Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa

By // Tidak ada komentar:
Puasa di bulan ramadhan adalah puasa wajib bagi umat islam. Puasa tersebut wajib dilaksanakan bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak bersafar). Sedangkan berniat merupakan salah satu rukun puasa. 

DOA NIAT PUASA RAMADHAN

Orang yang akan berpuasa ramadhan diharuskan meniatkan puasanya sebelum waktu fajar. Yaitu berniat puasa ramadhan hanya karena Allah swt semata. Berdasarkan sabda nabi Muhammad saw,

“Barang siapa yang belum menguatkan niat berpuasa sebelum fajar maka tiada puasa baginya.” 
(Abu Dawud, 2/2454, Tarmidzi, 3/730, Nasa’i, 4/2331)

Berikut ini Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dalam tulisan arab, lafadz, dan artinya dalam bahasa indonesia.

Arab
Doa Niat Puasa Ramadhan

Lafadz (pengucapan) Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan 

“NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA-I, FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’AALA.”

Terjemahan Doa Niat Puasa Ramadhan dalam bahasa indonesia

“Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”

DOA BERBUKA PUASA

Untuk bacaan doa berbuka puasa ini terdapat dua versi yaitu Pertama, bacaan doa berbuka puasa yang umum sudah kita amalkan selama ini dan Kedua, versi bacaan doa berbuka puasa sesuai hadits shahih. Untuk dalil hadits dhaif dan sahihnya saya tidak tulis disini karena saya juga tidak begitu paham untuk menjelaskannya, jadi saya hanya menuliskan bacaan doa nya saja. Untuk pembahasan lebih jelasnya anda dapat bertanya kepada ustad atau pun guru agama.

Bacaan doa berbuka versi pertama tidak asing bagi kita karena selama ini dikumandangkan setelah adzan maghrib di bulan ramadhan melalui media televisi dan radio. Bacaan doanya adalah sebagai berikut :

Berikut ini Bacaan Doa berbuka puasa dalam tulisan arab, lafadz, dan artinya dalam bahasa indonesia.

Arab
Do'a berbuka puasa

Lafadz (pengucapan) Bacaan Doa Buka Puasa

“ALLAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA ‘ALA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR – ROHIMIN.”

Terjemahan Doa Buka Puasa dalam bahasa indonesia

“Ya Allah, karena Mu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepada Mu aku berserah dan dengan rezeki Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah Tuhan yang Maha Penyayang.”


Sedangkan bacaan doa berbuka puasa versi kedua yang sesuai hadits shahih adalah sebagai berikut :

Berikut ini Bacaan Doa berbuka puasa sesuai hadist shahih :

Arab
Do'a berbuka puasa - Shahih

Lafadz (pengucapan) Bacaan Doa Buka Puasa

“DZAHABA-DZ DZOMA’U WABTALLATI-L ‘URUUQU WA TSABATA-L AJRU, INSYA ALLAH.”

Terjemahan Doa Buka Puasa dalam bahasa indonesia

“Telah hilang dahaga, dan urat – urat telah basah, serta telah di raih pahala, Insya Allah.”

Atas kedua versi doa berbuka puasa ini, setiap individu dapat memilih bacaan mana yang lebih nyaman dan diyakininya. Saya sendiri mengamalkan bacaan doa berbuka puasa versi yang pertama. Alasannya karena saya sudah hapal bacaan tersebut. 

Demikianlah Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa beserta artinya. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua. Serta mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan. 

Keutamaan Infak dan Sedekah

By // 2 komentar:
Secara umum yang dimaksud Infak dan Sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta yang halal dalam perkara sunah (bukan wajib) sebagai bentuk ibadah kepada Allah swt. Antara Infak dan Sedekah terdapat persamaan dan perbedaannya. Manfaat Infak dan Sedekah amat besar bagi manusia sehingga jika ada waktu dan kesempatan lebih baik segera dilaksanakan.

Keutamaan infak dan sedekah

Apa itu Infak ?

Infak berasal dari kata “anfaqa” yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu. Makna Infak adalah mengeluarkan harta yang halal dan baik dalam hal – hal yang diperbolehkan (mubah) dalam rangka beribadah kepada Allah swt.

Jenis Infak

1. Infak Wajib

Infak wajib adalah memberikan harta kepada orang – orang yang menjadi tanggungannya. Seperti Infak untuk biaya hidup sendiri, istri dan anak – anak.

Firman Allah swt, “Kaum laki – laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki – laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki – laki) telah mengInfakkan (nafkah) sebagian dari harta mereka." (An – nisa [4]:34)

Termasuk dalam kategori Infak yang wajib adalah kewajiban untuk menunaikan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat harta (dalam arti ini, Infak sinonim dengan zakat).

2. Infak Sunnah

Infak sunnah adalah memberikan harta kepada orang atau pihak yang membutuhkan seperti berInfak kepada anak yatim, fakir dan miskin. Seperti memberikan hadiah dan hibah, memberikan donasi pada lembaga – lembaga sosial, dll.

3. Kata Infak juga terkadang disebutkan dalam al – qur’an untuk harta yang dialokasikan oleh orang – orang kafir dalam memerangi Allah dan Rosulnya.

Apa itu Sedekah ?

Sedekah berasal dari kata  sha-da-qa, artinya benar atau jujur. Makna bahasanya menunjukkan bahwa sedekah adalah pemberian yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dalam bentuk kebaikan (harta, ucapan, atau sikap dan perbuatan). Sedekah merupakan ibadah yang tidak dibatasi oleh waktu ataupun jumlah tertentu, dan dapat berupa materi ataupun non materi. Artinya segala bentuk perbuatan baik  itu adalah sedekah. Sedekah merupakan ekspresi dari kebenaran keimanan seseorang kepada Allah swt.

Jenis Sedekah

1. Sedekah Wajib (bisa berarti zakat dan infak yang berupa nafkah)

Firman Allah swt, “Ambillah zakat (Sedekah) dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka." (At – taubah [9]:103)

2. Sedekah Sunnah 

Pada dasarnya hukum sedekah adalah sunah. Berpahala bila dilakukan dan tidak berdosa bila ditinggalkan.
Sabda nabi Muhammad saw, “Segala bentuk kebajikan adalah Sedekah.” (Shahih Bukhari, 5/5675; Muslim, 2/1005).

Segala bentuk kebajikan, baik kata – kata, perbuatan, sikap atau harta adalah sedekah. Contohnya pemberian bantuan kepada orang lain dengan sukarela, sedekah kepada fakir miskin, sedekah jariyah, mentraktir teman makan, dll.

Perbedaan antara Infak dan Sedekah

1. Istilah Infak terkadang khusus disebutkan untuk kewajiban nafkah dari seorang suami kepada keluarganya. Dengan demikian, uang yang dibelanjakan kepada keluarga tidak disebut Sedekah tetapi Infak.

2. Sedekah bisa berbeda maknanya dari Infak, karena Sedekah tidak hanya menyangkut harta, tetapi segala bentuk kebajikan yang diberikan kepada orang lain, baik kata – kata, perbuatan, sikap atau harta.

Persamaan antara Infak dan Sedekah

1. Infak dan Sedekah yang hukumnya wajib adalah sinonim dengan zakat. Sehingga zakat, Infak dan Sedekah dalam arti ini pengertiannya sama.

Nabi bersabda, “Satu dinar yang engkah Sedekahkan kepada orang miskin, dan satu dinar yang engkau Infakkan kepada keluargamu, lebih besar pahalanya yang engkau Infakkan kepada keluargamu." (Muslim, 2/995).

