Resep Cara Membuat Bubur Candil Ubi Merah

By
Kali ini kami akan menampilkan resep dan cara membuat bubur candil ubi merah. Makanan jajanan ini memang tidak setiap saat tersedia, namun akan berbeda pada saat bulan ramadhan dimana jajanan ini sangat populer di Indonesia, saat itu hampir setiap hari, tepatnya mendekati saat berbuka puasa, pedagang musiman berjualan makanan ringan khas berbuka puasa seperti kolak, lupis, bubur candil dll. Rasa bubur candil yang manis dan kenyal sangat pas untuk hidangan pembuka saat berbuka puasa ataupun di makan saat berkumpul bersama keluarga. 


Bubur candil ubi merah berbahan dasar tepung tapioka, ubi merah dan gula merah. Kombinasi bahan ini menyajikan tekstur candil yang kenyal dan cukup mengenyangkan untuk tenaga awal saat membatalkan puasa sebelum aktivitas shalat maghrib. Kemudian setelah shalat maghrib dilanjutkan berbuka dengan makanan besar lainnya.

Cara membuat candil ini mudah, bahannya murah dan mudah didapat. Selama ini kami sering membelinya namun kali ini kami mencoba membuatnya sendiri. Resep bubur candil ini adalah resep yang diberikan oleh orangtua dan kami ingin membagikannya kepada reader bankjim.com. Ok, Let’s go cooking.


Bahan :
1 kg Ubi
3 potong Gula Merah
+/- 200 gram Tepung Tapioka
65 ml Santan siap saji
3 lembar Daun Pandan
+/- 1 liter Air
Garam Secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Pertama rebus ubi merah sampai empuk, setelah empuk tiriskan lalu kupas kulitnya dan belah ubi lalu di tumbuk hingga halus.
  2. Ubi merah yang sudah halus di campur (aduk) merata dengan tepung tapioka hingga adonan kalis. (catatan : terus tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit agar adonan kenyal sehingga mudah di bentuk dan tidak hancur saat di rebus nanti).
  3. Setelah tercampur merata, buat adonan menjadi bentuk bulat – bulat (bite size). Kemudian rebus semuanya. Rebus bulatan candil hingga candil mengambang. Bulatan candil yang mengambang dapat di angkat kerena berarti sudah matang. Tiriskan.
  4. Untuk kuah manisnya, rebus gula merah dan tambahkan daun pandan agar wanginya sedap. Setelah gula merah mencair merata, ,masukkan candil ke dalamnya kemudian tambahkan garam sesuai selera. Kemudian campurkan tepung tapioka dengan sedikit air lalu masukkan ke dalam kuah manis. Campuran tepung berguna untuk memberikan kuah sedikit volume dan rasa kenyal sehingga kuah tidak terlalu cair.
  5. Untuk santannya, rebus santan dengan air dan daun pandan sampai mendidih.
  6. Sajikan candil bersama dengan topping taburan santan. Bubur candil ubi merah ini lebih lezat disantap saat panas. Yummy.
Untuk video cara membuat Bubur candil ubi merah, silahkan lihat video ini :


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.