Resep Cara Membuat Opor Ayam Istimewa - Chicken Braised in Coconut Milk

By
Opor Ayam Istimewa

Kali ini kami akan menyajikan hidangan lezat dari bahan utama daging ayam. Kenapa daging ayam, banyak alasan mengapa menu dari daging ayam seakan menjadi menu wajib bagi bangsa Indonesia bahkan bangsa – bangsa di dunia. Beberapa alasannya adalah rasa dagingnya  yang lezat, mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, daging ayam sumber nutrisi dan protein penting yang harganya relatif murah bila di bandingkan daging sapi atau kambing dan ikan laut dan ayam juga mudah di ternakkan sehingga pasokannya relatif terjamin.

Menu dari daging ayam yang akan dibahas resepnya adalah Opor Ayam Istimewa. Opor Ayam Istimewa ini banyak dijumpai saat acara - acara khusus seperti idul fitri atau pun idul adha namun masakan ini dapat juga disajikan untuk menu masakan sehari - hari. Hidangan istimewa orang tua kami ini kadang disajikan berdampingan dengan nasi ataupun bersama lontong/ketupat. Anak saya kadang suka request masakan ini dan dia menyebut nya minta dibuatkan masakan ayam kompor (kompor dan opor mirip juga...hahaha), mungkin juga karena biasanya kami mengambil langsung opor ayam istimewa yang siap saji langsung dari panci diatas kompor gas tanpa dihidangkan di meja. Jadinya anak saya menyebutnya ayam kompor.

Ok yang membuat kita kangen dengan opor ayam adalah aromanya yang khas, kuah nya yang gurih dan rasa daging ayam nya yang sedap dengan bumbu santan yang meresap...aduh terbayang – bayang deh nikmatnya. mari kita check saja resep menunya agar langsung bisa kita praktekkan :

Bahan - Ingredient :
1 ekor ayam ( dipotong sesuai keinginan) - whole chicken
1 liter santan - coconut milk
Garam secukupnya - salt
1 batang daun sereh - lemongrass
Gula secukupnya - sugar
3 cm lengkuas - galangal
3 cm jahe - ginger

Bumbu – Seasoning :
3 butir kemiri - ginger pecan
3 cm kunyit - turmeric

4 buah bawang merah - red onion
¼ butir pala - nutmeg
1 sdt merica - pepper
3 siung bawang putih - garlic
1 sdt ketumbar - coriander


Cara membuatnya - How to:
  1. Semua bumbu di haluskan. Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis kemudian tambahkan jahe, daun salam, lengkuas dan serai. Tumis hingga berbau harum.
  2. Masukkan daging ayam kemudian di aduk – aduk hingga bumbu tercampur meresap ke dalam daging ayam. Masak hingga warna ayam menjadi keemasan.
  3. Kemudian masukkan santan, tambahkan gula dan garam sesuai selera di aduk hingga matang.
  4. Setelah matang siap di sajikan dengan di beri taburan bawang goreng diatas hidangan opor ayam

Berikut ini video cara membuatnya :

 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.