2. Infaq dan Sedekah yang hukumnya sunnah adalah sinonim dengan Sedekah dalam istilah umum. Yaitu mengeluarkan sebagian harta yang halal dalam perkara yang sunnah sebagai ibadah kepada Allah swt.

Keutamaan berInfak dan berSedekah

1. Memudahkan seseorang masuk ke dalam surga.

2. Ahli Sedekah akan dipanggil untuk masuk surga dari pintu Sedekah.

Nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang ahli Sedekah, dia akan dipanggil (masuk surga) dari pintu Sedekah.” (Shahih Bukhari 2/1798).

3. Terjaga dari api neraka.

4. Menghapuskan dosa – dosa.

5. Memperbanyak kebaikan dan melipatgandakan pahala di sisi Allah swt.

6. Mensucikan jiwa dan mengikis sifat bakhil (kikir).

Cara mensucikan jiwa manusia dari sifat bakhil (kikir) adalah dengan menanamkan sifat pemurah dengan cara senang bersedekah. Jika hati dan jiwa sudah bersih maka ia akan mendapatkan kelapangan dan kemudahan untuk beribadah kepada Allah swt. Melalui sedekah, Islam mengajarkan umatnya agar memiliki kepekaan dan keperdulian sosial.

7. Memberkahi dan menumbuhkan harta (melapangkan rezeki).

Sedekah tidak mengurangi harta, justru sebaliknya sedekah akan melipatgandakan harta tersebut. Dasarnya adalah firman Allah swt (QS At – Taubah [9]:99). Allah akan mempercayakan distribusi rezeki nya kepada orang – orang yang dermawan, sebab orang yang dermawan secara tidak langsung berarti telah memperlancar laju distribusi rezeki Allah swt dan menyalurkannya menuju tempat – tempat yang semestinya.

8. Membuat seseorang mendapatkan perlindungan Allah swt di terik matahari di padang mahsyar pada hari kiamat.

9. Sedekah akan melapangkan dada, mengobati dan melenturkan hati yang keras.

10. Harta yang diSedekahkan adalah harta sejati yang dimiliki untuk selamanya.

11. Membersihkan harta.

Manusia tidak luput dari kesalahan, mungkin saja tanpa disadari dalam harta yang dimiliki tercampur dengan sesuatu yang haram atau sabhat. Hal ini harus segera dibersihkan. Salah satu cara untuk membersihkan harta adalah dengan bersedekah.

12. Menolak musibah

Setiap orang telah ditentukan kapan ia akan terkena bala atau musibah dalam hidupnya.  Menurut rasulullah, ada satu amalan yang dapat menolak bala (musibah). Artinya bala itu diangkat oleh Allah swt. Amalan tersebut adalah sedekah.


Adab dan etika dalam berInfak atau Sedekah.

1. Niat Ikhlas bersedekah dan tidak bersikap pamer (riya’). Dimana sifat riya ini dapat menghapuskan pahala dari sedekah.

2. Infak dan Sedekah dengan sembunyi – sembunyi lebih baik dan lebih bisa menjaga keikhlasan dibandingkan dengan Infak dan Sedekah secara terang – terangan.

Nabi Muhammad saw bersabda, “Seseorang yang bersedekah dengan sembunyi – sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diInfakkan tangan kanannya,” (Shahih Bukhari, 1/629; Muslim, 2/1031).

keutamaan sedekah secara sembunyi – sembunyi jauh melebihi sedekah yang diberikan secara terang – terangan di depan umum. Menampakkan sedekah diperbolehkan selama tujuannya baik supaya dicontoh orang lain. Sedangkan menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, jika menampakkannya itu dapat menimbulkan riya’ pada diri si pemberi dan dapat menyakiti hati orang yang di beri.

3. Tidak memaki orang yang di beri, atau mengungkit – ungkit pemberiannya sehingga menyakitkan bagi orang yang di beri sedekah.

4. Bersedekah dengan harta yang halal dan baik (barang berkualitas, tidak cacat dan disukai pemiliknya).

5. Tidak berlebihan dalam berInfak dan berSedekah.

6. Sedekah diberikan setelah menunaikan tanggungan yang wajib dan masih ada yang tersisa.

7. Mendahulukan keluarga, anak – anak, kerabat dekat, tetangga dekat. Kemudian sedekah diberikan kepada orang yang betul – betul membutuhkan.

8. Infak yang paling utama adalah harta yang diberikan untuk kepentingan umum atau fi sabilillah.

9. Segera bersedekah terutama ketika sehat dan kaya

Allah swt memerintahkan menginfakkan (bersedekah) harta bukan saja dalam keadaan senang akan tetapi juga dalam keadaan susah. Namun orang yang sehat dan memiliki harta benda hendaknya segera menginfakkannya sebelum dia menyaksikan tanda – tanda kematian. Sehingga dia tidak menyesal dan tidak kehilangan kesempatan untuk berinfak dan bersedekah.

Daftar Pustaka

Ahmad Hatta, Abas Mansur Tamam dan Ahmad Syahirul Alim. 2014. Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim: Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya dari Lahir sampai Mati Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Maghfirah Pustaka

Saadiyah Binti Syekh Bahmid. 2014. Sedekah dalam pandangan Al – Quran. Rausyan Fikr, Vol. 10, No. 2 Juli –Desember 2014

6 Rukun Iman dalam Islam

By // Tidak ada komentar:
Rukun Iman adalah pokok – pokok keimanan dan merupakan landasan agama Islam. Rukun Iman terdiri dari Iman kepada Allah, Iman kepada para malaikat, Iman kepada kitab – kitab, Iman kepada Nabi dan Rosul, Iman kepada Hari Akhir, dan Iman kepada Qadha dan Qadar.

6 Rukun Iman

1. Iman kepada Allah swt.

Iman kepada Allah swt adalah sebuah bentuk keimanan akan adanya Allah swt dan keyakinan atas kekuasaan-Nya. Bahwa hanya Allah pemilik segala sesuatu sekaligus penciptanya dan menyakini bahwa tuhan hanya satu yang berhak di sembah yaitu Allah swt.
Keimanan ini disertai dengan kesiapan dan kerelaan untuk taat dan patuh kepada semua ketentuan Allah swt, sebagaimana sabda nabi Muhammad saw : “Iman itu adalah mengenal (mengetahui) dengan hati, mengatakan dengan lisan, serta mengerjakan dengan anggota tubuh.” (HR Ibnu Majah).

2. Iman kepada para Malaikat 

Iman kepada para malaikat adalah sebuah bentuk keimanan terhadap keberadaan para malaikat berikut tugasnya yang diberikan oleh Allah swt seperti yang disebutkan dalam al – qur’an dan hadits. Malaikat adalah makhluk Allah swt yang diciptakan dari cahaya. Para malaikat selalu taat beribadah, patuh, dan senantiasa berdzikir kepada Allah swt. Keimanan kepada malaikat secara benar, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perilaku manusia. Karena tidak ada satu ucapan dan tindakan manusia yang tidak dihadiri dan dicatat oleh malaikat yang bertugas untuk itu (QS 50:18).

3. Iman kepada Kitab – Kitab

Iman kepada kitab – kitab Allah artinya beriman bahwa Allah swt menurunkan wahyu dan kitabnya kepada nabi Muhammad saw dan para nabi sebelumnya seperti yang disebutkan dalam al – qur’an. Kitab – kitab yang diturunkan Allah swt disebutkan dalam al – qur’an yaitu : (1) Taurat yang diturunkan Allah kepada nabi Musa, Zabur diturunkan kepada nabi Daud, Injil diturunkan kepada nabi Isa dan al – qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad saw (utusan terakhir pembawa risalah Allah swt).

