendaraan anda akan diarahkan ke tempat pencetakan plat nomor yang berada di samping gedung utama.
Loket Cetak TNKB
8.    Loket Cetak TNKB

Berikan lembar kuitansi rincian pembayaran ke loket pencetakan TNKB yang berada di samping gedung utama, tepatnya loket ini berada di belakang loket cek fisik kendaraan bermotor. Silahkan menunggu plat nomor kendaraan anda selesai di cetak. Petugas akan memanggil sesuai nomor kendaraan anda dan menyerahkan 2 buah plat nomor (untuk di depan dan di belakang kendaraan). Harap berhati – hati karena cat plat nomor yang diberikan masih basah, ada baiknya anda menjemur dahulu plat nomor tersebut di sekitar lokasi tersebut agar plat nomor kering sempurna dan tidak rusak.
STNK dan Plat Nomor Kendaraan


Pada tahap ini STNK, bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Plat Nomor asli sudah anda terima. Maka seluruh proses pengurusan sudah selesai. Semua proses ini selesai pada pukul 10.30 WIB jadi waktu proses sekitar 2 jam. Ini sesuai dengan target saya yaitu seluruh proses selesai sebelum salat Jumat.

Alhamdulillah semua proses cepat, profesional tanpa hambatan dan selesai mengurus sendiri tanpa calo. Yup, ada beberapa yang menawarkan jasa calo di sekitar lokasi tapi tidak saya hiraukan karena memang saya ingin mengurus sendiri.

Itulah pengalaman saya, jadi silahkan urus sendiri STNK dan pajak kendaraan bermotor anda. Prosesnya mudah dan cepat tanpa calo.

Baca juga :
Cara membayar pajak kendaraan bermotor yang terlambat lebih dari 1 (satu) tahun
Cara menghemat konsumsi BBM kendaraan anda 
AC mobil rusak, mendadak tidak dingin ketika melaju di jalan tol 

49 comments:

  1. Thank's info nya untuk yg Jakarta Timur. Sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok...sama2...semoga artikel ini bermanfaat..

      Delete
    2. Gan saya Mao bayar pajak n ganti plat juga,pajak saya mati 2 th. Saya bli mtr bekas gan nama di bpkb bukan atas nama saya kira2 apa aja yg perlu di persiapkan yah. Dan biya y kira2 berapa yah? Makasih,semoga di balas

      Delete
    3. maaf tidak bisa bantu, saya kurang paham prosedur dan biayanya gan belum pernah alami ini krn kalo saya lihat disini harus ada balik nama motor ke nama agan...coba datang aja ke samsatnya langsung...

      Delete
  2. Makasi infonya sangat bermanfaat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok...mega.. semoga artikel ini dapat membantu memahami alur kerja dalam mengurus perpanjangan stnk di jakarta timur

      Delete
  3. Infonya sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali,terima kasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 alhamdulillah...hanya berbagi pengalaman mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan..

      Delete
  4. Yang urus perpanjangan harus pemilik atau bs di wakilkan ?

    ReplyDelete
  5. Yang urus perpanjangan harus pemilik atau bs di wakilkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya mengurus sendiri..tidak tahu apakah bisa di wakilkan..

      Delete
  6. Saya juga tinggal di Jakarta Timur dan kebetulan sekali bulan Maret ini mobil saya genap 5 thn, artikelnya sangat membantu sekali dan setelah mebaca ini saya ga ragu lagi untuk mengurus sendiri perpanjangan STNK dan ganti plat nomer mobil saya, thanks Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tks pak harry...Alhamdulillah artikel ini bermanfaat... yup agar urus sendiri saja n semoga lancar urusannya.

      Delete
  7. biayanya berapa bankjim untuk pajak 5 tahunan ? apakah sama dengan pajak 1 tahunan ?

    terima kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya pajaknya relatif sama dgn yg 1 tahun...biaya tambahan hanya pada biaya pembuatan plat baru..dan waktu proses pengurusan yg lebih lama....

      Delete
  8. Artikelnya sangat membantu mas terimakash byk dr h saya tangkap berarti .
    1. Cek fisik kendaraan tidak bayar kecuali sukarela
    2 diloket pengesahan cek fisik bayar 20ribu
    3.ambill formulir perpanjangan stnk di loket informasi dan formulir tidak bayar
    4.bayar perpanjangan stnk( pkb + jasa raharja/swdkllj + adm stnk+adm tnkb)
    5. Mengambil plat nomer( plat nomer ini bayar nga sih mas saya lupa?)
    Birojasa atau calo biasanya bilang cek fisik mesti bayar, ambil formulir mesti bayar dan terakhir yg ssaya lupa ambil platnomerpun mesti bayar ditambah biaya jasa si birojasa/calo tsb ,begitu ya mas..terimksh infonya sangat berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok pak anton...ia benar seperti itu mas...ambil nomor plat tidak bayar sebenarnya...tks

      Delete
  9. mas, biaya pembuatan plat baru brp y?

    ReplyDelete
  10. biaya pembuatan plat baru sudah termasuk dalam rincian di slip pembayaran...ada item TNKB didalamnya..

    ReplyDelete
  11. Kalau mau cek fisik tapi kendaeaan nya ada di luar kota asal gimana ya pak?

