Resep Cara membuat Kolak Pisang Ubi

By // Tidak ada komentar:
Resep Kolak Pisang Ubi

Marhaban ya ramadhan, alhamdulillah sudah masuk bulan puasa lagi. Terasa indahnya saat berpuasa, limpahan pahala beribadah di bulan yang baik dan tentunya nikmat saat berbuka puasa. Biasanya sebagai pelengkap menu berbuka puasa kami membeli takjil, salah satu takjil favorit kami adalah kolak pisang ubi.

Menu berbuka puasa dengan kolak pisang ubi ini sudah sangat populer seakan sudah menjadi makanan wajib untuk menu pembuka saat berbuka puasa. Rasa dan bahan kolaknya yang manis dan segar mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Sehingga kami cukup memulai berbuka puasa dengan minuman segar dan kolak pisang ubi ini. Kemudian menunaikan shalat maghrib dahulu sebelum melanjutkan berbuka puasa dengan menu makanan lainnya.

Setelah pada bulan ramadhan sebelumnya kami selalu membeli tajil kolak pisang ubi ini dalam bentuk jadi, kali ini kami penasaran untuk mencoba membuatnya sendiri. Untungnya bahan untuk membuat kolak pisang ubi ini sangat sederhana dan sangat mudah di dapat di pasar. Dengan berbekal resep kolak pisang ubi dari mama akhirnya kami berhasil membuatnya. Yes. Rasanya enak juga.

Ok langsung saja, berikut ini resep kolak pisang ubi.

Bahan :
+/-  1 liter air
4 buah pisang tanduk
1 buah ubi merah
kolang kaling secukupnya
1 potong gula merah
2 lembar daun pandan
1 buah santan instan ukuran kecil (65 ml)
Garam secukupnya
bila kurang manis bisa di tambahkan gula putih

Keterangan :
Lebih lengkap lagi jika ditambahan buah nangka sebagai penambah rasa gurih dan wangi pada kuah kolaknya. Namun saat kami mencoba resep ini kami tidak memperoleh buah nangka matang tersebut. Jika memang tersedia dapat di tambahkan.

Cara Membuatnya :
Rebus gula merah bersama dengan air. Setelah air mendidih dan gula merah larut , masukkan ubi yang sudah di potong – potong. Masak hingga agak lunak. Kemudian tambahkan kolang – kaling dan pisang.

Terakhir masukkan santan, aduk – aduk agar santan tidak pecah kemudian tambahkan garam dan gula putih secukupnya. Masak hingga pisang agak lunak.

Kolak pisang ubi siap dinikmati.

Untuk video cara membuat Kolak Pisang Ubi, silahkan lihat disini :


Demikianlah resep Kolak Pisang Ubi sederhana yang lezat dan nikmat. Semoga dapat bermanfaat. Happy cooking.

Kisah Umar Bin Khaththab : Masa Gemilang Peradaban Islam

By // 5 komentar:
Kekhalifahan Umar Bin Khaththab

Nama lengkap umar bin khaththab adalah umar bin khaththab bin nufail bin abdul uzza bin rabbah bin abdullah bin qurth bin razah bin adi bin ka’ab bin lu’ay bin ghalib al quraisy al – adawi. Tidak ada yang tahu secara pasti kapan umar bin khaththab dilahirkan, berdasarkan riwayat umar dilahirkan di makkah 13 tahun setelah kelahiran rasulullah. Riwayat lain menyebutkan ia lahir pada 13 tahun setelah tahun gajah. Ayah umar bin khaththab bernama khaththab dan ibunya bernama hantamah binti hasyim bin mughirah bin hasyim. Kakek umar adalah seorang hakim kaum quraisy bernama nufail bin abdul uzza. Umar adalah orang terpandang walaupun ia bukan orang kaya. 


