Keuntungan dan Kerugian Menjadi Blogger dan atau Youtuber

By
Saat ini menjadi blogger dan youtuber sangat mudah. Anda tinggal  daftar gratis ke situs platform blogging (blogger, wordpress, dll) maupun youtube, dengan demikian, anda sudah bisa punya blog dan channel youtube. Kemudian anda dapat mengunggah konten setiap saat melalui komputer atau mobile phone (HP) dengan akses internet. Namun apakah dengan demikian anda dapat dengan mudah memperoleh manfaat sebagai seorang blogger atau youtuber?, tentu tidak mudah, perlu perjuangan untuk mencapai kesuksesan. Kemudian apa saja keuntungan dan kerugian yang dihadapi oleh seorang blogger dan youtuber ketika dia mengunggah konten nya ke internet tersebut. Melalui artikel ringkas ini, kami berusaha menjawab pertanyaan tersebut.

Keuntungan dan kerugian menjadi blogger dan youtuber

Sebelum nya agar lebih jelas kita review dulu definisi blogger dan youtuber menurut bankjim.com yaitu :

Apa itu blogger ?

Blogger adalah individu atau sekelompok orang yang secara teratur (reguler) mengunggah konten ke platform blogging (blogspot, wordpress, dll) di internet. Konten utama blogger adalah tulisan dengan disertai ilustrasi infografis dan audio visual pendukung.

Apa itu youtuber ?

Youtuber adalah individu atau sekelompok orang yang secara teratur (reguler) menggunggah konten ke situs video (youtube, vimeo, dll) di internet. Konten utama seorang youtuber adalah karya audio visual.

Keduanya sama – sama membuat konten bermanfaat dalam platform online yang berbeda yaitu dalam bentuk tulisan (blogger) dan yang lain audio visual (youtuber). Oleh karena keuntungan dan kerugian untuk menjadi blogger dan youtuber relatif sama maka pembahasannya dapat digabungkan ke dalam satu artikel.

Keuntungan atau manfaat menjadi blogger dan atau youtuber :

Terdapat beberapa keuntungan atau manfaat langsung atau tidak langsung ketika anda menjadi seorang blogger dan atau youtuber, yaitu :

Pahala (berbagi ilmu dan pengetahuan) membantu orang lain

Konten yang di buat oleh blogger dan youtuber selain bermanfaat untuk dirinya pribadi juga bermanfaat bagi orang lain. Berbagi ilmu pengetahuan, ide, solusi dll merupakan bentuk amalan yang baik selama konten kita memberikan manfaat kepada orang lain. Maka itu sangatlah penting bagi content creator untuk memahami apa yang di tulis dan divisualkan agar konten yang di buat berkualitas sehingga ketika pengunjung meminta penjelasan tambahan melalui komentar, konten kreator dapat memberi jawaban yang memuaskan. Salah satu saat bahagia bagi content creator itu datang ketika ada pengunjung yang memberikan komentar positif, merasa terbantu dan memberikan ucapan terima kasih atas konten kita. 

Tambah teman dan tambah follower

Menjadi seorang blogger dan youtuber berarti juga membuka diri diluar lingkungan “tradisional” anda selama ini. lebih luas dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar dan jaringan pertemanan di sekolah dan dunia kerja. Contoh nya anda dapat bertemu teman baru dalam forum online sesama content creator adsense seperti di Indonesia Adsense Publisher Discussion (IAPD). Disini anda dapat berbagi pengalaman, mengeluarkan keluh kesah, diskusi kritis dan problem solving atas segala masalah pembuatan konten dan manajemen akun blog dan channel youtube. Selain forum di google plus tersebut, banyak juga forum lain untuk komunitas blogger dan youtuber yang bisa anda ikuti seperti di facebook, reddit, kaskus, ads.id, dll. 

