19 Cara Meningkatkan Viewer atau Pengunjung Channel Youtube

By

Bagi pemilik channel youtube tentunya senang jika channel yang dimiliki berkembang. Harapannya jumlah tayangan video, subscriber dan pendapatan iklan dari konten video meningkat. Saat kita melihat para youtuber sukses hal tersebut diatas terlihat mudah. Tinggal upload video, konten menjadi viral banyak di tonton dan langsung dapat uang. Kenyataannya tidaklah semudah itu, untuk menjadi youtuber sukses butuh waktu, kreatifitas, dan biaya. Intinya menjadi youtuber sukses butuh kesabaran dan upaya perbaikan terus menerus.

Oleh karena itu kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam mengelola channel “bankjim”. Sedikit tentang kanal “bankjim”. Saya mulai memonetisasi video ketika fasilitas tersebut tersedia untuk channel youtube Indonesia yaitu tahun 2013. Sejak itu jumlah pengunjung dan subscriber terus meningkat serta pendapatan iklan stabil melewati ambang batas pembayaran pada awal tahun 2017.  Berikut ini versi saya tentang cara efektif meningkatkan viewer atau pengunjung video pada channel youtube, yaitu :

1. Isi bagian about channel dengan keterangan mengenai channel anda
Pada bagian about channel, anda dapat mendeskripsikan isi channel seperti memperkenalkan diri anda beserta orang – orang yang terlibat dalam membangun channel tersebut dan topik apa yang di bahas dalam channel anda. Dibagian ini juga dapat ditambahkan tags kata kunci, link ke website resmi dan alamat email anda sebagai contact bisnis. Penjelasan tersebut penting sebagai informasi kepada pengunjung dan input kepada algoritma youtube tentang channel anda.  Harap isi about channel dengan informasi yang relevan agar terbangun keterikatan dan kepercayaan kepada channel anda.

2. Buat konten original, berkualitas, menghibur dan bermanfaat
Buatlah membuat konten kreatif karya sendiri dan reupload tidak disarankan. Konten original mungkin butuh waktu berkembang namun channel akan tetap langgeng. Jangan takut untuk berkarya video sendiri dan jangan mudah menyerah ketika ada komentar negatif tentang konten anda. Yang perlu di pahami, dengan menjadi youtuber maka karya anda dilihat oleh publik. Sudah pasti akan ada viewer yang suka maupun tidak suka dengan video anda. Komentar positif jadikan semangat, komentar negatif jadikan sebagai saran membangun. Seiring dengan bertambahnya pengalaman, anda dapat meningkatkan kualitas video dan dapat memperkirakan konten apa yang yang diinginkan oleh visitor kita. Agar pengunjung terus meningkat dan subscriber bertambah anda perlu merawat channel dengan terus mengupload konten video yang berkualitas, menghibur dan bermanfaat.  Disarankan membuat konten berkualias High Definition (HD), ini tidak sulit karena hampir semua smartphone dan kamera kekinian memiliki fitur perekaman video kualitas ini. Perhatikan nama file yang di upload agar disesuaikan dengan isi video dan kata kunci (keyword) yang ditargetkan karena nama file ini menjadi input informasi pada algoritma youtube. Misalnya opor ayam.mp4.


3. Buat channel ad
Youtube memberikan promosi kanal youtube gratis kepada konten kreator terpilihnya dengan fitur channel ad. Jadi intinya channel ad ini seperti movie trailer, anda dapat menggunakannya untuk memberikan kilasan tentang konten video yang ada di channel anda. Channel ad ini dapat dilihat oleh pengunjung (non subscriber) yang datang ke chanel anda sehingga mereka tertarik menjadi subscriber.

Jadi manfaatkan, buat channel ad, caranya anggap pengunjung belum kenal dengan channel kita, buat video singkat (durasi video +/- 2 menit) semenarik mungkin yang mana dalam beberapa detik pertama dapat membuat pengunjung terpesona, tunjukkan siapa anda, apa isi channel anda dan mengapa mereka harus menonton channel anda serta di akhir video ajaklah mereka untuk subscribe channel anda.