Untuk umat manusia sekarang maka keimanan tersebut wajib di ikuti dengan membaca, mempelajari, serta mengamalkan isi kitab al – qur’an, karena al – qur’an adalah kitab yang dijaga kemurniannya oleh Allah dan merupakan panduan hidup bagi seluruh umat manusia. 

4. Iman kepada Nabi dan Rosul

Nabi dan rosul adalah pembawa risalah Allah swt bagi umat manusia. Nabi adalah manusia yang memperoleh wahyu dari Allah swt, namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu tersebut. Rosul adalah manusia yang memperoleh wahyu dari Allah dan diperintahkan untuk menyampaikannya. 

Nabi dan rosul yang wajib diimani adalah 25 nabi yang ditutup oleh nabi Muhammad saw (seperti yang disebutkan dalam al – Qur’an). Yaitu : nabi Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Ya’kub, Yusuf, Ayub, Syuaib, Musa, Harun, Dzulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Yunus, Zakariya, Yahya, Isa dan Muhammad. Untuk umat manusia sekarang, keimanan dilakukan dengan berupaya semaksimal mungkin mengamalkan sunah (hadits) Rosulullah Muhammad saw. 

Beriman kepada para nabi dan rosul dilakukan dengan menyakini bahwa misi atau risala yang mereka bawa adalah benar dari Allah swt, menyakini bahwa para rosul telah menjalani amanah mereka, menyakini bahwa mereka adalah manusia dengan sifat yang manusiawi (makan, minum, tidur, menikah, dll), menyakini bahwa mereka tidak memiliki sifat – sifat ketuhanan (tidak bisa memberi manfaat dan mudharat, tidak bisa mempengaruhi kehendak Allah) dan menyakini bahwa Allah menguatkan mereka dengan mukjizat yang menunjukkan kebenaran mereka sebagai utusan Allah swt. 

5. Iman kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir berarti mempercayai semua yang diberitakan Allah swt dalam al – qur’an, dan diberitakan rasulullah dalam hadits tentang segala yang terjadi setelah kematian seperti nikmat dan siksa kubur, kebangkitan, padang mahsyar, mahkamah Allah swt, telaga kautsar, titian sirath, surga dan neraka berikut segala hal yang telah dijanjikan Allah swt kepada penghuni surga dan neraka. 

Iman kepada hari akhir adalah penting, karena dengan keimanan yang benar terhadap hari akhir ini, manusia diharapkan dapat lebih mampu mengendalikan diri dalam kesehariannya sehingga senantiasa berupaya memperbanyak amal shaleh, berbuat baik, dan menghindari perbuatan maksiat dan dosa.


6. Iman kepada Qadha dan Qadar.

Menurut Islam, yang dimaksud qadha adalah ketetapan Allah swt sejak jaman azali sesuai dengan iradah (kehendaknya) tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan makhluk. Sedangkan qadar adalah perwujudan atau kenyataan dari ketetapan Allah swt terhadap semua makhluk dalam ukuran dan bentuk tertentu sesuai dengan iradah (kehendak) – Nya. Yang dimaksud Jaman azali adalah masa ketika Allah swt hidup sendirian, kecuali qalam (pena) dan lauh al – mahfuzh (lembaran yang terpelihara/ kitab induk) untuk menulis tentang takdir.

Iman kepada takdir memberikan ketenangan dalam kehidupan seorang muslim. Yaitu ketika mendapat musibah, kita menyakini bahwa tidaklah seseorang mendapatkan musibah kecuali telah ditakdirkan Allah swt. Memberikan kekuatan untuk berusaha semaksimal mungkin karena kita tidak pernah tahu takdir Allah swt yang dituliskan di lauh al mahfuzh, kecuali yang telah terjadi dengan diri kita.

Iman kepada qadha dan qadar akan menjadikan manusia senantiasa berfikir positif dan ikhlas terhadap ketetapan Allah swt karena kita menyakini bahwa segala sesuatu terjadi hanya dengan ijin Allah swt. Tugas manusia adalah berusaha pindah dari takdir Allah yang tidak disukainya (buruk) pada takdir yang disukainya (baik).

Demikianlah artikel tentang Rukun Iman dalam ajaran Islam semoga bermanfaat. Iman adalah perjanjian dalam hati sehingga kadar keimanan setiap muslim tidak bisa dilihat secara kasat mata. Seorang yang telah mengaku beriman kemudian diminta menjaga keimanannya dan hal ini terlihat dari tindakan nyata melalui kesanggupannya menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan- Nya.

Daftar Pustaka

Ahmad Hatta, Abas Mansur Tamam dan Ahmad Syahirul Alim. 2014. Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim: Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya dari Lahir sampai Mati Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Maghfirah Pustaka

Sri Nurhayati dan Wasilah, 2017. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Jenis Riba dan Pengaruh Riba pada Kehidupan Manusia

By // Tidak ada komentar:
Secara bahasa, riba bermakna ziyadah atau “bertambah”. Bertambah yang dimaksud disini adalah bertambah dari harta pokoknya, baik pertambahannya sedikit maupun banyak. 

Imam Sarakhzi mendefinisikan riba sebagai tambahan yang dipersyaratkan dalam transaksi bisnis tanpa adanya padanan (‘iwad) yang dibenarkan syariah atas penambahan tersebut.

Setiap penambahan yang diambil tanpa adanya suatu penyeimbang atau pengganti (‘iwad) yang dibenarkan syariah adalah riba. Hal yang dimaksud transaksi pengganti atau penyeimbang adalah transaksi bisnis atau komersial yang melegitimasi adanya penambahan secara adil, seperti jual beli, sewa – menyewa, atau bagi hasil proyek, dimana dalam transaksi tersebut ada faktor penyeimbang berupa ikhtiar atau usaha, risiko dan biaya. (Antonio, 1999).

Menurut ijmak konsesus para ahli fikih, bunga termasuk riba karena riba memiliki persamaan makna dan kepentingan dengan bunga (interest). (Ascarya, 2007). Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa no. 1 tahun 2004 yang menyatakan bahwa bunga (interest) yang dikenakan dalam transaksi pinjaman (al-qardh) atau utang – piutang (al-dayn), baik yang dilakukan oleh lembaga keuangan, individu maupun lainnya hukumnya adalah haram.


Dengan demikian jika memberikan pinjaman uang kepada orang lain, kita dilarang meminta atau menentukan imbalan keuntungan atas pinjaman yang diberikan, karena itu adalah riba.

Jenis Riba

1. Riba Nasi’ah

Riba Nasi’ah adalah riba yang muncul karena utang – piutang. Riba Nasi’ah dapat terjadi dalam segala jenis transaksi kredit atau utang – piutang dimana salah satu pihak harus membayar lebih besar dari pokok pinjamannya. Kelebihan dari pokok pinjamannya dengan nama apapun (bunga, interest, bagi hasil), dihitung dengan cara apapun (fix rate atau floating rate), besar atau kecil semuanya ini tergolong riba.

Kelebihan tersebut dapat berupa suatu tambahan atau tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan terhadap yang berutang. Misalnya : bank sebagai kreditur memberikan pinjaman dan mensyaratkan pembayaran bunga yang besarnya ditentukan terlebih dahulu di awal transaksi (sebagai kelebihan dari pokok pinjamannya), bunga inilah yang termasuk dalam jenis riba nasi’ah. Demikian juga bunga yang dibayarkan bank atas deposito atau tabungan nasabahnya adalah riba.