Selain keuntungan diatas, bergabung dalam forum khusus ini juga meningkatkan branding seorang blogger dan youtuber. Karena biasanya di dalam forum tersedia ruangan untuk meshare konten (pastikan hanya menshare konten jika peraturan forum membolehkannya)  ataupun terdapat ruangan untuk menampilkan url blog dan channel member (biasanya dalam profile member). Mereka yang aktif dan berkontribusi positif akan disukai member lain dan banyak yang menjadi follower atau subscriber situs blogger dan channel youtuber orang tersebut.

Menambah ilmu dan wawasan 

Pada saat anda membuat konten, anda memulai dari apa yang anda bisa dan yakini. Berikutnya melakukan riset (membaca atau menonton) konten sejenis untuk pendalaman dan keakuratan pesan yang disampaikan. Lalu menyajikannya dalam bentuk (tulisan atau video) yang mudah dimengerti oleh pengunjung. Setelah konten di unggah, anda akan menerima “penilaian” berupa komentar positif dan negatif. Anda lihat disini dalam pembuatan konten terdapat proses pembelajaran. 

Lebih lanjut lagi anda mulai mempelajari coding html, software pendukung dan menggunakan situs analisa seperti Adword (untuk gunakan Google keyword planner), Semrush, Vidiq, Google search console, Google analytics dan Youtube creator studio untuk mengetahui kata kunci, di mana posisi konten anda, hal apa yang ingin diketahui pengunjung dan bagaimana tampilan konten dan performa situs ataupun channel anda. 

Jangan kaget atau tersinggung jika apa yang anda yakini benar dalam konten anda tiba – tiba di anggap tidak benar. Anda juga akan menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan yang mungkin di luar logika berfikir anda selama ini. Perkembangan teknologi Informasi yang begitu pesat juga akan membuat anda terus belajar agar konten anda tetap comply dengan perkembangan teknologi tersebut. Disinilah diperlukan kedewasaan berfikir, keterbukaan, sikap kritis dan adaptif terhadap perubahan. 



Flexible time and place (rajin update kapan saja dan dimana saja) 

Asyiknya jadi content creator itu anda dapat melakukan update dan optimasi konten kapan saja, dimana saja. Anda tidak terbentur oleh deadline tertentu. Anda bisa siapkan konten seminggu sebelum even yang di tuju atau sebulan sebelumnya. Tentu mungkin kualitas hasilnyanya berbeda sesuai effort yang dicurahkan. Tetapi hey...tidak ada yang melarang just do it, yang penting usahakan update konten secara teratur agar trafik terus meningkat. Anda dapat update dan optimasi konten di rumah setelah pulang bekerja, saat santai di coffee shop di kuta – bali atau sambil exploring seminggu di lombok. Yes you can.

Popularitas (Sponsored blogger trip – became superstar)

Cukup banyak yang berhasil dan terkenal dari hasil blogger maupun youtuber. Contoh artis justin bieber yang meraih popularitas dari video suara emas nya di youtube, balita lucu menggemaskan van van, youtuber edho cell, dll). Banyak juga youtuber dan blogger yang mendapatkan endorse produk – produk berbayar, travel gratis ke lokasi wisata baik di dalam dan luar negeri. Contohnya  salah satu youtuber di Indonesia yang mendapatkan wisata ke luar negeri dengan menggunakan fasilitas first class, tentunya dibarengi dengan review nya melalui channel youtube yang bersangkutan. Banyak juga blogger dan youtuber populer yang kemudian menjadi bintang iklan di televisi misalnya raditya dika.

