Wisata Edukasi ke KidZania Jakarta

By
Hola reader bankjim, kali ini kami ingin berbagi pengalaman jalan – jalan ke KidZania Jakarta. Kebetulan pertengahan desember 2017 kami sekeluarga besar punya acara bareng sehingga ada waktu bagi anak dan keponakan saling kumpul. Karena momen ini cukup jarang terjadi, kami sekalian saja merencanakan untuk jalan bareng ke KidZania jakarta. Pertimbangannya adalah mencari tempat bermain yang aman, fun, edukatif dan indoor. Indoor ini penting karena bulan desember begini kan sedang musim hujan. Sehingga anak dapat puas bermain tanpa khawatir kehujanan.
   
Kami memesan tiket masuk holiday (hari sabtu) untuk sesi 2 (sore) yaitu dari jam 15.00 sampai 20.00 WIB. Kenapa pilih sesi 2 (sore), karena paginya kami ada acara keluarga dan juga ketika kami mencoba pesan untuk sesi pagi ternyata sudah fully booked. Padahal waktu itu kami memesan 1 minggu sebelum hari H nya. Ok sip, akhirnya tiket untuk 7 anak dan 7 pendamping (orang tua atau dewasa) sudah dipesan. 

Info, Berikut ini harga tiket masuk KidZania, yaitu :
Senin-Kamis: 7 jam   Pukul: 09.00-16.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 150.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 100.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 50.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Jumat (2 sesi): 5 jam  Sesi 1: 09.00-14.00 WIB  Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 150.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 100.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 50.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Sabtu-Minggu (2 sesi): 5 jam    Sesi 1: 09.00-14.00 WIB   Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 200.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 150.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 75.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Hari Libur (2 sesi): 5 jam   Sesi 1: 09.00-14.00 WIB   Sesi 2: 15.00-20.00 WIB
Jenis Tiket Harga
Anak  [4 - 16 tahun] Rp. 250.000
Dewasa  [17 - 64  tahun] Rp. 200.000
Batita [2 - 3 tahun] Rp. 100.000
Senior [65+ tahun] Rp. 0*

Harga tiket tersebut termasuk :

Boarding pass masuk ke area KidZania
Akses ke seluruh aktivitas dan fasilitas di Kidzania
Gelang pengaman
Cek yang dapat ditukar dengan uang senilai 50 KidZos (khusus tiket anak)
Untuk balita hanya dapat beraktifitas di beberapa establishment dan belum bisa mengikuti aktivitas profesi 

Hari H kami menuju Kidzania Jakarta yang berkolasi di Pacific Place Mall lantai 6, kawasan niaga terpadu (CBD), Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Sampai di KidZania sekitar jam 14.00 dan langsung menukar voucher pemesanan tiket online ke counter airport KidZania. Yup benar counter airport. Jadi di KidZania ini area entrance dan ticketing dibuat seperti suasana di bandara. Petugas nya juga berpakaian seperti petugas ticketing airline lengkap dengan pintu masuk melewati security gate dan baggage scanner untuk pemeriksaan barang bawaan.


Tepat jam 15.00 WIB pintu masuk kidZania dibuka. Kami langsung menyerahkan boarding pass ke petugas dan segera menuju ke Bank of KidZania untuk menukar cek dengan uang senilai 50 kidzos. Sesampainya di sana ternyata sudah banyak anak yang antri di depan bank untuk menukar ceknya. Uang kidzos ini diperlukan anak untuk membeli barang atau jasa seperti menyewa mobil, ke salon, ke rumah sakit atau belanja di KidZania departemen store. Uang kidzos ini hanya dapat digunakan di KidZania dan tidak dapat ditukarkan dengan rupiah. Setelah menerima “uang modal” 50 kidzos, anak – anak mulai mencari permainan di establishment yang sesuai minat mereka. Ternyata minat anak laki – laki dan perempuan sedikit berbeda walaupun pada akhirnya mereka semua mencoba berbagai permainan yang ada. Anak laki – laki di awal sudah mengincar permainan sebagai petugas polisi dan pemadam kebakaran sedangkan anak perempuan kami memilih untuk membuat coklat di chocolate factory dan menjadi apoteker di pharmacy Kidzania terlebih dahulu.



Selama 5 jam di KidZania, anak – anak mencoba berbagai permainan. Cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini kira – kira ada 100 permainan yang terdapat di lantai dasar dan lantai 1 KidZania. Sepertinya tenaga anak - anak tidak ada habisnya pindah dari satu establishment ke establishment lainnya. Paling mereka istirahat untuk makan dan minum. Orang tuanya yang lelah juga mengikuti mereka.

Di KidZania, orang tua atau pendamping tidak dapat ikut bermain karena establishment yang ada khusus untuk anak – anak. Mereka hanya dapat melihat aktifitas anak dari luar establishment atau menunggu di area atau tempat duduk yang disediakan. Atau bisa juga menunggu di area terbuka di townhall di mana disini banyak tempat duduk lengkap dengan meja. Lokasi town hall ini juga berdekatan dengan restoran jadi anda bisa memilih istirahat atau makan di sini atau di dalam restoran. Sebenarnya anak – anak aanda dapat bebas bermain karena komplek KidZania teratif aman, anak dilengkapi dengan gelang pengaman, pintu keluar KidZania juga di jaga petugas dan anak hanya bisa keluar KidZania saat sesi permainan sudah selesai. Jadi sebenarnya orang tua tidak perlu setiap saat mengikuti setiap aktifitas anaknya. Tapi memang namanya orang tua senang saja melihat keseruan anaknya bermain peran profesi tersebut jadi banyak juga yang tetap mengikuti kemana anaknya pergi bermain.