Contoh :
Seseorang meminjam uang dari bank sebesar Rp 30.000.000. sebagai modal usaha namun pihak bank mensyaratkan penambahan pembayaran sebesar 10 persen dari total pinjaman. Sehingga ia harus membayar sebesar Rp 33.000.000. pada waktu jatuh tempo. Selisih pembayaran Rp 3.000.000. adalah riba.

Selain itu, kelebihan tersebut dapat berupa suatu tambahan yang melebihi pokok pinjamannya karena si peminjam tidak mampu mengembalikan dana pinjaman pada waktu yang telah ditentukan. Atas kelebihannya ada yang menyebutnya riba jahiliyyah. Misalnya : pengenaan bunga pada transaksi kartu kredit yang tidak dibayar penuh tagihannya atau tidak dibayar pada waktu yang ditetapkan atau denda atas utang yang tidak dibayar tepat waktu.

2. Riba Fadhl

Riba Fadhl adalah riba yang muncul karena transaksi pertukaran atau barter. Riba fadhl dapat terjadi apabila ada kelebihan atau penambahan pada salah satu dari barang ribawi atau barang sejenis yang dipertukarkan. Baik pertukaran dilakukan tunai (dari tangan ke tangan) atau kredit. Contoh : menukar perhiasan perak seberat 80 gram dengan uang perak (dirham) senilai 6 gram. Selain itu riba fadhl juga dapat terjadi dari pertukaran barang tidak sejenis yang dilakukan tidak tunai. Contoh : transaksi jual beli valuta asing yang tidak dilakukan dengan cara tunai (spot). 

Yang dimaksud dengan barang ribawi atau barang sejenis adalah barang yang secara kasat mata tidak dapat dibedakan satu sama lainnya. Sebagaimana yang tertuang dalam teks hadits terdapat 7 (tujuh) macam barang ribawi yaitu : emas, perak, jenis gandum, kurma, zabib atau tepung, anggur kering dan garam. 

Namun para ahli fikih berbeda pendapat atas barang sejenis. Mahzab hanafi dan hambali memperluas konsep benda ribawi pada benda yang dapat dihitung melalui satuan timbangan atau takaran; Mahzab syafi’i memperluas pada mata uang (al-naqd) dan makanan (al-ma’thum). Mahzab maliki memperluas konsep benda ribawi pada mata uang dan sifat al-iqtiyat (jenis makanan yang menguatkan badan) dan al-iddihar (jenis makanan yang dapat disimpan lama).

Pertukaran barang sejenis dapat mengandung ketidakjelasan (gharar) bagi kedua belah pihak yang bertransaksi atas nilai masing – masing barang yang dipertukarkan. Ketidakjelasan ini dapat merugikan salah satu pihak sehingga ketentuan syariah mengatur kalaupun barang tersebut akan dipertukarkan, maka harus dalam jumlah yang sama. Namun jika salah satu pihak tetap tidak mau menerima pertukaran dalam jumlah yang sama karena menganggap mutunya berbeda maka jalan keluarnya adalah barang yang dimilikinya dijual terlebih dahulu kemudian uang yang didapat digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Sedangkan pertukaran barang non-ribawi dimungkinkan dalam jumlah yang berbeda asalkan penyerahannya tunai (dari tangan ke tangan) atau tidak ditunda. 

Pengaruh riba pada kehidupan manusia

Imam Razi menjelaskan mengapa bunga dilarang dalam Islam (Qardhawi, 2000). Yaitu sebagai berikut :

1. riba merupakan transaksi yang tidak adil dan mengakibatkan peminjam jatuh miskin karena dieksploitasi, karena riba mengambil harta orang lain tanpa imbalan. Hal ini seperti seseorang yang menjual senilai satu rupiah tetapi mendapat bayaran dua rupiah. Berarti dia mendapat tambahan satu rupiah tanpa pengorbanan. Sedangkan harta seseorang merupakan hak miliknya yang sudah seharusnya dihormati atau dihargai.

2. riba akan menghalangi orang untuk melakukan usaha karena pemilik dana dapat menambah hartanya dengan transaksi riba baik secara tunai maupun berjangka. Sehingga pemilik harta riba akan meremehkan persoalan mencari penghidupan dia tidak mau menanggung risiko berusaha, berdagang dan pekerjaan – pekerjaan yang berat. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya manfaat bagi masyarakat. Padahal telah diketahui bersama bahwa kemaslahatan dunia tidak akan dapat terwujud tanpa adanya perdagangan, keterampilan, perusahaan dan pembangunan.

3. riba akan menyebabkan terputusnya hubungan baik antar masyarakat dalam bidang pinjam – meminjam. Jika riba diharamkan, setiap orang akan merasa rela meminjamkan uang satu rupiah dan mendapat pengembalian sebesar satu rupiah. Sedangkan jika riba dihalalkan, orang yang memiliki kebutuhan mendesak akan mendapatkan uang satu rupiah dan mengembalikan sebesar dua rupiah. Hal ini akan menyebabkan hilangnya perasaan belah kasihan dan kebajikan. 

4. pada umumnya orang yang memberi pinjaman adalah orang kaya sedangkan yang meminjam adalah orang miskin. Pendapat yang membolehkan riba berarti memberikan jalan bagi orang kaya untuk menerima tambahan harta dari orang miskin yang lemah. Sehingga orang kaya bertambah kaya dan orang miskin bertambah miskin. Padahal tindakan demikian tidak diperbolehkan menurut nilai kasih sayang dari Allah yang maha penyayang.

Larangan terlibat dalam transaksi yang terdapat unsur riba

Di dalam alqur’an, larangan riba tertulis jelas dalam beberapa tahapan. Mulai dari ayat yang sifatnya peringatan bahwa pada hakikatnya riba tidak menambah kebaikan disisi Allah (QS 30:39), ayat yang memberikan contoh pelajaran orang yahudi pelaku riba yang di siksa Allah (QS 4:161), ayat yang menetapkan dengan jelas bahwa transaksi riba yang berlipat ganda dilarang Allah (QS 3:130), sampai akhirnya ayat yang menyatakan dengan tegas dan jelas bahwa semua praktik riba dilarang oleh Allah (QS 2:278-280). Yaitu :

“Hai orang – orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang – orang yang beriman.”

“Maka jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rosul-Nya. Tetapi jika kamu bertobat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak berbuat zalim (merugikan) dan tidak pula dizalimi (dirugikan).”

“Dan jika (orang yang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu menyedekahkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”

(QS 2:278-280)

Dalam al-qur’an, Allah swt dengan tegas dan jelas melarang (haram) semua praktik riba, seberapapun besar kecilnya tambahan yang diberikan karena Allah swt hanya membolehkan pengembalian sebesar pokoknya saja. Rasulullah saw pun dalam suatu hadits bersabda sebagai berikut :

Jabir berkata “bahwa Rasulullah saw mengutuk orang yang menerima riba, orang yang membayarnya, orang yang mencatatnya dan dua orang saksinya, kemudian beliau bersabda, mereka itu sama (melakukan riba).” (HR. Muslim, 3/1598).

Jadi berdasarkan alqur’an dan hadits diatas, Allah swt dan Rasulullah saw tidak menyukai semua pihak yang turut serta dalam akad riba, yaitu orang yang mengambil utang dengan riba, orang yang memberi utang dengan riba, penulis yang mencatat transaksi riba dan saksi – saksi dalam akad riba tersebut.

Konsekuensi atas orang – orang yang terlibat dalam praktik riba adalah mereka melakukan dosa besar. Sedemikian besar daya rusak riba, sampai – sampai ada satu hadits riwayat al-hakim dari ibnu mas’ud, bahwa rasulullah saw bersabda :

“Riba itu mempunyai 73 pintu (tingkatan), yang paling rendah (dosanya) sama dengan seseorang yang melakukan zina dengan ibunya.”