Aktualisasi diri (Follow your passion – have your say)

Platform blogging dan youtube merupakan media yang dapat digunakan untuk mengaktualisasikan diri anda di internet. Sesungguhnya kesempatan untuk mengekpresikan diri merupakan kekuatan terbesar yang diberikan oleh media internet. (Sekaligus juga kutukan terbesar oleh media internet). Disini ada dapat menulis apa saja yang ingin disampaikan misal menyuarakan pandangan anda (keluh kesah, kritik, teori, review, tutorial, praktek di lapangan, dll), memainkan peran tertentu yang mungkin berbeda atau tidak bisa dilakukan di dunia nyata, dan menyiarkan passion anda (bisa berupa hobby, koleksi, bakat, keyakinan) kepada dunia sesuai keinginan. Baik dan buruk atau benar dan salah adalah “relatif” di dunia maya. Karena pada dasarnya prinsip keterbukaan dan no censorship adalah yang membentuk internet. Tinggal bagaimana kita dalam menyikapinya. Mau bebas berekspresi sesuai aturan hukum dan agama ataupun ingin menchallenge nya (misal : menchallenge norma hukum, tatanan sosial, batasan pengetahuan, pandangan keimanan dan spiritual, dll), sangat bisa. Tentu anda harus memahami setiap aksi akan ada reaksinya (akan ada konsekuensi hukum, etika atau reaksi netizen). Pilihan di tangan anda. 

No barrier to entry (No need any specific professional and educational degree)

Tidak ada kata terlambat untuk memulai, anda dapat mulai menciptakan konten selagi belia ataupun ketika sudah dewasa. Tidak ada batasan kualifikasi atau syarat gelar tertentu untuk menjadi blogger dan atau youtuber. Anda dapat membuat konten di tahap apa saja sebagai seorang individu, pemula, amatir, pengamat, praktisi, peneliti, ataupun professional. Yang penting anda sudah cukup umur untuk mengetahui dan mentaati peraturan, mau terus belajar dan paham tata cara berinteraksi di dunia maya. 

Tambahan Pendapatan (Financial benefit)

Ketika blog dan channel youtube anda maju, bermanfaat, memiliki banyak trafik, atau sudah memenuhi syarat maka anda memperoleh akses ke fitur keuangan (pendapatan). yaitu tambahan penghasilan melalui iklan dari perusahaan periklanan (seperti adsense, taboola, mgid, dll), content placement berbayar, endorsement, iklan affiliasi, iklan mandiri maupun dikembangkan ke online shop. Semua itu dapat memberikan alternatif pendapatan tambahan atau jika cukup besar mampu menjadi sumber utama pendapatan anda. Tidak dapat dipungkiri ini mungkin motivasi utama banyaknya orang yang ingin menjadi blogger dan youtuber saat ini. hal tersebut wajar dan manusiawi.

Kerugian atau kelemahan menjadi blogger dan atau youtuber : 

Ketika disebut kerugian atau kelemahan maka kesannya adalah blogger atau youtuber itu negatif. Sebenarnya tidak demikian, jadi mungkin dapat juga disebut sebagai investasi atau trade off (imbal balik) untuk menjadi blogger dan atau youtuber yang sukses. Yaitu :

Biaya (akses internet, domain, hosting, riset, coffee, cemilan, peralatan teknis)

Dalam prosesnya untuk menghasilkan konten berkualitas anda membutuhkan proses kreatif dan fasilitas yang cukup lengkap. Untuk itu maka tentunya ada pengeluaran atau biaya dalam bentuk peralatan teknis (komputer, software, camera, biaya berlangganan ke konten material provider, dll), konsumsi selama proses kreatif ( mulai dari brainstorming ide, riset, upload, dan manajemen akun blog dan youtube), akomodasi jika konten anda memerlukan riset atau review lokasi tertentu (misal travel blogger atau video blog (vlog) lokasi wisata tertentu) dan juga gaji jika anda memperkerjakan orang untuk menunjang aktivitas blogging dan youtube anda.