4. Buat Judul dan deskripsi video anda dengan informatif, menarik dan tidak misleading
Judul dan deskripsi video yang kaya kata kunci dan informatif memberikan informasi kepada algoritma youtube untuk input pencarian yang relevan dan menarik perhatian pengunjung (viewer) agar menonton video tersebut. pada youtube jumlah karakter untuk judul adalah maksimum 100 karakter. Cara mencari judul konten dengan kata kunci yang tepat tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : (1) memasukkan tema video kita ke kolom pencarian youtube, nanti akan muncul beberapa suggestion tentang judul video apa saja yang relevan. Catat dan kombinasikan kalimat tersebut menjadi judul video anda. (2) gunakan keyword research tool seperti pada adword, keyword planner dan keyword.io. judul yang baik menurut saya adalah yang “positif clickbait” yaitu judul video yang menarik, kaya keyword dan mampu mendeskripsikan isi video tersebut serta tidak memberikan informasi yang tidak benar (misleading).

Deskripsi pada youtube dibatasi 5000 karakter dengan 150 karakter pertama yang terlihat oleh viewer saat mereka melihat konten hasil pencarian youtube atau saat mampir ke channel anda. Disini pengunjung juga dapat mencari informasi yang lebih dalam apakah video tersebut tepat video yang dia inginkan. Deskripsi video memberikan informasi secara detail kepada search engine google dan youtube. Harapannya dengan adanya kesesuaian minat pengunjung (viewer) dengan isi konten video maka iklan yang ditampilkan relevan sehingga diharapkan rasio klik iklan, Click Throuh Rate (CTR) meningkat.

5. Buat closed caption pada video anda
Closed caption atau transkrip video membantu meningkatkan jumlah pengunjung karena konten video anda dilihat oleh pemirsa yang lebih luas . Closed caption memberikan informasi tentang isi video kepada pemirsa dari negara dengan bahasa yang berbeda dari pemilik channel. Misal konten video dalam bahasa Indonesia kemudian closed caption video dibuat dalam bahasa inggris. Closed caption juga membantu menampilkan informasi konten video bagi pemirsa dengan disabilitas seperti gangguan pendengaran. Saya meyakini video dengan kelengkapan fitur closed caption ini memperoleh rangking yang lebih baik pada algoritma pencarian youtube.

6. Buat tags yang sesuai isi video
Meta tags pada video youtube membantu memperjelas isi video anda dan membantu algoritma youtube untuk menampilkan video anda sesuai pencarian kata kunci pada kolom penelusuran youtube. Karena konten di youtube adalah video maka algoritma youtube memerlukan informasi tambahan dari pemilik channel. Ketiganya judul, deskripsi dan tags membentuk informasi utuh tentang isi video anda sebagai bagian dari SEO video  youtube anda. Tags dapat di cari dengan melakukan penelusuran di youtube tentang tema video anda, kumpulkan dan pilih 6 sampai 10 meta tags yang dianggap paling relevan dengan konten anda.

7. Buat thumbnail yang optimal
Secara umum thumbnail adalah etalase atau cover depan dari video kita. Jadi di saat pengunjung melakukan penelusuran kata kunci, melihat melalui trending video ataupun rekomendasi video di youtube, yang terlihat pertama kali pada daftar konten video adalah tampilan thumbnail ini. Pengunjung kemudian memilih berdasarkan informasi teks dan visual yang ada. Disinilah pentingnya thumbnail untuk memenangkan hati pengunjung dan memilih video kita. Thumbnail yang baik membantu meningkatkan Click Through Rate (CTR) dan jumlah view. Thumbnail yang baik merupakan kombinasi gambar high res yang menarik dan pesan yang relevan dengan isi video. pilihlah jenis font text yang menarik dan ukurannya mudah di lihat. Ukuran thumbnail idealnya adalah 1920 x 1080 pixel (full HD) dengan aspek rasio 16 : 9. Ukuran maksimal file thumbnail adalah 2 MB, format file bisa jpeg, bitmap ataupun png. 