Sebelum masuk islam

Umar bin khaththab adalah lelaki yang keras, cerdas dan pemberani. Sebelum masa Islam, umar sudah terbiasa menyelesaikan berbagai sengketa yang terjadi di kalangan bangsa arab. Umar telah dikenal sebagai orang yang bijaksana, fasih dalam berbicara, berpendapat baik, kuat dan jelas. Pada masa itu umar bin khaththab adalah salah satu dari sedikit orang arab yang pandai membaca dan menulis. Karena pada masa itu orang arab tidak menganggap membaca dan menulis sebagai sesuatu yang perlu diajarkan. Dengan kepribadian seperti inilah umar bin khaththab kemudian sering menjadi utusan sekaligus wakil suku quraisy kepada suku – suku lainnya.

Umar bin khaththab adalah orang yang sangat memperhatikan kelestarian tradisi orang quraisy. Sebelum masuk islam, umar sangat menentang penyebaran agama islam oleh rasulullah karena Umar bin khaththab khawatir sistim sosial, cara peribadatan, adat istiadat orang quraisy akan berubah. Umar khawatir posisi strategis dan peranan kaum quraisy bagi bangsa arab akan pudar.
Sebelum masuk islam, umar bin khaththab juga dikenal sebagai orang yang menyukai khamr (minuman keras). Saat muhammad saw mendeklarasikan kenabiannya, usia umar bin khaththab adalah 27 tahun. Pada saat itu umar bin khaththab menganggap pengumuman kenabian tersebut sebagai pernyataan perang karena mengusik kepercayaan agama nenek moyang kaum quraisy.

Memeluk islam

Umar masuk islam pada bulan dzulhijah, yaitu tahun ke – 6 dari kenabian muhammad saw. Pada saat itu usia umar bin khaththab 27 tahun. Umar bin khaththab mendapat hidayah untuk masuk islam ketika Umar bin khaththab mendengar lantunan surat thaha yang dibacakan khabbab bin al-arat di depan fathimah bin khaththab dan sa’id bin zaid bin amr yaitu adik kandung dan sepupu nya sendiri (yang telah lebih dulu memeluk agama islam). Umar bin khaththab menyatakan keislamannya dan membaca kalimat syahadat di hadapan nabi muhammad saw. 

Masuknya Umar bin khaththab membuka era baru dakwah islam. Di saat rasulullah dan para sahabat menyiarkan islam secara sembunyi – sembunyi dan tidak berani menunjukkan status keislamannya, Umar bin khaththab adalah orang yang pertama dengan berani berdakwah dan mengumumkan keislamannya secara terbuka. Umar bin khaththab dengan berani membawa sekelompok kaum muslim menuju ke masjidil haram dan beribadah shalat dan thawaf di sisi ka’bah. Kaum muslim pun merasa memiliki izzah (harga diri yang tinggi) sejak Umar bin khaththab masuk islam. Kaum muslim menjadi berani menampakkan identitas dirinya sebagai seorang muslim. Oleh karena itulah rasulullah saw memberikan nama kepadanya itu umar al faruq (artinya pembeda)

Hijrah ke madinah

Ketika umat islam hendak berhijrah ke madinah (saat itu bernama yatsrib), rasulullah saw memerintahkan kepada sahabatnya untuk berangkat secara diam – diam dan berpencar agar tidak diketahui musuh. Namun Umar bin khaththab berbeda, ia justru dengan berani memberitahukan rencana hijrahnya kepada orang – orang di makkah.

Umar bin khaththab pada masa kekhalifahan abu bakar ash-shiddiq

Kebijakan terhadap kelompok suku arab yang enggan membayar zakat

Sepeninggalan nabi muhammad saw, bermunculan kaum muslim yang mulai melakukan permurtadan sedemikian sehingga mereka tidak mau membayar zakat. Dengan alasan mereka hanya ingin membayar zakat kepada nabi muhammads saw. Terhadap suku arab yang murtad ini abu bakar ash-shiddiq sangatlah tegas dan bertekad untuk memerangi orang yang memisahkan antara kewajiban shalat dan membayar zakat. Atas kebijakan ini Umar bin khaththab sempat menyampaikan ketidaksetujuannya dengan tindakan tegas tersebut. Namun pada akhirnya abu bakar dan umar sepakat untuk memerangi kaum pembangkang di semenanjung arab.

