Manfaat menjawab komentar video di channel youtube anda

By
Sebagai youtuber anda pasti akrab dengan komentar yang datang dari pemirsa atau viewer video anda. Semakin banyak view tentunya akan semakin banyak komentar yang masuk. Komentar bisa positif maupun negatif. Yang positif anda tentu dengan senang hati membalasnya namun yang negatif terkadang membuat anda malas membalasnya bahkan dapat membuat patah semangat untuk berkarya kembali. Namun itu seharusnya tidak di lakukan. Karena menjawab komentar pemirsa video anda sangat bermanfaat bagi channel youtube anda. Berikut ini manfaat menjawab komentar pada channel youtube, yaitu:

1. Menunjukkan otoritas channel
Menjawab komentar yang datang pada video anda di youtube menunjukkan bahwa anda benar – benar perhatian dan memahami video anda. Sebagaimana anda dengan serius membuat konten maka dengan menjawab komentar diharapkan pemirsa anda memahami keseriusan anda tersebut dan menetapkan channel anda sebagai channel otoritas (panutan) di bidangnya. Misalnya video anda tentang resep masakan nusantara, maka anda diharapkan dapat menjawab pertanyaan seputar isi video masakan nusantara tersebut. semakin banyak pertanyaan yang terjawab menunjukkan bahwa channel anda memiliki otoritas yang baik di bidang tersebut. Jadi youtuber, selain membuat membuat konten berkualitas penting juga untuk berinteraksi dengan pemirsa yaitu dalam bentuk menjawab komentar tersebut. Sehingga viewer loyal anda terus kembali menantikan video anda berikutnya dan pemirsa baru akan merasa yakin dirinya datang ke channel yang tepat.


2. Membangun komunitas loyal
Dengan menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar maka hubungan anda dan pemirsa channel anda semakin erat. Usahakan merespon komentar yang masuk dengan cepat sehingga pemirsa video anda senang. Jawab komentar yang masuk dengan bahasa yang sopan, bersahabat dan memberikan informasi yang sesuai (problem solving). Intinya membangun ruang interaksi antara anda dan pemirsa video anda akan menciptakan komunitas aktif yang loyal. Apalagi jika kemudian anda mendapatkan “teman” yaitu pemirsa lain yang menjawab pertanyaan atau komentar di video anda. Saya pernah agak lama tidak mendapat akses internet jadi tidak bisa mengecek komentar yang masuk ke channel, saat dapat online kembali, saya agak kaget juga karena banyak notifikasi komentar baru. Setelah saya lihat ternyata para viewer saya merespon pertanyaan (memberikan solusi) yang diberikan pemirsa lainnya. Saya rasa ini bagus, channel jadi aktif dan interaktif, andapun dapat memoderasi dan mengapresiasi tanggapan yang diberikan tersebut. Jadi apa yang anda dapat sebagai youtuber dari aktifitas ini. Yang anda lakukan dengan membalas komentar memberikan signal bagus dalam algoritma youtube dan tentunya ini bermanfaat bagi perkembangan channel.
3. Menaikkan rangking video di pencarian youtube
Terbentuknya interaksi yang baik dalam sistem komentar ini akan meningkatkan rangking konten video anda di pencarian youtube dan search engine google. Interaksi merupakan salah satu faktor penting dalam algoritma youtube. ini dapat dilihat dari Begitu banyak fasilitas terkait sistem komentar misalnya tool moderasi komentar, like dan dislike komentar dan pin komentar ke bagian atas. Tampilan komentar juga di buat bersusun di bawah komentar awal (threaded) sehingga memudahkan anda dalam mengikuti diskusi yang terjadi. Komentar yang aktif memberi sinyal positif keterlibatan pemirsa (viewer engagement) dalam channel anda. Karena sebenarnya mendapatkan komentar dari pemirsa itu tidaklah mudah, video anda harus pantas mendapatkannya yaitu harus memiliki konten video yang bagus. 

Demikianlah manfaat membalas komentar video anda di youtube, sekarang anda tahu, jadi sebisa mungkin ajaklah para pemirsa menulis komentar di video anda karena pengaruhnya positif terhadap channel youtube. Viva youtuber indonesia. Tetap semangat.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.