8. Gunakan fitur card  di video
Fitur ini disediakan youtube untuk mengoptimalkan tayangan video anda dengan cara menampilkan “card” saat video ditayangkan. Posisi Card ini berada di kanan atas video anda. Ada beberapa card yang tersedia yaitu card untuk mempromosikan konten video anda yang lain, card untuk ajakan berlangganan atau subscribe channel, card untuk donasi ke lembaga non profit, card untuk berkunjung ke website anda ataupun card untuk melakukan survey. Saya biasanya memanfaatkan fitur card ini untuk mengajak pengunjung melihat konten video saya lainnya yang viewnya lebih sedikit dan mengajak berlangganan ke channel saya.

Waktu munculnya card ini dapat di sesuaikan dengan perilaku pengunjung video anda yaitu di titik waktu ke berapa pengunjung rata – rata berhenti melihat video anda (retention rate). Silahkan pelajari youtube analytic untuk masing – masing video anda kemudian terapkanlah fitur card ini sebelum waktu tersebut (retention rate).

9. Gunakan fitur end screen di video
Fitur end screen sesuai namanya muncul pada akhir penayangan video. Pada tab fitur end screen ini tersedia beberapa template end screen yang dapat di pilih sesuai kebutuhan anda. Fasilitas ini memberikan pilihan kepada pemirsa dengan pilihan (call to action) yaitu menonton video anda lainnya, melihat playlist video, mensubscribe channel ataupun mengunjungi website anda. Fitur card dan end screen ini sudah dioptimasi untuk tampilan pada perangkat mobile (smartphone dan tablet) sehingga sangat bermanfaat bagi youtuber.


10. Buat playlist video setema 
Buatlah playlist untuk video dengan tema yang sama sehingga pengunjung dapat menonton video secara berkelanjutan. Pada playlist, video ditampilkan berurutan dimana setelah video pertama selesai tayang secara otomatis dilanjutkan dengan tampilnya video berikutnya. Tentunya ini sangat menguntungkan karena view untuk masing – masing video akan bertambah tanpa pengunjung harus mengklik play video satu persatu. Pada playlist ini juga terdapat ruang untuk menambahkan deskripsi. Manfaatkan ruang tersebut untuk menuliskan keterangan lain yang memperkaya kata kunci (keyword) playlist anda.

11. Konsisten dan teratur membuat video berkualitas
Seperti di bidang usaha lainnya, setiap hari banyak video baru yang muncul dan menambah persaingan di youtube. Untuk itu channel anda perlu di pelihara  dengan baik untuk menjaga jumlah view dan mempertahankan subscriber anda. Terus berkarya dengan konten original berkualitas sehingga subscriber lama tetap aktif di channel anda dan view dari non subscriber meningkat. Dengan banyaknya konten video yang kita miliki diharapkan setelah pengunjung menonton suatu video maka ia akan menonton video milik kita lainnya. Semakin banyak video berkualitas yang kita miliki maka algoritma youtube akan semakin sering menampilkan video milik kita sebagai featured video yang direkomendasikan.

12. Beri komentar di video setema yang populer
Kalau di blogging ini seperti link building ya, jadi anda meninggalkan komentar relevan saat berkunjung ke channel video youtuber setema. Harapannya ada yang melihat komentar tersebut (pemilik channel atau viewer lainnya) dan mereka berkunjung kembali ke channel anda. Hal ini menunjukkan kepada algoritma youtube dan pencarian google bahwa channel anda aktif dan memiliki kesesuaian keyword  dengan pencarian konten viewer lainnya. Sehingga rangking channel anda dapat meningkat. Tanggapan atas komentar anda yang diberikan oleh pemilik channel tersebut menjadi diskusi aktif yang akhirnya menarik perhatian viewer lainnya untuk mengklik profile dan berkunjung ke channel youtube anda.