Tips nyaman bermain di KidZania :
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Anak anda akan sangat aktif di KidZania jadi lebih baik anak menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan kemeja kaos yang menyerap keringat. Siapkan juga jaket atau sweater karena jika pengunjung tidak terlalu ramai maka suhu udara di KidZania dapat cukup dingin.
  • Gunakan sepatu yang nyaman. Anak anda akan bergerak dari satu establishment ke establishment lainnya. Pastikan kaki anak nyaman terlindungi. Kemudian jika anak anda ingin mengikuti kegiatan di establishment panjat tebing ( disini landscape nya memanjat gedung) maka persyaratannya anak perlu menggunakan sepatu.
  • Bila anda membawa balita (usia kurang dari 4 tahun) anda dapat langsung menuju lantai 1. Di lantai inilah terdapat establishment untuk balita seperti dapur, ruang membaca, rumah kaca dan ruang tempat orang tua beristirahat (cafe kecil).
  • Jika membawa balita disarankan untuk membawa stroller sehingga anda dan balita dapat eksplorasi keliling KidZania dengan nyaman. Jika balita lelah, anda dapat menjadikan stroller sebagai tempat balita beristirahat atau tidur.
  • Disarankan agar tetap sabar menunggu antrian di establishmet yang sudah di pilih. Pada saat ramai, antrian di berbagai establishment di KidZania juga akan cukup panjang. Lebih baik anda memberikan pengertian kepada anak anda untuk bersabar. Anda juga dapat menggunakan waktu menunggu di antrian untuk memberikan makan atau minuman kepada anak maupun untuk berfoto bersama anak anda.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area KidZania. Makanan dan minuman dapat dibeli di restoran dan cafe di dalam KidZania.
  • Sebagian besar permainan atau establishment yang ada di KidZania diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun ke atas sedangkan permainan untuk balita sangat sedikit jadi menurut saya lebih optimal jika anda mengajak anak usia 5 – 16 tahun untuk bermain di sini.

Review establishment populer : Balap Mobil (Race Track)
Salah satu permainan favorit anak adalah Race Track, yaitu permainan balapan mobil di sirkuit balap KidZania. Untuk bermain di sini anak harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Ada beberapa tahapan agar anak memperoleh SIM tersebut yaitu pertama anak harus memeriksa kesehatannya di rumah sakit, disini biayanya 20 kidzos. Setelahnya anak akan memperoleh hasil pemeriksaan kesehatan (medical check up) kemudian anak harus belajar mengemudi dan mengenal peraturan lalu lintas di lokasi simulasi berkendara (training center). Jika lulus maka anak akan memperoleh SIM. Bentuk SIM mirip dengan kartu SIM asli dengan nama dan photo anak di dalamnya. Setelah memperoleh Sim maka silahkan antri di establishment Race Track untuk mengendarai mobil. Disini anak diberikan pakaian untuk balap mobil lengkap dengan helmnya. sebelum berkendara anak akan diberikan pengarahan berkendara yang baik. Oh ia bentuk kendaraan adalah mobil mini single seater yang sangat mirip dengan aslinya sesuai produk sponsor. Waktu itu sponsornya adalah mitsubishi jadi terdapat mobil mini dengan bentuk seperti mobil mitsubishi expander dan pajero sport.

Review establishment populer : Pemadam Kebakaran (Fire Department)
Establishment fire department ini juga salah satu favorit di KidZania. Antrian anak disini biasanya cukup panjang. Di sini anak berperan sebagai anggota tim pemadam kebakaran. Anak akan diberikan seragam dan topi petugas pemadam kebakaran, di briefing tentang tugas sebagai pemadam kebakaran setelah itu mereka akan naik miniatur mobil pemadam kebakaran dan dengan sirine khas nya berkendara ke sisi lain KidZania untuk memadamkan gedung yang terbakar. Setelah sampai lokasi kebakaran, anak menggunakan selang pompa air yang tersedia untuk memadamkan kebakaran gedung bertingkat. Seru sekali melihat anak antusias beraksi mengarahkan selang pompa air ke kiri kanan dan atas gedung untuk memadamkan api. Orang tua juga terlihat happy memperhatikan anaknya, mengikuti pergerakan mobil pemadam kebakaran dan aktif memberikan arahan untuk memadamkan kebakaran sambil tidak lupa photo – photo mengabadikan momen tersebut. Priceless.

Demikianlah pengalaman kami berwisata ke KidZania Jakarta. Secara umum cukup berkesan. Anak – anak bermain dan bergembira disini, kami sebagai pendamping walaupun lelah dan tidak bermain tetapi cukup puas melihat kebahagiaan di wajah anak – anak. Satu yang beda, disini anak dapat beraktivitas dan “bekerja” dalam berbagai jenis pekerjaan yang selama ini mereka lihat dan dengar sehari – hari. Pekerjaan seperti menjadi seorang dokter, petugas pemadam kebakaran, apoteker, bekerja membuat coklat, wafer, dll.

Jadi kalau anda ingin mengajak anak liburan sekalian memberikan edukasi tentang berbagai profesi di dunia maka KidZania dapat direkomendasikan sebagai tempat wisata anak anda. Sejujurnya saya sebagai orang tua juga cukup antusias mengetahui berbagai proses atau pun kegiatan dari berbagai profesi tersebut dalam menghasilkan barang dan jasa. Bagi saya ini cukup menambah wawasan saya juga. Sedangkan bagi anak saya, kita tidak tahu profesi apa yang akan di pilih anak namun setidaknya kini mereka mendapat sekilas gambaran berbagai profesi yang ada. Ok reader bankjim, demikianlah review wisata di KidZania Jakarta. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Berikut ini video footage saat di Kidzania Jakarta :



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.