Pengalaman Menginap di Caravan – Taman Safari Lodge

By
Pertengahan desember 2018 ini anak – anak selesai ujian, jadi kami keluarga besar berencana liburan bareng. Tujuan kami adalah menginap di Taman Safari Lodge Hotel – Cisarua - Bogor. Untuk itu awal desember kami telah memesan (booking online) kamar hotel. Niatnya mencari 1 bungalow berisikan 3 kamar untuk kami sekeluarga namun bungalow yang seperti itu sudah fully booked. Jadi kami memesan 1 bungalow 2 kamar dan 1 kamar tipe caravan dan confirmed dapat. Pengaturannya keluarga yang lain tinggal di bungalow zebra 11 sedangkan kami tinggal di caravan 25. 

Untuk bungalow mendapat  4 voucher breakfast sedangkan untuk caravan mendapat 2 voucher breakfast. Jika jumlah orang lebih dari itu (misal tambahan anak 2) maka setiap anak membayar untuk sarapan (breakfast) Rp 70.000 per anak.

Awalnya kami kaget juga kok di caravan, kenapa tidak di kamar hotel biasa, kan ada juga. Namun setelah di jelaskan akhirnya kami setuju juga. Pertimbangannya lokasi caravan yang di pilih dekat dengan bungalow sehingga mudah untuk kumpul – kumpul sedangkan kamar hotel biasa lokasinya jauh di bawah dekat front office. lagian kenapa tidak? Inikan pengalaman baru tinggal di kamar hotel berbentuk caravan. Merasakan tinggal di caravan seperti di film – film gitu.. interesting, anak – anak pun ketika di jelaskan kamar hotelnya berbentuk mobil caravan malah senang.. mau – mau katanya. Ok sepakat.

D- Day. Diantara keluarga yang lain kamilah yang check – in paling akhir karena pada kamis anak kami masih ada ujian. Jadi setelah selesai ujian, packing dan langsung cus dari rumah (di daerah TMII) sekitar jam 13.30 wib. Perjalanan ke hotel ramai lancar (hanya sedikit macet di tol karena ada yang kecelakaan dan penyempitan di proyek jembatan dekat mega mendung). Sampai di hotel sekitar jam 16.00 wib langsung check – in, ambil kunci dan terus ke atas mengikuti petunjuk jalan ke arah caravan 25. 

Oh ia lokasi taman safari lodge hotel ini persis di kawasan Taman Safari Bogor – Indonesia. Jadi kalau anda ke Taman Safari Bogor dan antri di loket masuk pasti melihat ada jalan ke kanan sebelum loket tersebut. Nah jalan tersebut menuju Taman Safari Lodge Hotel. Front office hotel persis berada di gedung samping loket masuk ke Taman Safari Bogor. Sedangkan untuk kamar hotel tipe caravan, bungalow dan tree house letaknya masih jauh di atas lagi dari sana. Oh ia anda perlu membawa kendaraan (mobil dan motor) ke sini karena jarak fasilitas dan front office (letaknya di bawah) jauh dengan lokasi kamar hotel (di gunung). 

Pertama ke sana (arah ke caravan) agak gimana gitu karena memang jalannya jalan aspal bergelombang campur bebatuan menanjak dan menembus hutan dengan pepohonan lebat yang tingginya puluhan meter di kiri kanan jalan. 

Ternyata lokasi caravan 25 tersebut paling ujung dan paling tinggi diantara kamar tipe caravan lainnya. Sedangkan jalan di atasnya lagi adalah kawasan untuk kamar tipe bungalow zebra. Mungkin caravan ini yang dipilih karena letaknya paling dekat dengan bungalow zebra 11 yang di pesan keluarga kami.

Deskripsi kamar bungalow zebra

Fisik bungalow ini seperti rumah peristirahatan umumnya dengan teras, ruang keluarga dan 2 kamar tidur. disini tidak ada ac karena sepanjang hari udara cukup sejuk dan semakin malam semakin dingin. Di ruang keluarga ini terdapat 1 sofa 2 seater dan 2 sofa 1 seater dan TV LCD kira -kira 40 atau 47 inch dengan siaran TV lokal dan channel dari UseeTV seperti disney, national geographic, dll. Ukuran ruang keluarga ini  cukup luas buat anak kecil (balita) berlarian. 

