Resep Cara Membuat Roti Cane

By
Halo reader bankjim.com, kali ini kami menampilkan resep dan cara membuat roti cane. Sebelumnya kami pernah mencoba roti cane ini beberapa kali di rumah makan melayu dan aceh. Terakhir kami mencobanya ketika kami membeli roti cane beku siap saji di supermarket. Kami kemudian mencobanya di rumah ternyata rasanya memang cukup lezat. Seluruh keluarga kami menyukainya dan yang terpenting anak kami suka juga. Ini penting karena mereka agak selektif dalam memilih makanan. Untuk asupan gizinya, sebagai makanan tambahan, menurut saya cukup baik karena terbuat dari bahan mentega, telur dan susu bubuk. Ok ini kami jadikan target proyek memasak berikutnya, kami mulai browsing cari beberapa resep dan melakukan percobaan resep. Akhirnya berikut ini adalah resep roti cane yang menurut kami enak dan mudah cara membuatnya.  


Bahan :
500 gram tepung terigu
250 gram mentega
2 butir telur (gunakan kuning telurnya saja)
150 ml air
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok makan minyak sayur
Garam secukupnya
Cara membuatnya :
  • Campur terigu, mentega, garam, air dan susu bubuk hingga merata.
  • Lalu masukkan kuning telur, aduk kembali sampai adonan kalis dan tidak lengket
  • Kemudian ambil adonan kurang lebih 50 gram, dibentuk bulat – bulat dan olesi bagian atasnya dengan minyak agar tidak kering. Simpan adonan bola – bola tersebut selama 4 jam (wadah ditutup dengan kain basah atau plastik wrapper).
  • Setelah 4 jam, adonan di gulung pipih hingga benar – benar tipis (jangan sampai sobek). Gulung lalu tarik – tarik adonan menjadi lebih panjang, adonan digulung ke arah berlawanan membentuk seperti huruf s, lalu satu sisinya ditumpuk ke atas. Kemudian adonan tersebut di giling bentuk pipih sampai selebar mungkin. (lihat gambar)
  • Adonan tersebut di goreng pada penggorengan teflon dengan sedikit minyak. Agar matangnya merata adonan di tekan – tekan dan di bolak - balik. Masak hingga permukaan roti cane berwarna kecoklatan.
  • Roti cane siap di sajikan. Santap bersama susu kental manis, keju parut atau kuah kari.

Jika roti cane tidak habis dalam sekali makan maka sisanya dapat disimpan di freezer. kemudian roti cane dapat disajikan kembali dengan menggoreng diolesi sedikit mentega atau minyak. Demikianlah resep dan cara membuat roti cane. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.