13. Lakukan kolaborasi dengan youtuber lainnya
Sebagian besar viewer youtube suka dengan video kolaborasi. Dengan berkolaborasi, pemirsa disuguhkan konten dengan cara pandang yang berbeda sehingga menambah keragaman konten video pada channel youtube anda. Kolaborasi memperluas eksposure channel, merupakan cara networking yang baik dan meningkatkan pertumbuhan channel anda. Anda dapat membuat video kolaborasi dengan youtuber pada niche yang sama ataupun dengan niche yang berbeda. Keuntungannya channel anda akan dapat dikenal oleh subscriber dan visitor rekan anda berkolaborasi. Bayangkan jika anda dapat mengajak youtuber ternama dengan view dan subscriber yang banyak. Tentunya channel anda akan makin  populer juga karena terbantu dengan eksposure dari video hasil kolaborasi. 

Bentuk kolaborasi bisa berupa (1) guest appearance, yaitu anda menampilkan youtuber lain dalam video yang anda buat, (2) membuat video bersama – sama, saling membahas script dan berada dalam satu scene yang sama, video hasil kolaborasi bisa ditampilkan pada masing masing channel sesuai kesepakatan misal part 1 di upload di channel si  A  dan part 2 di upload di channel si B, (3) online collaboration, jika tidak dapat bertemu secara fisik maka anda dapat kolaborasi online dengan mengunakan google hangout, rekaman sesi kolaborasi di hangout kemudian di upload ke youtube. 

14. Tetap update membuat video dengan tema populer saat ini (trending video)
Perhatikan konten apa yang sedang happening atau trending saat ini. Untuk mengetahui konten yang sedang trending ini anda dapat melihatnya di tab trending pada website atau aplikasi youtube dan di sosial media lainnya. Perhatikan apa yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan tema video yang trending tersebut. contohnya trending konten saat ini adalah video music despacito maka buatlah versi kreatif kamu seputar lagu itu. Anda bisa buat dalam versi parodi, senam despacito, cover musik, vlog nyeleneh ala despacito, pantomin, traveling dll. Jangan takut berkarya yang penting original, kreatif dan unik maka view konten anda dapat meningkat pesat memanfaatkan arus trending topic tersebut.


15. Terjemahkan judul dan deskripsi pada video anda (fitur translate)
Fitur ini memungkinkan youtuber untuk memasukkan terjemahan (translate) judul dan deskripsi konten video dari bahasa asal ke bahasa lainnya. Misal dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau Perancis. Fitur Ini membantu memperluas jangkauan video anda. Dengan menterjemahkan judul dan deskripsi video serta closed caption ke bahasa lain maka kita memberikan kemudahan pengunjung (viewer) yang berbahasa lain tersebut untuk dapat memahami konten video anda sehingga mereka betah lebih lama menonton nya (watch time meningkat). Dengan makin luasnya jangkauan demografi pengunjung dan bertambahnya kelengkapan video yang dimiliki maka rangking video anda pada penelusuran youtube akan meningkat.

16. Hubungi youtuber lain untuk minta tolong agar channel anda dimasukkan dalam featured channel mereka
Jika anda mengenal mengenal youtuber lain (rekan kolaborasi  atau rekan youtuber lainnya) maka anda dapat meminta tolong agar channel anda dimasukkan dalam daftar featured channel youtuber tersebut. Featured channel berisikan daftar channel yang direkomendasikan oleh pemilik channel (isinya bisa channel lain milik sendiri atau milik orang lain). Keuntungan masuk dalam featured channel adalah nama chanel anda terlihat saat pengunjung  berkunjung ke dashboard youtuber rekan anda (visibilitas channel meningkat) jadi ada kemungkinan trafik tambahan dari viewer youtuber rekan anda tersebut ke channel anda. Posisi featured channel strategis berada di sebelah kanan pada tampilan desktop channel.