Kebijakan tentang pembayaran diyat (denda)

Pada saat abu bakar menerima utusan dari kabilah asad dan ghathafan untuk menawarkan perdamaian, abu bakar mengajukan syarat agar mereka mengembalikan harta rampasan perang kaum muslim yang dirampas oleh mereka dan kaum muslim dapat mengambil harta rampasan perang yang telah di miliki kaum muslim. Kemudian kabilah asad dan ghathafan juga harus membayar diyat pasukan muslim yang gugur. Atas sikap abu bakar, uma sepakat tentang harta rampasan perang namun ia tidak menyetujui keharusan mereka ( kabilah asad dan ghathafan) untuk membayar diyat bagi kaum muslim yang gugur karena menurutnya kaum muslim gugur di jalan Allah swt jadi balasannya tergantung Allah dan bukan pada diyat.

Kebijakan hak atas kelola tanah

Suatu ketika datang umat (uyainah bin hishan dan al-aqra bin habis) datang menemui khalifah abu bakar ash-shiddiq untuk meminta izin agar dapat mengelola sebidang tanah yang tidak terurus di kampung mereka. Atas permintaan ini abu bakar bermusyawarah dengan para sahabat yang saat itu berada di sana. Para sahabat ini menyetujui permintaan izin tersebut sehingga pada akhirnya abu bakar memberikan izin kepada uyainah dan al-aqra untuk mengelola sebidang tanah tersebut.

Abu bakar kemudian menulis surat hak kelola dan meminta umar bin khaththab sebagai saksi (saat itu umar tidak hadir dalam pertemuan tersebut). Saat umar diberitahukan tentang surat hak  kelola ini, umar tidak menyetujuinya dan menolak menjadi saksi. umar bin khaththab kemudian menemui abu bakar ash-shiddiq untuk mempertanyakan keluarnya surat hak kelola tersebut. Menurut umar bin khaththab sebidang tanah tersebut milik seluruh umat islam sehingga hak kelola seharusnya diberikan kepada sekelompok umat islam bukan diberikan khusus kepada kedua orang tersebut.

Kodifikasi Al-Qur’an

Pada masa kekhalifahan abu bakar ash-shiddiq, umar bin khaththab berperan mendorong terwujudnya kodifikasi Al-Qur’an. Latar belakang usulan melakukan kodifikasi al-qur’an ini adalah banyaknya para penghafal al-qur’an yang meninggal pada perang yamamah dan umar bin khaththab khawatir para penghafal al-qur’an lainnya terbunuh pada perang lainnya.

Akhirnya abu bakar menerima usulan umar bin khaththab dan memerintahkan kepada zaid bin tsabit untuk mencari dan mengumpulkan ayat – ayat Al-Qur’an. zaid kemudian mulai meneliti dan mengumpulkan al-qur’an dengan dua cara : yaitu pertama mengumpulkan tulisan ayat al-qur’an yang ditulis dihadapan rasulullah dengan disertai dua orang saksi dan kedua ayat – ayat al-qur’an yang diperoleh melalui hafalan para sahabat yang dihafal dihadapan rasulullah dengan disertai dua orang saksi. Kodifikasi al-qur’an ini dapat diselesaikan zaid bin tsabit dalam waktu satu tahun, yaitu saat berakhirnya perang yamamah. Kemudian mushaf al-qur’an ini diserahkan kepada khalifah abu bakar ash-shiddiq.

Masa kekhalifahan umar bin khaththab

Abu bakar ash-shiddiq memilih umar bin khaththab sebagai penggantinya sebagai khalifah berikutnya (setelah sebelumnya meminta pendapat kaum muslim). Abu bakar menuliskan surat peralihan kekuasaan khalifah dan menugaskan utsman bin affan untuk membacakan surat tersebut pada khalayak umum. Semua khalayak yang mendengarnya menyatakan kesetujuannya dan turut serta membait umar bin khaththab.