Allah swt melarang kita memakan harta yang dihasilkan dari riba,  pada hari akhir kelak, Allah swt akan menyiksa orang – orang yang memakan harta riba dengan siksa yang pedih.

Sebagai seorang muslim tentu kita harus menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya, oleh karena itu jauhilah riba dalam berbagai transaksi ekonomi. Namun jika kita telah terlanjur terikat dengan sebuah transaksi yang disertai riba maka lakukanlah hal berikut ini :

1. jika kita adalah orang yang memberikan pinjaman kepada seseorang atau institusi dengan akad riba, maka ambillah sejumlah uang senilai jumlah asli pinjamannya saja dan jangan mengambil bunga pinjamannya. Kemudian jangan pernah mengulangi memberikan pinjaman dengan unsur riba di dalamnya. 

2. jika kita merupakan orang yang meminjam dan harus membayar utang beserta bunganya, lihatlah kemungkinan untuk membatalkan transaksi tersebut. jika mungkin dibatalkan kita wajib membatalkannya.

3. jika transaksi tersebut tidak mungkin dibatalkan dan telah terikat kontrak dengannya, maka tunaikanlah transaksi itu sampai tuntas dan jangan pernah mengulangi bertransaksi yang disertai riba.

Demikian reader bankjim, artikel tentang riba dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia, semoga kita semua diberikan keimanan untuk menjalankan perintah Allah swt dan menjauhi segala larangannya. Semoga juga kita dijauhkan dari berbagai aktivitas transaksi yang mengandung unsur riba. Amin.

Daftar Pustaka

Ahmad Hatta, Abas Mansur Tamam dan Ahmad Syahirul Alim. 2014. Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim: Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya dari Lahir sampai Mati Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Maghfirah Pustaka

Antonio dan Muhammad Syafi’i. 1999. Bank Syariah: Suatu Pengenalan Umum. Jakarta: Kerja sama BI dan Tazkia Institute.

Ascarya. 2007. Akad dan Produk Bank Syari’ah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Qardhawi, Yusuf. 2000. Halal dan Haram. Jakarta: Robbani Press.

Sri Nurhayati dan Wasilah, 2017. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat


Apa itu tsunami? Apa penyebab, karakteristik dan dampak tsunami.

By // Tidak ada komentar:
Apa itu tsunami ?

Tsunami (say: soo – nah – me) adalah kata dalam bahasa jepang, “tsu” berarti pelabuhan dan “nami” berarti gelombang. Secara harfiah, istilah tsunami awalnya berarti gelombang laut yang menghantam pelabuhan (harbour wave). Kata tsunami banyak digunakan secara internasional karena ilmuwan jepanglah yang pertama kali melakukan kajian keilmuan khusus mengenai tsunami dan pesisir timur jepang adalah wilayah yang aktivitas tsunaminya paling aktif di dunia. 

Nama lain tsunami : flutwellen (jerman), vloedgolven (belanda), maremoto (spanyol), raz de maree (prancis), vagues sismiques (perancis), seismic seawaves (inggris).

Secara keilmuan, Tsunami merupakan salah satu kekuatan alam yang fenomenal. Tsunami adalah rangkaian gelombang air laut yang tinggi dan besar (10 atau lebih gelombang) yang mampu bergerak dengan kecepatan hingga sekitar 900 km/jam melintasi lautan. Tsunami terjadi ketika volume air laut dalam jumlah besar bergerak naik dari dasar laut ke permukaan pantai dan membanjiri daerah pesisir. 

Apa penyebab terjadinya tsunami ?

Tsunami terjadi setelah adanya gangguan (disturbance) berskala besar yang menyebabkan pergerakan di dasar lautan secara tiba – tiba. Gerakan vertikal pada kerak bumi ini dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba – tiba yang mengakibatkan ganguan keseimbangan air yang berada diatasnya. Hal in mengakibatkan terjadinya aliran energi dan volume air laut yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Pergerakan di bawah laut tersebut dapat disebabkan oleh peristiwa alam (disturbance) seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor dan tumbukan benda langit (cosmic body impact) seperti jatuhnya meteor. Peristiwa yang disebabkan oleh manusia juga dapat menyebabkan tsunami seperti ledakan bom atom di bawah laut (tahun 1946) yang menghasilkan gelombang laut yang dahsyat. Pada umumnya tsunami terbentuk karena peristiwa gempa bumi yang merupakan 90 persen penyebab terbentuknya tsunami.

Pembentukan tsunami.

Tsunami yang disebabkan oleh gempa bumi (Earthquake-generated tsunami)

Tidak semua gempa bumi dapat menyebabkan tsunami, syarat terjadinya tsunami yang diakibatkan oleh gempa bumi :

- Gempa bumi yang berpusat di tengah lautan dan dangkal (0 – 30 km)
- Gempa bumi dengan kekuatan sekurang – kurangnya 6,5 skala richter
- Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun

Gempa dengan karateristik tertentu dapat menghasilkan tsunami yang berbahaya dan mematikan, yaitu:

1. Tipe sesar naik (thrust atau reverse fault)
Tipe ini sangat efektif memindahkan volume air yang berada di atas lempeng untuk bergerak sebagai awal lahirnya tsunami

2. Kemiringan sudut tegak antar lempeng yang bertemu (dip angle)
Semakin tinggi sudut antar lempeng yang bertemu (mendekati 90 derajat) maka semakin efektif tsunami yang terbentuk.

3. Kedalaman pusat gempa (epicentrum) yang dangkal (<70 div="" km="">
Semakin dangkal kedalam pusat gempa maka semakin efektif tsunami yang ditimbulkan.

Dengan terpenuhinya ketiga syarat gempa di atas kemungkinan besar tsunami akan terbentuk.


Pada tanggal 26 Desember 2004, gempabumi dengan kekuatan 9 Skala Richter di kedalaman 30 km dasar laut sebelah barat daya Aceh menyebabkan terbentuknya gelombang tsunami dengan kecepatan awal sekitar 700 km/jam. Gelombang ini bergerak ke segala arah dari pusat gempa dan menyapu wilayah pesisir provinsi Aceh dan Sumatera Utara dengan kecepatan antara 15 - 40 km per jam dan tinggi gelombang mencapai 2 hingga 48 meter. Korban jiwa akibat tsunami ini mencapai 250.000 orang lebih. Kemudian dalam 3 jam setelah gempabumi, negara-negara di kawasan Samudera Hindia juga terkena tsunami tersebut. 

Ilustrasi : Mekanisme pembentukan tsunami karena peristiwa gempa bumi

Mekanisme pembentukan Tsunami karena gempa bumi
Tsunami yang terbentuk karena gempa bumi

 Tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi (Volcano-generated tsunami)

Pada tahun 1883, serangkaian letusan gunung krakatau di Indonesia mengakibatkan terbentuknya tsunami. Gelombang tsunami tersebut bergerak ke arah pulau jawa dan sumatera yang menenggelamkan lebih dari 5.000 kapal dan melanda pulau – pulau kecil. Ombak yang terbentuk mencapai setinggi gedung 12 lantai (kurang lebih 40 meter) yang menerjang sekitar 300 desa dan menewaskan lebih dari 36.000 orang.

Tsunami yang disebabkan oleh tanah longsor (Landslide-generated tsunami)

Tsunami yang disebabkan oleh tanah longsor biasanya terjadi secara lokal namun ketika ada tanah longsor yang melibatkan endapat dasar landas kontinen (continental shelf) atau runtuhnya gletser (marine glacier) ke lautan maka tsunami dapat menggapai daerah pesisir berjarak beberapa kilometer dari sumbernya.