17. Buat website atau blog pendukung untuk menampilkan video youtube anda
Platform blogging atau website menawarkan kesempatan untuk mendeskripsikan peristiwa melalui kata – kata yang jumlah katanya hingga ribuan kata (jauh lebih banyak dari ruang deskripsi di youtube). Selain teks platform blogging juga mampu menampilkan gambar, dan video dalam satu artikel. Sedangkan youtube juga menyediakan fasilitas embedd yang dapat digunakan untuk menampilkan video youtube di website atau blog. Jadi klop keduanya saling mendukung. Dari artikel blog tersebut anda dapat memjelaskan detail peristiwa yang terjadi pada video anda atau menggunakan konten video youtube anda untuk mendukung kelengkapan artikel blog. Kunjungan dari kata kunci lainnya yang tertulis ataupun dari pengunjung blog yang ingin melihat video peristiwa dalam artikel tersebut maka channel youtube anda mendapatkan sumber trafik baru yang potensial. 

18. Share ke sosial media dan forum komunitas secara selektif, no spam
Untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau viewer video maka anda perlu memanfaatkan sumber trafik dari media sosial dan forum komunitas. Di era digital ini potensi trafik dari media sosial dan forum komunitas ini sangatlah besar. Anda dapat memanfaatkan potensinya dengan aktif di google +, whatsapp, facebook, instagram, twitter, dll. Masukkan link ke chanel youtube di profil sosial media anda tersebut. Pastikan anda memposting link video ke sosial media dan forum yang relevan. Cari niche komunitas yang sesuai dengan isi video dan target pengunjung yang diharapkan. Misalnya video tentang masakan maka
   
anda memposting link video anda ke forum komunitas di google + mengenai resep masakan sehari – hari atau posting di facebook fan page tentang resep makanan dan kuliner. Perlu diperhatikan anda harus mentaati peraturan, pastikan bahwa situs sosial media dan forum komunitas tersebut mengijinkan anggotanya untuk menyebar link video dan lebih baik jika anda juga terlibat aktif berdiskusi di tempat tersebut. Tentunya anda tidak ingin di cap melakukan spam yang dapat merusak reputasi channel. semakin banyak trafik yang masuk ke chanel youtube anda dari berbagai sumber tentunya meningkatkan peringkat channel anda pada algoritma youtube. Hal ini menunjukkan video pada channel anda menarik dan relevan.

19. Beriklan di youtube
Jika memiliki dana anda dapat mengiklankan video dan channel youtube melalui google adword. Jadi di adword terdapat program periklanan untuk video sehingga iklan ditampilkan di website dan aplikasi youtube. disini anda dapat mengatur kampanye iklan dengan memilih target pemirsa sesuai kategori tertentu dan sesuai budget yang anda sediakan. Model iklan nya macam – macam ada true view ads yang berupa pay per click (PPC) ads, yaitu anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan anda maupun in stream video ads, yaitu iklan yang tampil di awal video yang ditonton oleh target pemirsa anda.  Bentuknya ada yang skippable ads, non skippable ads ataupun bumper ads. Keuntungan menggunakan google adword adalah anda dapat menentukan target atau outcome iklan anda. Keberhasilan iklan dapat berupa peningkatan jumlah view, increase sales, increase fanbase (subscriber) dan increase exposure (lebih terkenal hingga ke dunia nyata).

Demikianlah cara meningkatkan pengunjung channel youtube berdasarkan pengalaman saya mengelola channel “bankjim”. Dari berbagai cara di atas, sebagian besar sudah saya terapkan namun ada beberapa yang belum saya lakukan. Ok, semoga artikel ini bermanfaat, tetap semangat dan terus berkarya youtuber Indonesia. Insya allah sukses.

2 comments:

  1. Punya channel youtube target luar negeri om? Oh iya, selain rutin upload video, jumlah tayang sebuah video apakah mempengaruhi peringkat di pencarian? makasih

    ReplyDelete
  2. Rencana buat channel jalan2, travel di targetkan utk bule tapi susah utk Cari subscribernya...jadi susah utk di monetized...menurut saya berpengaruh...apalagi jika view nya banyak Dari hasil pencarian user di yt langsung...berarti kontennya relevant dgn pencarian user..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.