Satu kamar berisikan 1 tempat tidur double (queen size) sedangkan kamar lainnya berisikan 2 tempat tidur single. Setiap kamar dilengkapi kamar mandi di dalam yang cukup besar dengan air shower dingin dan panas.

Akses internet melalui wifi disini cukup ok, stabil. Penggunaan untuk WA, youtube dan sosial media lainnya lancar tidak ada masalah. Yang agak lemah disini adalah sinyal telekomunikasi. Baik telkomsel, xl dan indosat agak sulit mendapat sinyal disini, tapi karena bisa berkomunikasi bisa melalui WA jadi ini tidak masalah.

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

Bungalow Zebra - Taman Safari Lodge

 Deskripsi kamar tipe caravan

Fisik caravan benar – benar seperti mobil caravan asli yang sudah dimodifikasi bagian interiornya. Posisinya juga sudah di buat permanen sehingga tidak akan bergeser. Bentuk eksteriornya sendiri tetap dipertahankan misalnya masih ada ban dan lampu sein mobil. 

body luar caravan di cat airbrush dengan gambar hewan seperti burung, gajah, harimau, badak, ikan, dll. Bagian atas caravan dan teras terlindungi oleh rangka besi yang dilapisi canvas tebal dan luas berwarna kombinasi hijau dan kuning cerah. Jadi anda tidak perlu khawatir akan adanya benturan benda jatuh (daun, ranting, dll) dari atas caravan, hal tersebut tidak akan berasa karena jatuhnya benda tersebut terhalang terpal. Bodi caravan nya pun kokoh dan kuat. Sehingga tidur anda di caravan tetap nyaman walaupun hujan lebat disertai angin kencang. 

Di caravan ini juga tidak ada ac namun udara tetap sejuk. Bagian interior bernuansa warna coklat dengan 2 ruang utama yaitu ruang tidur utama (double) dan ruang tidur bertingkat (single) sekaligus sofa, + TV dan 1 kamar mandi kecil. TV LCD disini kira – kira ukuran 29 inch dengan siaran tv lokal dan beberapa channel tambahan dari UseeTV. 

Di dalam caravan juga terdapat meja kecil dengan air mineral plus sachet kopi plus teh compliment, cangkir, teko listrik pemanas air minum dan telepon diatasnya sedangkan di bagian dalam meja terdapat kulkas kecil untuk menyimpan minuman dan ruang kecil untuk menaruh tas bawaan.

Ruangan di caravan ini sempit. Pilihannya hanya untuk tidur dan duduk nonton TV. Tidak ada ruang terbuka luas di dalam caravan. Namun anak – anak tetap senang, mungkin karena mereka baru pertama kali tinggal di caravan dan asyik bermain di tempat tidur atas.

Kamar mandi di caravan sangat sempit. Shower, wastafel dan toilet jadi satu di ruang yang terbatas. Pintu kamar mandi pun hanya pintu geser yang tidak terkunci rapat sehingga harap “berhati – hati” agar tidak “terlihat” saat mandi ataupun saat menggunakan toilet. Plusnya air dingin dan air panas disini lancar dan cukup untuk kami sekeluarga. Oh ia anda perlu membuka jendela caravan jika mandi dengan air panas agar uap air dapat keluar karena jika tidak uap air panas akan memenuhi cabin caravan. 

Plus nya ukuran teras dan area bermain di depan caravan cukup luas. Di teras terdapat 1 sofa rotan 2 seater, 2 sofa 1 seater dan meja kopi. Disini terdapat juga jemuran stainless steel untuk menjemur pakaian. Area teras dibatasi dengan tiang pagar semen yang di cat dan di bentuk seperti batang kayu.
View dari teras ini juga bagus, disini anda dapat relaks menikmati suasana hutan hijau dan dapat mengawasi anak – anak yang bermain ayunan di depan teras. Jangan khawatir anak dapat bebas bermain  di sini karena lahannya cukup luas dan bukan jalan umum (hanya untuk penyewa caravan) jadi relatif sepi dari kendaraan. Selain bermain di luar caravan aktivitas lainnya adalah berenang dan main badminton di bawah dekat restoran. Lagipula siang harinya kami memiliki acara wisata dan kulineran ke sekitar cisarua bogor. 