Pada tahun 1958, sekitar 81 juta ton es dan batuan longsor ke teluk lutaya, alaska. Gempa yang terjadi sebelumnya telah menyebabkan turunnya massa yang sangat besar ke lautan. Gelombang air laut yang ditimbulkan dari longsoran ini sangat tinggi hingga mencapai 350 – 500 meter. Ini merupakan gelombang air yang tertinggi yang pernah tercatat. Gelombang tsunami tersebut melanda lereng gunung dan menyapu pepohonan. Ajaibnya hanya 2 orang nelayan yang tewas atas peristiwa ini.

Tsunami yang disebabkan oleh tumbukan benda luar angkasa (Cosmic-body impact-generated tsunami)

Tumbukan benda luar angkasa, misal jatuhnya meteor, merupakan gangguan terhadap air laut yang datang dari permukaan. Tsunami yang timbul karena peristiwa ini terjadi sangat cepat dan biasanya bersifat lokal yaitu hanya mempengaruhi pesisir pantai di dekat lokasi jatuhnya benda langit tersebut. sekalipun demikian apabila tumbukan benda luar angkasa dan pergeseran lempeng di bawah laut yang terjadi sangat dahsyat, maka kedua peristiwa ini dapat menghasilkan tsunami yang kuat.

Ketika gangguan (disturbance) berukuran besar terjadi di area lautan, dasar lautan akan naik atau tenggelam (turun) sedemikian hingga sejumlah besar air di dasar lautan juga turut bergerak ke atas dan ke bawah. Dari titik awal terjadinya sumber penyebab tsunami, gelombang yang terbentuk bergerak ke segala arah seperti riak air yang terjadi saat anda melempar batu ke dalam kolam.

Karakteristik tsunami 

Dilautan dalam kecepatan gelombang tsunami dapat mencapai 900 km/jam, namun kehadirannya tidak begitu terasakan oleh kapal laut dan tidak terlihat oleh pantauan pesawat dari udara. Hal ini karena di laut dalam panjang gelombang tsunami mencapai ratusan kilometer sehingga ketinggian gelombang tsunami yang terbentuk hanya beberapa meter saja.

Ketika gelombang tsunami mendekati pantai, kecepatan gelombang berkurang dan ketinggian gelombangnya meningkat. Gelombang tsunami bergerak menjadi lebih lambat ketika berada di perairan lebih dangkal. Sebagai akibatnya gelombang – gelombang yang berada di belakangnya membuntuti dan mengejar ketertinggalan dan mendorong gelombang di depannya sehingga di dekat pantai gelombang tsunami menjadi lebih tinggi. (lihat gambar : Tsunami wave modifications)

Tsunami wave modifications
Tsunami wave modifications

Ketinggian gelombang tsunami di pantai dapat mencapai 30 meter namun gelombang tsunami dengan ketinggian hanya 3 – 7 meter pun dapat sangat merusak dan menyebabkan kematian atau cedera serius. Seberapa tinggi tsunami yang terbentuk di pantai ditentukan oleh karakteristik sumber pemicu tsunami, morfologi dasar laut dan bentuk pantai yang dilalui. 

Tsunami dapat menerjang wilayah pesisir yang jaraknya dekat ataupun jauh hingga ribuan kilometer dari sumber pemicu atau gangguannya. Sehingga interval kedatangan tsunami bervariasi sekitar 5 sampai 90 menit antara terciptanya gelombang ini dengan bencana yang ditimbulkannya di pesisir pantai. Gelombang tsunami pertama yang tiba di pantai seringkali bukanlah yang terbesar. Gelombang tsunami ini juga dapat terus terjadi sampai sekitar 12 jam.

Walaupun gelombang gelombang tsunami tidak selalu berbentuk seperti gelombang ombak namun ia memiliki energi yang kuat sehingga dapat bergerak lebih jauh di daratan dibandingkan gelombang air ombak biasa. Saat mencapai pantai, tsunami akan merayap masuk ke daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa mencapai beberapa kilometer.

Salah satu pertanda datangnya tsunami adalah surutnya permukaan air di pantai, pada pantai yang landai, surutnya air laut dapat mencapai lebih dari 80 meter menjauhi pantai.


Tsunami dan perbedaannya dengan gelombang ombak biasa (Wind waves)

Perilaku gelombang tsunami sangat berbeda dari gelombang laut biasa. Tsunami memiliki periode gelombang yang lebih panjang dibandingkan dengan periode gelombang ombak biasa. Periode gelombang tsunami cukup bervariasi, mulai dari 2 menit hingga lebih dari 1 jam. Panjang gelombang tsunami sangat besar antara 100 sampai 200 km. Jauh lebih besar dari kedalaman air yang dilintasi gelombang tsunami tersebut. Bandingkan dengan ombak laut biasa di pantai selancar yang mungkin hanya memiliki periode 10 detik dan panjang gelombang 150 meter. 

Tsunami memiliki keunikan yang khas bila dibandingkan dengan gelombang ombak yang dihasikan dari pergerakan angin (wind wave). Yaitu jumlah energi yang terkandung di dalam gelombang tsunami sangat besar.

Tsunami juga berbeda dengan gelombang laut biasa yang mana hanya bagian permukaan atas saja yang bergerak sedangkan gelombang tsunami mengalami pergerakan di seluruh bagian volume air mulai dari permukaan air laut hingga air dari bagian dalam atau dasar samudera.

Berikut ini ilustrasi perbandingan gelombang tsunami dan gelombang laut biasa.

Perbandingan Tsunami dan Gelombang laut biasa
Perbandingan Tsunami dan Gelombang ombak biasa

 Dampak Tsunami

Ketika  naik ke daratan, tsunami menyapu bersih apapun yang dilewatinya. Kemudian ketika gelombang tsunami kembali ke arah laut, arus bawah yang kuat menyeret puing – puing ke arah lautan. Daya rusak tsunami sangat kuat sedemikian hingga walaupun genangan akibat tsunami hanya setinggi 50 cm namun tetap dapat menyebabkan kerusakan serius. Ketika tsunami menghantam daerah pesisir pantai maka ia dapat menyebabkan luka serius, kematian, kerusakan pada bangunan dan lingkungan.

Photo satelit dampak tsunami akibat gempa bumi di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam (NAD)
Photo satelit dampak tsunami akibat gempa bumi di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam

 Kerusakan yang ditimbulkan oleh tsunami utamanya berasal dari hantaman gelombang tinggi, genangan banjir, dan reruntuhan longsoran material bangunan. Ada juga kerusakan akibat barang – barang yang mengapung terbawa gelombang tsunami seperti kapal laut dan mobil yang menghantam bangunan dan manusia. 

Resiko bencana akibat tsunami lainnya adalah banjir, pencemaran air bersih, pencemaran air asin pada lahan pertanian, kebakaran akibat pipa gas atau minyak yang bocor, rusaknya infrastruktur vital lingkungan (seperti kantor polisi, pemadam kebakaran, rumah sakit dan sekolah).

Daerah pesisir pantai yang berdekatan mungkin mengalami dampak tsunami yang berbeda. Satu daerah pesisir pantai dapat terdampak kerusakan yang parah sedangkan daerah pesisir yang berdekatan dapat tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Referensi :
Vulcanological Survey of Indonesia, Departemen energi dan sumber daya mineral
Japan Meteorological Agency website
Tsunami, Disusun oleh Nanin Trianawati Sugito, ST., MT, 2008
www.tsunami.nooa.gov
Berbagi artikel tentang tsunami.