Gelar amirul mukminin

Sejak diangkat menggantikan abu bakar ash-shiddiq, umar bin khaththab sering disapa dengan sebutan khalifah-khalifah rasulullah. Namun sebutan tersebut terasa kurang enak untuk diucapkan dan didengar. Hingga kemudian umat muslim menyebutnya dengan sebutan amirul mukminin (pemimpin orang mukmin).

Pemerintahan kekhalifahan umar bin khaththab

Umar sangat menghargai pendapat orang – orang disekitarnya. Saat menjabat sebagai khalifah ia memutuskan suatu perkara dengan meminta pendapat para sahabat kaum muslim. Menurutnya keputusan yang baik diperoleh dengan melakukan musyawarah.

Lembaga peradilan

Kekhalifahan umar bin khaththab dibangun atas prinsip keadilan. Oleh karena itu dibentuklah sistem dan lembaga peradilan di setiap wilayah kekuasaan kekhalifahan. Hal ini dilakukan agar prinsip pemerintahan yang berlandaskan keadilan dapat diterapkan di semua wilayah kekuaaan kaum muslim. Untuk melaksanakan prinsip pemerintahan tersebut maka diangkatlah hakim – hakim pilihan di setiap wilayah kekuasaan kaum muslim.

Prinsip toleransi

Umar bin khaththab memberikan kebebasan bagi penganut agama nasrani dan yahudi untuk beribadah di tempat ibadah masing – masing. Membebaskan mereka untuk memberlakukan hukum – hukum keagamaan atas diri mereka sendiri kecuali jika mereka rela ditetapkan dengan hukum – hukum agama Islam.

Kebebasan berpendapat

umar bin khaththab memberikan kesempatan berpendapat bagi rakyatnya dalam membahas suatu perkara. Bahkan ia menginginkan agar umat muslim dapat mengingatkan dirinya atas segala keburukannya agar dapat diperbaiki.


Sistem perekonomian

Pada masa kekhalifahan umar bin khaththab wilayah kekuasaan kaum muslim berkembang sangat pesat. Wilayah kekuasaan Islam mencakup iran, irak, persia, palestina, negeri syam, mesir hingga afrika selatan. Seiring berkembangnya wilayah kekuasaan Islam, sistem perekonomian islam juga berkembang lebih baik. Pembangunan sistem ekonomi pun dilakukan agar negara memperoleh pendapatan melalui instrumen zakat, jizyah, hasil perang, zakat perdagangan dan kharaj. Kekhalifahan umar bin khaththab juga adalah yang pertama kali melakukan pembukuan administrasi keuangan dalam islam. Di pembukuan ini terdapat catatan tentang pendapatan dan pembelanjaan negara. Dengan demikian jumlah harta yang dimiliki dapat diketahui dengan jelas. Harta ini kemudian dapat digunakan untuk keperluan negara.

Mata uang dirham dan dinar

Pada masa kekhalifahan umar bin khaththab dimulai pencetakan uang dalam islam. Penetapan mata uang ini dilakukan sebagai alat transaksi. umar bin khaththab mencetak dirham seperti ukiran kisra dan dengan bentuk yang sama. Pada salah satu keping dirham tercantumkan kata “alhamdulillah”, pada keping yang lain dicantumkan kata “la’ilaha illallah. Sedangkan gambarnya adalah gambar raja kisra, bukan gambar umar bin khaththab.

Pada masa kekhalifahan umar bin khaththab juga ditetapkan hisbah, Secara terminologi hisbah adalah memerintahkan kebaikan apabila ada yang meninggalkannya dan melarang kemungkaran apabila ada yang melakukannya. Pada masa umar bin khaththab, hisbah merupakan kegiatan untuk pengawasan pasar. yaitu mekanisme kontrol terhadap pelaku pasar agar tidak terjadi kecurangan antara penjual dan pembeli. Pengawasan rutin dilakukan terhadap perilaku dan kegiatan jual – beli di pusat – pusat kegiatan ekonomi (misal pasar) sehingga semua pedagang dapat bersaing sehat dan menjual dengan harga wajar (harga pasar) sedangkan pembeli dapat membeli barang sesuai timbangannya, berkualitas dan berharga wajar. Orang yang berperan sebagai pengawas disebut muhtasib (pengawas).

