Resep Cara Membuat Sop Ikan Nila Kemangi

By
Sop Ikan Nila Kemangi

Hola reader Bankjim.com. kali ini kami ingin menampilkan resep masakan dengan bahan utama ikan air tawar yaitu ikan nila. Nama masakannya adalah Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Nila Kemangi. Masakan sedap berkuah gurih ini cocok di santap selagi hangat bersama dengan nasi putih. Sop ikan ini rasanya segar dan nikmat. Rasa segarnya di dapat dari belimbing wuluh, rasa pedas dari cabe rawit, wangi harum dari daun kemangi dan tentu saja rasa daging ikan nila yang lembut gurih. 

Secara penampilan hidangan ini juga sangat menarik menggugah selera dengan kombinasi warna merah, hijau dan kekuningan. Masakan hangat ini sangat sesuai untuk hidangan santapan makan siang maupun makan malam terutama di saat musim hujan yang suhunya dingin. 


Langsung saja berikut ini Resep dan Cara membuat Sop Ikan Nila Kemangi :

Bahan :
2 ekor ikan nila merah (sisik dan isi perut di buang kemudian ikan di potong jadi 3 bagian)
3 buah tomat hijau ( di potong menjadi 4 bagian)
1 buah tomat merah (dipotong menjadi 8 bagian)
2 ikat daun kemangi
3 buah belimbing wuluh (di potong 2 bagian memanjang) atau asem jawa
2 lembar daun salam
1 batang sereh
1 cm jahe
2 cm lengkuas
1 liter air
1 buah jeruk nipis
1 batang daun bawang
Cabe rawit secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bahan Sop Ikan Nila Kemangi

Bumbu Halus :
4 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 cm kunyit


Cara membuatnya :
  • Pertama – tama adalah membersihkan ikan nila agar siap di masak. Sisik ikan dibersihkan (dibuang), isi perut ikan juga di buang. Bersihkan ikan di air mengalir agar bekas sisik dan isi perut hilang, daging ikan bersih  dari noda dan kotoran. Insang ikan juga dibersihkan yaitu dengan membuang bagian insang ikan tersebut. Hal ini dilakukan karena pada bagian insang ini banyak terdapat kotoran yang sulit dibersihkan jadi lebih baik di buang.
  • Setelah bersih, Potong ikan menjadi tiga bagian yaitu kepala, badan dan ekor. Bagian ikan tersebut di di campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Di aduk merata kemudian diamkan selama 1 jam dalam kulkas. Ini dilakukan agar ikan tidak berbau amis.
  • Mulai haluskan (ulek atau blender) bawang merah, bawang putih dan kunyit.
  • Bumbu halus tersebut di tumis dengan minyak secukupnya kemudian tambahkan dalam tumisan tersebut lengkuas, jahe, sereh dan daun salam. Tumis hingga wangi.
  • Kemudian tumisan tersebut dimasukkan ke dalam 1 liter air yang sudah di didihkan. Masukkan ikan nila yang sudah di simpan 1 jam. Masukkan belimbing wuluh dan cabe rawit. tambahkan gula dan garam secukupnya. Masukkan tomat hijau. Masak hingga ikan matang.
  • Setelah ikan nila matang, masukkan daun bawang, daun kemangi dan tomat merah. Masak sebentar hingga tercium bau harum kemangi kemudian sop ikan nila kemangi siap di hidangkan.

Untuk video cara membuat Sop Ikan Nila Kemangi, silahkan lihat video ini :


Demikian lah resep dan cara membuat sop ikan nila kemangi. Masakan lezat ini sangat mudah di buat dan menggunakan bahan – bahan dan ikan nila yang mudah di dapatkan di pasar maupun supermarket di Indonesia. Jika tidak ada ikan nila maka dapat di gunakan ikan lain seperti ikan gurame sebagai pengganti bahan utamanya. Harap berhati – hati saat memakan sop ikan nila ini karena ada duri – duri ikan yang harus di waspadai agar tidak tertelan atau tertusuk. Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Happy Cooking..

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.