Baca Juga :
Apa itu Likuifaksi ? dan Apa Penyebabnya

Wisata Edukasi ke Museum Gedung Sate – Kota Bandung

By // Tidak ada komentar:
Hola reader bankjim, desember 2017 kami liburan ke bandung dan berkunjung ke tempat wisata yang baru diresmikan oleh pemda Jawa barat pada tanggal 8 desember 2018 yaitu Museum Gedung Sate. Museum ini berada di dalam komplek gedung sate di jalan diponegoro – kota bandung. Dengan adanya museum ini menambah niat kami untuk masuk melihat dari dekat komplek gedung sate. 


Komplek gedung sate ini sangat luas sehingga ada beberapa pintu masuk menuju ke dalam komplek gedung sate. Kebetulan kami masuk dari sisi lain lokasi museum gedung sate, jadi kami sempat melintasi bagian depan gedung sate. Wow ternyata bagus sekali arsitektur gedung ini. Gedung sate ini memang terkenal dengan keindahan arsitekturnya yang merupakan landmark kebanggaan masyarakat jawa barat. Dari dekat terlihat struktur pilar, jendela kayu besar dan desain gedung keseluruhan merupakan perpaduan gaya arsitektur timur dan barat yang menyatu dengan indah.

Museum gedung sate ada di sisi kanan belakang bangunan utama gedung sate, tepatnya di dekat area lapangan tenis. Museum tersebut menempati ruangan di lantai dasar dari gedung sate. Museum seluas 500 meter persegi ini memberikan informasi seputar gedung sate mulai dari sejarah berdirinya lengkap dengan pemaparan teknis pembangunan gedung sate tersebut. Ada juga maket komplek gedung sate, ornamen asli kaca patri gedung sate dan sirene yang digunakan sebagai tanda peringatan tertentu. Di sisi lain museum terdapat tembok yang sengaja di kelupas sehingga pengunjung dapat melihat struktur dan lapisan yang membentuk tembok gedung sate tersebut. Di dalamnya dapat dilihat lapisan tembok gedung sate menggunakan susunan batuan berukuran besar.



Hal lain yang menarik adalah museum ini tampil modern kekinian yaitu selain mendisplay photo dan barang bersejarah digunakan juga berbagai teknologi audio visual canggih seperti tampilan digital 3 dimensi dari gedung sate, bioskop (theatre) mini, virtual reality dan augmented reality. Bioskop mini memutar film pendek sejarah pembangunan gedung sate, alat virtual reality yang tersedia mengajak pengunjung seakan terbang melayang di atas gedung sate sedangkan di ruang augmented reality secara kasat mata ruangan terlihat kosong namun saat melihat tampilan di layar display LCD kita seakan akan berada satu frame di antara para pekerja yang ada pada masa pembangunan gedung tersebut.

Pada saat kami ke sana tiket masuk ke museum ini masih gratis namun mulai januari 2018 pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk Rp 5.000 per orang. Museum gedung sate buka dari hari selasa sampai minggu, jam operasional dari jam 09.30 sampai jam 16.00 WIB. Museum tutup pada hari senin dan pada hari libur nasional.

Tentunya dengan lingkungan yang nyaman, lokasi strategis dan fasilitas modern yang disediakan maka museum gedung sate layak menjadi tempat tujuan wisata edukasi baru bagi masyarakat jawa barat maupun bangsa Indonesia pada umumnya. 

Lokasi sekitar museum ini cukup nyaman dengan taman yang asri dan tersedia tempat duduk kayu berlatar belakang gedung sate cukup menarik jadi spot selfie pengunjung. Parkiran di sini juga cukup luas kendaraan pribadi hingga bus besar dapat parkir dengan aman disini. Sehingga kedepannya kemungkinan akan banyak rombongan pelajar yang melakukan study tour ke sini. 

Demikianlah review singkat museum gedung sate, ketika anda di kota bandung, try to get to know the city, sempatkan datang melihat keanggunan gedung sate dan mengenal lebih dekat mengenai sejarahnya di museum ini. Ok, happy exploring reader bankjim.
Berikut ini video footage saat kami ke museum gedung sate :


Wisata Edukasi ke KidZania Jakarta

By // Tidak ada komentar:
Hola reader bankjim, kali ini kami ingin berbagi pengalaman jalan – jalan ke KidZania Jakarta. Kebetulan pertengahan desember 2017 kami sekeluarga besar punya acara bareng sehingga ada waktu bagi anak dan keponakan saling kumpul. Karena momen ini cukup jarang terjadi, kami sekalian saja merencanakan untuk jalan bareng ke KidZania jakarta. Pertimbangannya adalah mencari tempat bermain yang aman, fun, edukatif dan indoor. Indoor ini penting karena bulan desember begini kan sedang musim hujan. Sehingga anak dapat puas bermain tanpa khawatir kehujanan.
   
Kami memesan tiket masuk holiday (hari sabtu) untuk sesi 2 (sore) yaitu dari jam 15.00 sampai 20.00 WIB. Kenapa pilih sesi 2 (sore), karena paginya kami ada acara keluarga dan juga ketika kami mencoba pesan untuk sesi pagi ternyata sudah fully booked. Padahal waktu itu kami memesan 1 minggu sebelum hari H nya. Ok sip, akhirnya tiket untuk 7 anak dan 7 pendamping (orang tua atau dewasa) sudah dipesan. 

Info, Berikut ini harga tiket masuk KidZania, yaitu :
Senin-Kamis: 7 jam   Pukul: 09.00-16.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 150.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 100.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 50.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Jumat (2 sesi): 5 jam  Sesi 1: 09.00-14.00 WIB  Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 150.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 100.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 50.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Sabtu-Minggu (2 sesi): 5 jam    Sesi 1: 09.00-14.00 WIB   Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 200.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 150.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 75.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Hari Libur (2 sesi): 5 jam   Sesi 1: 09.00-14.00 WIB   Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 250.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 200.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 100.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Harga tiket tersebut termasuk :

Boarding pass masuk ke area KidZania
Akses ke seluruh aktivitas dan fasilitas di Kidzania
Gelang pengaman
Cek yang dapat ditukar dengan uang senilai 50 KidZos (khusus tiket anak)
Untuk balita hanya dapat beraktifitas di beberapa establishment dan belum bisa mengikuti aktivitas profesi 

Hari H kami menuju Kidzania Jakarta yang berkolasi di Pacific Place Mall lantai 6, kawasan niaga terpadu (CBD), Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Sampai di KidZania sekitar jam 14.00 dan langsung menukar voucher pemesanan tiket online ke counter airport KidZania. Yup benar counter airport. Jadi di KidZania ini area entrance dan ticketing dibuat seperti suasana di bandara. Petugas nya juga berpakaian seperti petugas ticketing airline lengkap dengan pintu masuk melewati security gate dan baggage scanner untuk pemeriksaan barang bawaan.


Tepat jam 15.00 WIB pintu masuk kidZania dibuka. Kami langsung menyerahkan boarding pass ke petugas dan segera menuju ke Bank of KidZania untuk menukar cek dengan uang senilai 50 kidzos. Sesampainya di sana ternyata sudah banyak anak yang antri di depan bank untuk menukar ceknya. Uang kidzos ini diperlukan anak untuk membeli barang atau jasa seperti menyewa mobil, ke salon, ke rumah sakit atau belanja di KidZania departemen store. Uang kidzos ini hanya dapat digunakan di KidZania dan tidak dapat ditukarkan dengan rupiah. Setelah menerima “uang modal” 50 kidzos, anak – anak mulai mencari permainan di establishment yang sesuai minat mereka. Ternyata minat anak laki – laki dan perempuan sedikit berbeda walaupun pada akhirnya mereka semua mencoba berbagai permainan yang ada. Anak laki – laki di awal sudah mengincar permainan sebagai petugas polisi dan pemadam kebakaran sedangkan anak perempuan kami memilih untuk membuat coklat di chocolate factory dan menjadi apoteker di pharmacy Kidzania terlebih dahulu.