Baitul maal

Baitul maal merupakan tempat menyimpan semua pendapatan negara. Baitul maal ini juga merupakan sumber pembelanjaan atau pengeluaran negara. Seperti gaji khalifah, tentara, hakim, pegawai dan pembiayaan proyek. Seiring dengan semakin luasnya wilayah kekhalifahan islam. Maka diperlukan pencatatan atas harta hasil perang, jizyah, kharaj dan zakat. 

Zakat

Mengikuti jejak abu bakar ash-shiddiq dan rasulullah saw, umar menerapkan zakat pada rakyat yang telah memeluk islam termasuk yang berasal dari penduduk di wilayah – wilayah kekuasaan islam. Besar zakat 10% dari hasil pertanian yang dialiri dari sungai ataupun air hujan. Jika pengairannya menggunakan alat bantu maka zakatnya 5%. Untuk peternakan dan lainnya besar zakat juga sama seperti ini. Untuk mengumpulkan zakat ini kemudian di bentuk panitia pengumpul zakat disetiap wilayah kekuasaan islam. Pendistribusian zakat dicatat melalui pembukuan khusus di kantor khalifah urusan zakat disetiap cabang wilayah.

Jizyah 

Jizyah adalah pajak atas jiwa yang diwajibkan kepada setiap non muslim yang berada di bawah pemerintahan islam (zhimmi). Waktu pembayaran jizyah adalah pada panen terakhir dalam satu tahun. Yang tidak diwajibkan membayar jizyah adalah orang non muslim yang seharusnya mendapatkan bantuan, orang non muslim yang lemah fisiknya atau menderita penyakit kronis, orang buta dan pendeta yang tidak mampu.

Kharaj

Kharaj adalah pajak atas bumi dan hasil bumi yang dibebankan kepada non muslim yang berada di wilayah – wilayah yang ditaklukan oleh islam. Jumlah kharaj ditentukan berdasarkan luas tanah, luas tanaman dan besarnya hasil panen.

Bea masuk barang (ushr)

Ushr adalah bea masuk yang dikenakan atas barang dagang yang masuk ke dalam wilayah islam. Kebijakan ini pertama kali diterapkan pada masa kekhalifahan umar bin khaththab. Untuk pedagang muslim ushr ditetapkan 2,5%, untuk pedagang non muslim zhimmi (orang non muslim yang tunduk terhadap pemerintahan islam) ushr ditetapkan 5% dan untuk pedagang non muslim harbi (non muslim yang ikut memerangi kaum muslim) ushr ditetapkan 10%. Besaran ushr ditetapkan dengan asumsi harga barang yang akan dijual melebihi 200 dirham. Ushr ini diambil satu kali setiap tahunnya, kemudian dimasukkan ke dalam baitul maal.


Keistimewaan Umar bin khaththab :
  • Orang yang pertama menjadi hakim dalam sejarah islam
  • Orang yang paling pertama memperkenalkan shalat tarawih di masjid pada bulan ramadhan
  • Orang pertama yang mencambuk peminum khamr sebanyak 80 kali
  • Orang yang paling pertama menjadikan peristiwa hijrah sebagai permulaan kalender islam
  • Orang yang pertama memperkenalkan sistim baitul maal.
  • Orang yang paling pertama memperluas bangunan masjidil haram dan masjid nabawi

Wafatnya umar bin khaththab

Umar bin khaththab wafat pada hari rabu 4 dzulhijah tahun 23 hijriah. umar bin khaththab wafat karena di tikan dengan pisau saat menjadi imam shalat di masjid. Orang yang menikamnya adalah abu lu’lu’ah-fairuz. Jenazah umar bin khaththab disemayamkan di samping makan kedua orang sahabatnya yaitu Rasulullah dan abu bakar ash-shiddiq.

Demikianlah kisah khalifah umar bin khaththab, semoga menginspirasi kita akan keteguhan sikap, kecerdasan dan sifat pemberani dalam berjuang di jalan allah swt untuk menjaga kemurnian ajaran islam. Wassalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumber :
The golden story of umar bin khaththab.

