Youtube Creator Day 2017 Jakarta

By
Hola reader bankjim.com. Sabtu tanggal 11 maret 2017 channel youtube kami “bankjim” mendapat kesempatan mengikuti Youtube Creator Day 2017 Jakarta yang diadakan di rumah maroko –  DKI Jakarta. Alhamdulillah saya bisa datang tepat waktu dan dapat tempat parkir yang tidak jauh dari lokasi. Langsung saja saya daftar ke bagian reception dan tanda tangan confidentiality agreement kemudian saya diberikan name tag dan kupon konsumsi.

 
Memanfaatkan waktu sebelum acara di mulai saya dan youtuber lainnya sempat photo dengan latar belakang backdrop Youtube Space Jakarta. Ternyata di tempat ini sedang diadakan juga Youtube Space Jakarta , tapi jangan disamakan dengan yang di luar negeri yang ada disini hanya sementara (istilah kerennya pop-up youtube space jakarta) jadi hanya diadakan 3 hari dari tanggal 9 – 11 maret 2017. Pada youtube space (pop-up) jakarta ini youtube indonesia menyediakan tempat , fasilitas produksi dan studio yang dapat digunakan oleh youtuber untuk menghasilkan konten berkualitas.

Ok lanjut, acaranya sendiri di mulai sekitar 13.30 WIB. MC nya dari youtube dan para ambassador youtube indonesia seperti giovander louis, kevin anggara dan eno bening, acara dimulai dengan perkenalan dari pihak youtube tentang apa, bagaimana acara youtube creator day dan juga menjelaskan beberapa fitur baru yang akan dihadirkan untuk youtuber kedepannya. Sorry guys, kami tidak diperkenankan untuk mengabadikan presentasi dari pihak youtube ini jadi saya tidak akan membahasnya disini. (mungkin ini sebabnya peserta menandatangani confidentiality agreement – saya ngak sempat baca detailnya, isinya berlembar – lembar dan dalam bahasa inggris).

Selanjutnya ada sesi berbagi pengalaman oleh youtuber senior yang sudah memiliki subscriber di atas 100.000 subscriber. Nama Adminnya saya lupa tapi nama channel nya kalo tidak salah adalah sobat hp, pastinya membahas kiprahnya di youtube dari awal sampai sukses dan membahas tentang nichenya dia di telekomunikasi terutama media seluler dan mobile phone. Disini kita bisa tanya – tanya ke youtuber ini untuk sharing, motivasi dan menimba ilmu dari senior youtuber.

Acara berikutnya adalah group discussion. Disini youtuber dikelompokkan menjadi group – group sesuai niche channelnya seperti group entertaintment, technology, gaming, beauty/cooking, transportation dan sport. Masing – masing group di pandu oleh seorang youtube ambassador. Karena channel saya tentang masakan maka saya masuk ke group beauty / cooking. Wah ternyata di group ini pesertanya wanita semua, hanya saya yang laki – laki, ambassador yang memandu juga wanita, mereka jadi bertanya – tanya...loh kok.. wah jadi perlu kasih penjelasan ini, saya beritahu bahwa channel bankjim ini memang tentang cooking yang mana istri saya yang memasak dan saya yang menjadi cameraman nya. Clear. 

Dalam diskusi ini ambassador memandu kami untuk membahas bagaimana memproduksi konten yang baik, berinteraksi dengan subscriber dan penonton, persiapan materi dan ide konten, pembahasan permasalahan yang dialami youtuber, meningkatkan watch time, dll. Kami juga melakukan brainstroming ide – ide kreatif apa  yang bisa dipakai untuk memperkaya konten dan tetap sesuai dengan niche channel youtube kita. 

Kebetulan peserta group kami ini tidak sebanyak niche group lainnya jadi semua dapat giliran bertanya dan berdiskusi aktif. Group discussion ini berlangsung selama 45 menit, berjalan cukup seru, bermanfaat, memberikan motivasi dan arahan yang baik bagi youtuber.


Acara berikutnya adalah studio visit. Di rumah maroko ini youtube membuat studio rekaman video canggih dengan fasilitas lighting dan perangkat audio visual berstandar rumah produksi yaitu studio 1 dan 2. Pada studio 1 terdapat 2 ruang shooting dengan setting berbeda yaitu ruang yang berupa kursi kayu panjang setengah lingkaran yang di set mungkin untuk konten talkshow atau sejenisnya. Di ruang sebelahnya disetting dengan background layar hijau untuk shooting metode green screen. Di ruang ini kami dapat melihat youtuber yang sedang shooting konten dengan metode ini. Cool.


Kemudian kami lanjut ke studio 2, pada dasarnya di ruangan ini adalah ruang keluarga besar lengkap dengan sofa yang di sulap menjadi tempat shooting. Di sebelahnya juga ada ruang untuk make up, ganti kostum, fasilitas editing, dll. Kemudian kami juga melihat youtuber yang sedang shooting konten outdoor yaitu shooting di sekitar lokasi rumah maroko seperti di atap (roof top) dan area sekitar kolam renang. 

Rumah maroko ini memang asik sebagai lokasi shooting karena arsitekturnya unik khas timur tengah cocok untuk memperkaya konten youtuber indonesia. Tentu ide – ide liar , gokil, out of the box dengan setting timur tengah bisa diterapkan disini. Mantap. Semoga saya suatu hari bisa shooting konten dengan fasilitas canggih dan lokasi ciamik seperti ini.

Karena sifat youtube space kali ini yang tidak permanen dan tempat yang terbatas, maka mereka yang di undang untuk produksi disini adalah youtuber yang sudah memiliki subscriber minimal 100.000 subscriber. Sepertinya saya juga kenal beberapa youtuber yang lagi shooting disini, mereka memang populer dan banyak punya konten video berkualitas.


Selesai studio tour, keseluruhan acara selesai tinggal kini acara makan – makan, kami langsung tukar kupon menyerbu makanan yang ada. Disini youtube menyediakan jajanan pasar seperti sate, bakso, nasi goreng, martabak, aqua botol, tahu gejrot, es doger lengkap bersama gerobak dagangannya. Jadi berasa makan di pinggir jalan. Btw, makanannya lumayan enak. Saat santai sambil makan kami gunakan untuk berkenalan sesama youtuber, ngobrol bareng bersama ambassador dan staff youtube indonesia yang juga makan bareng disini.

Demikian cerita jalan – jalan saya ke youtube creator day 2017 jakarta. Overall cukup berkesan, acaranya menarik, inspiratif dan bisa curhat masalah youtube ke staff youtube indonesia. Acara ini juga memberikan  motivasi kepada saya dan youtuber lainnya melalui kilasan perjalanan sukses senior youtuber dan melihat langsung proses kreatif produksi konten youtuber yang shooting disini. Saya terutama sangat berkesan dengan semangat sesama peserta yang ingin belajar menjadi youtuber yang lebih baik lagi. Semangat terus guys dan stay positif.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.