Selama 5 jam di KidZania, anak – anak mencoba berbagai permainan. Cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini kira – kira ada 100 permainan yang terdapat di lantai dasar dan lantai 1 KidZania. Sepertinya tenaga anak - anak tidak ada habisnya pindah dari satu establishment ke establishment lainnya. Paling mereka istirahat untuk makan dan minum. Orang tuanya yang lelah juga mengikuti mereka.

Di KidZania, orang tua atau pendamping tidak dapat ikut bermain karena establishment yang ada khusus untuk anak – anak. Mereka hanya dapat melihat aktifitas anak dari luar establishment atau menunggu di area atau tempat duduk yang disediakan. Atau bisa juga menunggu di area terbuka di townhall di mana disini banyak tempat duduk lengkap dengan meja. Lokasi town hall ini juga berdekatan dengan restoran jadi anda bisa memilih istirahat atau makan di sini atau di dalam restoran. Sebenarnya anak – anak aanda dapat bebas bermain karena komplek KidZania teratif aman, anak dilengkapi dengan gelang pengaman, pintu keluar KidZania juga di jaga petugas dan anak hanya bisa keluar KidZania saat sesi permainan sudah selesai. Jadi sebenarnya orang tua tidak perlu setiap saat mengikuti setiap aktifitas anaknya. Tapi memang namanya orang tua senang saja melihat keseruan anaknya bermain peran profesi tersebut jadi banyak juga yang tetap mengikuti kemana anaknya pergi bermain.

Tips nyaman bermain di KidZania :
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Anak anda akan sangat aktif di KidZania jadi lebih baik anak menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan kemeja kaos yang menyerap keringat. Siapkan juga jaket atau sweater karena jika pengunjung tidak terlalu ramai maka suhu udara di KidZania dapat cukup dingin.
  • Gunakan sepatu yang nyaman. Anak anda akan bergerak dari satu establishment ke establishment lainnya. Pastikan kaki anak nyaman terlindungi. Kemudian jika anak anda ingin mengikuti kegiatan di establishment panjat tebing ( disini landscape nya memanjat gedung) maka persyaratannya anak perlu menggunakan sepatu.
  • Bila anda membawa balita (usia kurang dari 4 tahun) anda dapat langsung menuju lantai 1. Di lantai inilah terdapat establishment untuk balita seperti dapur, ruang membaca, rumah kaca dan ruang tempat orang tua beristirahat (cafe kecil).
  • Jika membawa balita disarankan untuk membawa stroller sehingga anda dan balita dapat eksplorasi keliling KidZania dengan nyaman. Jika balita lelah, anda dapat menjadikan stroller sebagai tempat balita beristirahat atau tidur.
  • Disarankan agar tetap sabar menunggu antrian di establishmet yang sudah di pilih. Pada saat ramai, antrian di berbagai establishment di KidZania juga akan cukup panjang. Lebih baik anda memberikan pengertian kepada anak anda untuk bersabar. Anda juga dapat menggunakan waktu menunggu di antrian untuk memberikan makan atau minuman kepada anak maupun untuk berfoto bersama anak anda.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area KidZania. Makanan dan minuman dapat dibeli di restoran dan cafe di dalam KidZania.
  • Sebagian besar permainan atau establishment yang ada di KidZania diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun ke atas sedangkan permainan untuk balita sangat sedikit jadi menurut saya lebih optimal jika anda mengajak anak usia 5 – 16 tahun untuk bermain di sini.

Review establishment populer : Balap Mobil (Race Track)
Salah satu permainan favorit anak adalah Race Track, yaitu permainan balapan mobil di sirkuit balap KidZania. Untuk bermain di sini anak harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Ada beberapa tahapan agar anak memperoleh SIM tersebut yaitu pertama anak harus memeriksa kesehatannya di rumah sakit, disini biayanya 20 kidzos. Setelahnya anak akan memperoleh hasil pemeriksaan kesehatan (medical check up) kemudian anak harus belajar mengemudi dan mengenal peraturan lalu lintas di lokasi simulasi berkendara (training center). Jika lulus maka anak akan memperoleh SIM. Bentuk SIM mirip dengan kartu SIM asli dengan nama dan photo anak di dalamnya. Setelah memperoleh Sim maka silahkan antri di establishment Race Track untuk mengendarai mobil. Disini anak diberikan pakaian untuk balap mobil lengkap dengan helmnya. sebelum berkendara anak akan diberikan pengarahan berkendara yang baik. Oh ia bentuk kendaraan adalah mobil mini single seater yang sangat mirip dengan aslinya sesuai produk sponsor. Waktu itu sponsornya adalah mitsubishi jadi terdapat mobil mini dengan bentuk seperti mobil mitsubishi expander dan pajero sport.

Review establishment populer : Pemadam Kebakaran (Fire Department)
Establishment fire department ini juga salah satu favorit di KidZania. Antrian anak disini biasanya cukup panjang. Di sini anak berperan sebagai anggota tim pemadam kebakaran. Anak akan diberikan seragam dan topi petugas pemadam kebakaran, di briefing tentang tugas sebagai pemadam kebakaran setelah itu mereka akan naik miniatur mobil pemadam kebakaran dan dengan sirine khas nya berkendara ke sisi lain KidZania untuk memadamkan gedung yang terbakar. Setelah sampai lokasi kebakaran, anak menggunakan selang pompa air yang tersedia untuk memadamkan kebakaran gedung bertingkat. Seru sekali melihat anak antusias beraksi mengarahkan selang pompa air ke kiri kanan dan atas gedung untuk memadamkan api. Orang tua juga terlihat happy memperhatikan anaknya, mengikuti pergerakan mobil pemadam kebakaran dan aktif memberikan arahan untuk memadamkan kebakaran sambil tidak lupa photo – photo mengabadikan momen tersebut. Priceless.

Demikianlah pengalaman kami berwisata ke KidZania Jakarta. Secara umum cukup berkesan. Anak – anak bermain dan bergembira disini, kami sebagai pendamping walaupun lelah dan tidak bermain tetapi cukup puas melihat kebahagiaan di wajah anak – anak. Satu yang beda, disini anak dapat beraktivitas dan “bekerja” dalam berbagai jenis pekerjaan yang selama ini mereka lihat dan dengar sehari – hari. Pekerjaan seperti menjadi seorang dokter, petugas pemadam kebakaran, apoteker, bekerja membuat coklat, wafer, dll.

Jadi kalau anda ingin mengajak anak liburan sekalian memberikan edukasi tentang berbagai profesi di dunia maka KidZania dapat direkomendasikan sebagai tempat wisata anak anda. Sejujurnya saya sebagai orang tua juga cukup antusias mengetahui berbagai proses atau pun kegiatan dari berbagai profesi tersebut dalam menghasilkan barang dan jasa. Bagi saya ini cukup menambah wawasan saya juga. Sedangkan bagi anak saya, kita tidak tahu profesi apa yang akan di pilih anak namun setidaknya kini mereka mendapat sekilas gambaran berbagai profesi yang ada. Ok reader bankjim, demikianlah review wisata di KidZania Jakarta. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Berikut ini video footage saat di Kidzania Jakarta :



Diberdayakan oleh Blogger.