Baca juga : Mengenal Nabi Muhammad SAW
                    Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq : Sahabat Rasulullah SAW yang paling mulia

Apa itu Turbulensi dan apa penyebabnya ?

By // 2 komentar:

Turbulensi dapat didefinisikan sebagai perubahan kecepatan yang sering terjadi dalam waktu singkat berskala kecil dan terjadi secara acak. Dengan kata lain, ketika kecepatan aliran udara dan atau arah pergerakannya berubah dengan cepat, maka pada saat itu dapat dikatakan telah terjadi turbulensi udara (Wagtendonk, 2003). ketika pesawat terbang melalui aliran udara yang seperti ini maka pesawat akan mengalami turbulensi.

Turbulensi inilah yang ditakuti oleh penumpang saat mereka melakukan perjalanan udara (pesawat terbang). Ketika penumpang mengalami guncangan saat berada di ruang tertutup (pesawat) tanpa dapat menghindar dan tidak mengetahui apa yang sedang terjadi, pengalaman ini sangatlah menakutkan dan menberi tekanan (stress) mental yang tinggi bagi penumpang. 

Untuk mengetahui bagaimana pesawat melakukan perjalanan di udara ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagaimana pergerakan udara di angkasa tersebut. Perjalanan pesawat udara tentunya terbang melintasi aliran udara. Sebagian besar perjalanan udara biasanya lancar – lancar saja namun terkadang udara yang tenang dapat berubah tidak tenang seperti kapal di lautan. Di mana pesawat dapat naik, turun dan bergoyang selama perjalanan udara berlangsung. 


Udara cenderung bergerak memanjang seperti sungai yang disebut Jet Stream. Jet stream merupakan alur dari arus utama yang mengalir secara horisontal dengan kecepatan tinggi (100 km/jam). Jet stream ini terjadi sebagai fenomena alam yaitu pertemuan udara panas dengan udara dingin. Jet stream berada di sepanjang lapisan atas atmosfir dan dapat mencapai panjang ribuan kilometer dan lebar ratusan kilometer, namun hanya memiliki tebal beberapa kilometer. Arus ini biasanya ditemukan antara enam hingga sepuluh kilometer diatas permukaan laut.

Tergantung arah perjalanan pesawat, pilot biasanya lebih memilih untuk menghindari (into a headwind) atau mengikuti (into a tailwind) jet stream untuk menghemat bahan bakar. Karena dengan mengikuti jet stream (into a tailwind) maka pesawat dapat terbang lebih cepat dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan pesawat (into a headwind). 


Penyebab terjadinya Turbulensi

Berdasarkan penyebabnya ada 4 (empat) penyebab dasar terjadinya turbulensi yaitu Thermal Turbulence, Mechanical Turbulence, Shear Turbulence dan Aerodynamic Turbulence.

Penyebab terjadinya turbulensi

Turbulensi Termal (Thermal Turbulence) atau yang sering sebut juga turbulensi konveksi (Convection Turbulence) terjadi pada ketinggian yang lebih tinggi daripada mechanical turbulensi. Yaitu pada ketinggian sekitar 2.000 sampai 10.000 feet. Thermal turbulensi terjadi ketika suhu udara naik. Yaitu ketika udara yang hangat dari permukaan naik ke udara dan berbenturan dengan udara yang lebih tinggi di atmosfir. Intensitas turbulensi termal tergantung dari besarnya suhu permukaan dan juga ketinggian karena suhu udara menurun seiring bertambahnya ketinggian (disebut Lapse Rate). Suhu udara menurun sekitar 3,5 derajat fahrenheit setiap 1000 feet di atmosfir. Pada prosesnya udara yang lebih hangat dan tidak stabil akan naik dan udara yang dingin dan stabil akan turun. Hal ini karena udara yang lebih hangat memiliki densitas yang lebih rendah dan akan naik ke atas lapisan udara yang lebih dingin (yang memiliki densitas lebih tinggi). Ketika arus udara ini menabrak pesawat terjadilah guncangan atau turbulensi. Turbulensi termal biasa terjadi pada tengah hari ketika suhu udara permukaan telah menghangat sampai suhu maksimum.

