Cara memblokir dan membuat kartu debit atm yang baru menggantikan kartu atm yang hilang

By
Kartu debit atm adalah dokumen yang penting. Kartu ini memudahkan kita untuk menarik, mentransfer dana melalui mesin atm dan melakukan transaksi debit di merchant yang memiliki mesin edc (eletronic data capture). Namun apa jadinya jika kartu atm bank ini hilang atau di curi, terbayang bagaimana pihak yang tidak berhak dapat melakukan aktivitas di atas dengan dana hasil jerih payah kita selama ini. Oleh karena itu pengamanan kartu atm atau debit bank sangatlah penting.


Apabila kita mengalami kehilangan kartu debit atm bank maka ada hal – hal yang perlu dilakukan untuk keamanan dana di rekening dan mendapatkan kembali kartu debit atm pengganti. Langkah – langkah ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya saat kehilangan kartu atm bank mandiri. Yaitu :

1. Tetap tenang dan carilah ke semua tempat. Jika tidak ditemukan maka segera lakukan pemblokiran kartu debit atm. Proses pemblokiran dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang atau menghubungi nomor telepon call center bank.  Yang di bahas disini adalah pemblokiran dengan menghubungi call center bank dengan alasan waktu kejadian diluar kerja dan urgensi kecepatan layanan.

2. Hubungi Mandiri Call 14000 untuk pelaporan kehilangan. Ikuti alur informasi di mandiri call untuk melaporkan kehilangan kartu debit atau kartu kredit. Agar lebih jelas pilih berbicara dengan costumer service officer (CSO). Disini pihak CSO akan melakukan prosedur standar verifikasi yaitu meminta nasabah untuk menjawab sejumlah pertanyaan untuk memverifikasi kebenaran kepemilikan rekening. Pertanyaan ini biasanya sesuai data diri pemilik rekening.

3. Utarakan maksud pemblokiran kartu debit atm. Informasikan bahwa kartu atm anda hilang dan ingin melakukan pemblokiran terhadap kartu tersebut. Yang di maksud dengan pemblokiran adalah menonaktifkan kartu atm sehingga tidak dapat digunakan bertransaksi. Setelahnya anda dapat menanyakan nilai saldo rekening anda dan lokasi terakhir kartu debit atm digunakan beserta nilainya. Silahkan anda cocokkan informasi tersebut dengan transaksi yang anda lakukan apakah sesuai atau tidak. Bila kemudian ada transaksi yang bukan anda lakukan bisa utarakan ke CSO lalu tanyakan tindakan apa yang harus dilakukan.

Pemblokiran kartu debit atm bank tidak mempengaruhi aktivitas transaksi anda melalui media lain sehingga transaksi perbankan melalui kantor cabang, sms banking dan internet banking masih dapat dilakukan. 
CSO akan memblokir kartu atm mandiri anda dan menginformasikan bahwa untuk membuka blokir dan memperoleh kartu debit atm baru harus melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, kartu identitas diri (KTP) dan buku rekening bank.

4. Laporkan kehilangan kartu atm ke kepolisian terdekat. Prosedur pelaporan, selengkapnya dapat di baca melalui artikel “Cara Melapor Kehilangan Kartu Debit ATM Bank Mandiri ke Kantor Polisi”.

5. Datang ke kantor cabang bank mandiri terdekat. Untuk membuat kartu debit atm bank mandiri yang baru anda harus menghadap petugas costumer service dengan melampirkan syarat – syarat yaitu surat keterangan kehilangan dari kantor polisi, kartu identitas diri (KTP) dan buku rekening bank. Sambil menunggu antrian silahkan isi formulir permintaan atau keluhan nasabah yang tersedia. Isi formulir pada bagian nama, alamat, kartu identitas, tempat tanggal lahir, telepon, nomor rekening dan pengaduan kartu hilang. Formulir yang sudah di isi dan di tandatangani nanti diserahkan ke petugas costumer service.



6. Utarakan  maksud pembuatan kartu atm yang baru ke petugas costumer service. Setelah tiba giliran anda, segera utarakan maksud pembuatan kartu debit atm bank mandiri yang baru. Serahkan formulir permintaan atau keluhan kepada petugas. Petugas akan meminta anda menunjukkan asli kartu identitas diri (KTP) dan buku rekening bank dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Asli KTP dan buku rekening bank akan dikembalikan ke nasabah. Dengan membawa persyaratan lengkap maka proses penggantian kartu debit atm berlangsung cepat dan mudah. Kartu atm baru yang anda dapatkan umumnya adalah kartu debit atm yang polos tanpa nama pemilik rekening tertulis di atasnya. Jika anda menginginkan kartu debit yang lengkap dengan tulisan nama anda diatasnya maka anda perlu melakukan proses penggantian kartu atm di cabang – cabang tertentu. Untuk memproses penggantian kartu debit atm mandiri yang baru ini nasabah dikenakan biaya Rp 15.000,- biaya ini dapat dipotong dari dana di rekening atau dibayarkan secara tunai. Kartu debit atm baru dapat segera digunakan setelah menunggu masa aktivasi sekitar 15 sampai 30 menit.

Demikianlah prosedur pemblokiran dan penggantian kartu debit atm bank mandiri yang hilang. Semoga bermanfaat bagi anda semua reader bankjim.com.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.