Waktu (perlu waktu untuk menghasilkan – play save – white hat SEO)

Umumnya perlu waktu untuk membangun blog dan channel youtube yang populer (bisa mencapai bulanan atau tahunan). Mungkin jika anda individual yang populer, didukung tim kreatif dan pendanaan yang kuat maka waktu tersebut dapat lebih singkat lagi. Namun saran saya, lebih baik anda menyiapkan diri untuk tahan banting mengelola channel anda agar meraih kesuksesan dalam jangka panjang. Saya paham anda mungkin tergoda dengan rekan, kawan, atau saudara anda yang “sukses” meraih banyak dollar dalam waktu singkat, godaan ini dapat menggoyahkan tekad anda di suatu tahapan kehidupan online anda. Saya harap anda lebih memilih untuk bermain aman dengan teknik SEO white hat demi kelanggengan konten online anda. Daripada hasil banyak berlimpah sesaat saja, jangan lupa saat ini untuk memonetisasi akun blog maupun channel youtube sudah makin diperketat persyaratannya, jadi akan semakin sulit untuk membangun channel dan akun blog baru ketika anda sudah di banned (misal di banned dari adsense).  

Tenaga, pikiran dan emosi

Pada dasarnya menghasilkan konten harus sesuai dengan hati nurani dan passion kita. Sehingga konten yang di buat akan lebih terasa dalam feeling dan kualitasnya. Pengunjung atau viewer konten kita dapat merasakan jika konten tersebut di buat serius dengan kesungguhan tenaga, pikiran dan emosi kita. Namun terkadang kita sudah melakukan hal tersebut semampu kita tetapi tetap di buat stress karena view sedikit, pendapatan iklan sedikit, subscriber sedikit dan banyaknya komen atau tanda dislike di konten kita. Yang harus di pahami, kita sebagai content creator pasti akan mengalami semua ini. Sebaik apapun konten kita, akan ada saja yang tidak suka. Itu wajar karena setiap orang memiliki pandangannya masing – masing. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana menyikapi komentar negatif tersebut, tidak patah semangat dan mempelajarinya agar kedepannya dapat membuat konten yang lebih baik.

Penerimaan Keluarga dan Lingkungan (Family and social acceptance)

Saat ini pandangan masyarakat terhadap blogger dan youtuber masih dianggap sebelah mata. Anggapannya kerja kok di rumah terus atau kerja kok ngak tentu waktu dan tempatnya (hunting dan riset materi kemana – mana). Apalagi ketika seseorang memilih menjadi full time content creator (blogger atau youtuber), maka keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar akan mempertanyakan pilihan orang tersebut. Namun kini pelan – pelan kesan negatif tersebut semakin berkurang seiring banyaknya berita tentang content creator yang sukses. 

Demikianlah artikel singkat keuntungan dan kerugian menjadi blogger dan atau youtuber. Jika teman – teman reader bankjim ada yang ingin menambahkan atau menyampaikan pendapatnya terkait artikel di atas, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini. terima kasih.

4 comments:

  1. Bagi sebagian orang, blogger atau youtuber dianggap sebagai sebuah profesi atau pekerjaan yang tidak jelas, bahkan menurut mereka tidak bermanfaat. Tanpa batasan atau aturan waktu di depan laptop atau komputer. Saya pribadi merasakan yang namanya dipandang sebelah mata. Terlebih orang sekitar saya, mereka tahu persis latar belakang pendidikan saya yang hanya sebatas TK (Taman Kanak-kanak). Lontaran sedap berbunyi "sok sibuk" tak jarang terngiang di telinga.

    Tapi semua saya abaikan. Saya tetap optimis, bahwa apa yang saya tulis semoga bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Toh, apa yang saya tebar pada akhirnya berbuah hasil juga. Kiriman setiap bulan yg saya terima dari penayangan iklan GA bukti bahwa kebaikan berbuah kebaikan. Itulah bonusnya.

    BTW, sorry komennya setengah halaman sendiri. Hehe

    ReplyDelete
    Replies

    1. Mantap kisah nya bang, ia Saya juga ngalamin Hal ini Dan banyak blogger lain yg sama...tetap semangat biarkan hasilnya yang menjawab semua itu..

      Delete
    2. alhamdulillah.. semoga kelak blog saya juga menuai hasil yang banyak kak.. :) semangat..

      Delete
    3. Tetap semangat berusaha, sabar dan berjuang jujur... Insya Allah berhasil.. Amin

      Delete

Powered by Blogger.