Turbulensi Mekanis (Mechanical Turbulence) disebabkan oleh arus udara yang bergerak dekat dengan permukaan yang terganggu oleh struktur fisik seperti pegunungan atau bangunan buatan manusia. Adanya pegunungan atau struktur fisik ini menyebabkan perubahan arah aliran udara menjadi menyebar. Turbulensi mekanikal ini mempengaruhi lapisan atmosfir sampai dengan sekitar 2000 feet diatas permukaan laut. Intensitas turbulensi mekanis ini bervariasi tergantung oleh kecepatan angin dan seberapa besar struktur fisik yang dilewatinya.


Turbulensi Geseran (Shear Turbulence) disebabkan adanya perubahan arah angin yang tiba tiba. Yaitu ketika arah angin berubah mendadak baik secara horisontal maupun vertikal dalam jarak yang dekat. Akibat adanya perbedaan tekanan udara. turbulensi geseran terjadi sepanjang perbatasan antara dua aliran udara yang bergerak berlawanan arah. Seperti ketika pilot masuk ke jet stream untuk memanfaatkan tail wind untuk menghemat bahan bakar.

Yang terakhir adalah Turbulensi Aerodinamika (Aerodynamic Turbulence) atau sering disebut juga Wake Turbulence. turbulensi ini terjadi melalui gerakan pesawat saat terbang di udara. Pesawat yang terbang di belakangnya bisa terkena efek turbulensi ini. Semakin besar ukuran pesawat, semakin besar juga efek aerodynamic turbulence-nya. 

Selain ke empat jenis turbulensi diatas, terdapat pula apa yang umumnya disebut Clear Air Turbulence (CAT). CAT ini biasanya terjadi di area tropopause yaitu ruang udara antara troposphere dan stratosphere pada ketinggian sekitar 23.000 sampai 40.000 feet.

Turbulensi CAT ini dapat terjadi tiba – tiba bahkan di cuaca yang cerah dan dapat terjadi kapan saja sepanjang rute penerbangan. Turbulensi CAT ini tidak dapat dideteksi oleh radar dan tidak ada satupun alat pada kockpit yang dapat memberikan peringatan kepada pilot akan datangnya turbulensi ini.

Turbulensi CAT ini berbahaya karena sifatnya yang mendadak hingga tidak ada cukup waktu bagi kru pesawat untuk memperingatkan penumpang untuk kembali ke kursi mereka dan menggunakan sabuk pengaman. Oleh karena sifatnya yang mendadak itu, CAT sering menyebabkan cedera pada penumpang dan kru pesawat akibat turbulensi.

Namun demikian, dengan adanya pertukaran informasi penerbangan dari pesawat lain yang melalui rute penerbangan yang sama, maka informasi akan adanya CAT atau informasi lainnya dapat yang disalurkan ke pesawat lainnya melalui air traffic control, sehingga pilot kemudian dapat mengantisipasi dan menimbang pilihan terbaik atas rute perjalanan penerbangan.

Selain penyebab turbulensi seperti yang dijelaskan di atas, awan comulus nimbus juga biasanya di hindari oleh para pilot karena dapat menyebabkan turbulensi. Awan comulus nimbus ini mengandung air yang mana pada bagian atas awan ini mengandung butiran es dan didalamnya dapat disertai badai petir. Butiran es ini berbahaya bila masuk ke dalam mesin pesawat karena dapat menyebabkan mesin pesawat mati.


Intensitas Turbulensi

Pada dunia penerbangan intensitas atau kekuatan turbulensi dibagi menjadi beberapa intensitas yaitu light turbulence, moderate turbulence, severe turbulence dan extreme turbulence.

Intensitas turbulensi
Bagi pilot, Light turbulence (Turbulensi tingkat 1) seperti mengemudi di jalan yang bergelombang, kecil dan relatif sangat aman tidak berbahaya. Pada light turbulensi ketinggian pesawat mungkin dapat menyimpang beberapa feet/kaki. Light turbulensi dijabarkan dengan adanya penyimpangan ketinggian sekitar 1 – 2 feet (1 meter) dan dapat membuat baku minuman bergetar.