    ReplyDelete
  12. hola pak tedy, sepertinya kendaraan harus di bawa untuk cek fisik...karena di formulir cek fisik di tempel juga hasil gesek nomor mesin dan no rangka kendaraannya juga disana.

    ReplyDelete
  13. terima kasih artikelnya om jim,
    tadinya agak ragu mo ngurus sdri tp baca ini jadi pengen jalan sdri aja.
    trus kl mblnya an. kakak saya ..apa harus ada surat kuasa ga ya?

    ReplyDelete
  14. yang penting sih harus ada ktp aslinya...saya tidak tahu apa boleh jika tanpa ada surat kuasa, tapi memang jika tidak mengurus sendiri biasanya diminta surat kuasa..lebih baik dibuatkan saja surat kuasanya.

    ReplyDelete
  15. Maaf pak, mau tanya.
    Motor saya atas nama adik saya yg tinggal di beda kota. Apakah saya bisa memperpanjang stnk 5 tahunan di kota saya tinggal sekarang ?

    ReplyDelete
  16. untuk memperpanjang stnk 5 tahunan sebgaian prosesnya bisa di lakukan di kota bapak, jadi cek fisik di kota domisili bapak tinggal...kemudian kemudian berkas plus dokumen cek fisik di proses di loket cek fisik...
    setelah keluar berkasnya maka proses berikutnya dilakukan di samsat kota asal kendaraan..jadi tinggal kirim berkas dokumen (berkas dokumen perpanjangan plus stnk+ktp asli, copy stnk+ktp, dokumen hasil cek fisik, dan foto cek fisik kendaraan) yg sudah di proses cek fisik ke samsat lokasi asal kendaraan agar di cetak sntk dan plat nomornya di sana. jadi motor tidak perlu di bawa ke luar kota untuk mengurus perpanjangannya cukup dokumen nya saja yang di kirim ke luar kota.

    ReplyDelete
  17. cukup stnk + ktp pemilik asli? bpkp perlu gak pak?

    ReplyDelete
  18. hi pak johan, bpkb asli dan copy juga perlu dilampirkan..
    bpkb ini ditunjukkan ke loket,asli bpkb akan dikembalikan ke anda lagi..

    ReplyDelete
  19. Biayanya berapa utk memperpanjang stnk mobil 5tahunan ? Apakah berlaku utk semua jenis mobil dan tahun keluarnya mobil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya biaya perpanjangan stnk 5 tahunan sama dengan pembayaran perpanjangan stnk tahunan...hanya ada tambahan biaya utk cek fisik dan TNKB (plat nomor)... prosedurnya sama untuk semua mobil dari berbagai jenis dan usia...tentu besaran biaya pajak bervariasi tergantung jenis kendaraannya...

      Delete
  20. Mohon infonya pak Jim, loket administrasi & pengambilan formulir untuk motor ada dilantai brp? Makasih pak Jim

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua pelayanan standar ada di lantai dasar gedung kantor bersama samsat jakarta timur...untuk loket pelayanan bagian motor, dari arah pintu masuk ada di sebelah kiri gedung, untuk loket pelayanan mobil ada di sisi kanan gedung..

      Delete
  21. noted, persiapan untuk bulan september nanti, jadi ngga perlu bingung lagi untuk perpanjang stnk dan pembuatan plat baru, infonya bermanfaat sangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, artikel ini dapat bermanfaat.

      Delete
  22. gan,,numpang nanya, kalo mau perpanjang pajak 5 tahunan karena kendaraan posisi tidak dijakarta tapi udah punya formulir cek fisik dan udah digesek..bisa gak langsung minta pengesahan ke petugas?makasih gan

    ReplyDelete
  23. Bang jim klo region jak- ut bsa d perpanjang d kebon nanas jg g utk 5 tahunany? soalny rmh lbh deket sm samsat dsn

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bang Atim Saya ngak tau, kalo dekat samsat kebon nanas ya patut di coba... datang aja ke sana...

      Delete
  24. Mantap gan, bahan buat referensi di bulan November nanti. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok...silahkan coba urussendiri..mudah kok..cayo

      Delete
    2. Ok...silahkan coba urussendiri..mudah kok..cayo

      Delete
  25. ganti stnk 5 thn harus sesuai dengan bulan habisnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya begitu..tapi lewat juga ngak pa2...paling asa denda..

      Delete
  26. ganti stnk 5 thn harus sesuai dengan bulan habisnya???

    ReplyDelete
  27. pada loket pendaftaran, untuk urutan berkas yang dilampirkan ada ketentuannya tidak?seperti copy stnk dulu, baruktp dst, biasanya ada petugas yang suka mempermasalahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu sy mengurus...urutan berkas tdk jadi masalah...yg penting lengkap pak..

      Delete
  28. mau tanya pak.
    alamat mobil di cengkareng..perpanjang 5 tahunan bisa di jakarta timur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pak, saya tidak tau apakah bisa atau tidak...belum pernah coba seperti itu.

      Delete
  29. Halo pak, mau tanya, kemarin saya sudah perpanjang stnk 5 tahunan di samsat jaktim.Lalu saya cek di 4 kolom pengesahan tidak ada cap. Apakah kalau perpanjang stnk 5 tahunan belum ada cap pengesahan? Stnk bapak pas baru perpanjang 5 tahunan ada cap pengesahan tidak?trims.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.