Sinyal wifi di caravan cukup stabil, Penggunaan untuk WA, youtube dan sosial media lainnya lancar tidak ada masalah. Yang lemah sama seperti di bungalow yaitu sinyal dari provider telekomunikasi.

Caravan - Taman Safari Lodge

Caravan - Taman Safari Lodge

Caravan - Taman Safari Lodge

Caravan - Taman Safari Lodge

Caravan - Taman Safari Lodge

Caravan - Taman Safari Lodge


Berikut in video footage Taman Safari Lodge – Cisarua – Bogor :


Restoran (breakfast) dan Fasilitas lainnya

Disini waktu sarapan pagi (breakfast) di mulai jam 07.00 wib. Nama restorannya adalah restoran caravan. Lokasi restoran cukup jauh di bawah, Dari caravan kami harus jalan atau naik mobil, jaraknya sekitar 200 meter ke arah bawah. Jika anda memilih jalan kaki disini cukup menyenangkan, terdapat jalur setapak dengan pemandangan hutan yang bagus, udara segar dan anda dapat melihat rusa dan siamang di kandangnya. Feels good. Namun arah sebaliknya ke atas arah caravan dan bungalow jika jalan kaki lumayan capai (apalagi jika anda harus menggendong anak yang sudah tidak kuat lagi jalan).

Restoran Caravan
Kandang Rusa

Makanan sarapan (breakfast) disini enak ada nasi, roti, bubur, kentang, kacang merah, soto, olahan ayam, spagetti, jus, teh, kopi, telur omelette, sosis, daging, sayur, salad, coco crunch + susu. Dalam 2 hari sarapan disini menunya bervariasi namun sebagian menu di atas tetap ada.

Restoran cukup luas terdiri dari dua lantai, jika anda ingin yang lebih alami ada juga outdoor seating di bawah naungan pohon damar yang rindang. 

Di sebelah restoran terdapat kolam renang, lapangan bulu tangkis ( ada 2 lapangan bulutangkis) dan kolam besar berisikan bebek, angsa dan ikan mas atau koi.

Lapangan Tenis - Taman Safari Lodge

Fasilitas lain di sini juga terdapat area untuk membuat acara api unggun sendiri. Jadi ada perapian khusus dengan bangku panjang yang mengelilingi perapian kayu bakar tersebut. Acara api unggun ini cocok dilaksanakan malam hari saat cuaca mendukung (tidak hujan). Nikmatnya untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan teman. Untuk menggunakan area api unggun ini perlu memesan terlebih dahulu karena hanya ada 2 buah perapian, setelah memesan nanti akan disediakan kayu bakar, makanan untuk bakar – bakaran seperti ubi, jagung, dll.

Tempat api unggun - Taman Safari Lodge

Suasana di caravan dan bungalow ini sangat asri karena berada di ketinggian dengan lingkungan hutan berpohon rindang yang terawat. Udara segar tanpa polusi sepanjang hari. Pada pagi hari ramai dengan suara hewan seperti burung, di antara pepohonan terdapat tupai berlarian. Kala malam sunyi hanya ada suara hewan malam namun tidak terlalu gelap karena lampu depan di tiap caravan biasanya di nyalakan jadi kami dapat berjalan ke bungalow keluarga besar kami dengan aman, namun harap hati – hati karena biasanya di sore dan malam hari sering hujan, untuk itu gunakan payung, sweater, jaket dan sendal atau sepatu anti slip.

Demikianlah reader bankjim sharing pengalaman kami menginap di caravan Taman Safari Lodge. Secara umum cukup menyenangkan dengan berbagai fasilitas dan plus minusnya. Pastinya kami dapat menjawab jika ada yang bertanya gimana sih rasanya tinggal di caravan? Oh caravan... been there done that... Ok reader bankjim sampai disini catatan kami,  sampai bertemu kembali pada artikel menarik lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.