Moderate turbulence (Turbulensi tingkat 2) biasanya berlangsung sekitar 10 sampai 15 menit, namun terkadang dapat mencapai beberapa jam dengan kejadiannya putus nyambung (on off). Pada turbulensi ini penumpang akan merasa tidak tenang dan dapat menyebabkan minuman tumpah. Pada saat ini biasanya kru pesawat menyarankan penumpang untuk memakai sabuk pengaman (seat belt lamp alert menyala). Pada turbulensi moderate ini ketinggian pesawat dapat menyimpang sekitar 10 sampai 20 feet (3 – 6 meter). Jika turbulensi ini berlanjut maka pilot biasanya akan merubah ketinggian agar turbulensi ini menghilang.


Severe turbulence (Turbulensi tingkat 3) sangatlah tidak nyaman akibat guncangan yang cukup keras tetapi ini tidak berbahaya. Pada saat terjadi Severe turbulence, benda – benda dalam pesawat yang tidak terikat dapat terlempar termasuk manusia (jika tidak memakai sabuk pengaman). Pada turbulensi ini ketinggian pesawat dapat menyimpang sekitar 100 feet (30 meter).

Extreme turbulence (Turbulensi tingkat 4) sangat jarang terjadi dan amat berbahaya karena turbulensi ini sulit dikendalikan sedemikian kerasnya hingga dapat mengangkat penumpang atau barang ke langit – langit dan membantingnya dengan keras kembali ke lantai. Sehingga dapat menyebabkan cedera serius.


Pesawat modern aman tidak perlu khawatir dengan turbulensi

Pesawat modern di rancang untuk memiliki kemampuan mengatasi berbagai tekanan yang lebih besar daripada tekanan yang diperoleh saat terjadi turbulensi. Sehingga pesawat modern tidak mudah rusak atau patah hanya karena mengalami turbulensi. Struktur pesawat modern dapat menahan segala gangguan mulai dari serangan kawanan burung hingga sambaran petir, suhu panas dan dingin yang ekstrim, dan hembusan angin yang sangat kencang.

Jadi ingatlah, ketika pilot dan kru pesawat menyarankan anda untuk memakai sabuk pengaman ketika anda sedang duduk itu, sebenarnya itu adalah untuk memperingatkan agar anda aman ketika tiba – tiba terjadi Clear Air Turbulence (CAT) yang biasanya sering menyebabkan cedera. Remember : Memakai sabuk pengaman setiap saat dapat mencegah cedera yang berhubungan dengan turbulensi. 

Faktanya turbulensi memang penyebab paling umum  dari cedera yang dialami oleh penumpang pesawat. Namun secara statistik jumlah penumpang yang mengalami cedera yang disebabkan oleh turbulensi amatlah sedikit jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah penumpang yang melakukan penerbangan dengan aman setiap harinya. Jadi pada intinya turbulensi menyebabkan ketidaknyamanan namun tidak berbahaya, turbulensi itu adalah bagian dari perjalanan penerbangan jadi tidak perlu ditakuti. Demikianlah informasi tentang turbulensi pada pesawat udara. Ok have a save flight.

Sumber :
http://www.actforlibraries.org/thermal-turbulence/
aviationknowledge.wikidot.com
Wagtendonk, W. (2003). Meteorology for Professional Pilots. Bay of Plenty, New Zealand: Aviation Theory Centre (NZ) Ltd
www.askthepilot.com
dan beberapa sumber lainnya

Tempat Sarapan Pagi di sekitaran Pondok Gede

By // Tidak ada komentar:
Berhubung anak kami sekolah di daerah pondok gede – jakarta timur, jadi pagi pagi kami biasa mengantar anak ke sekolah, rutin pagi hari biasanya siapkan bekal untuk anak, untuk kami sendiri kadang tidak sempat sarapan dan terkadang sarapan diluar, jadi kami suka mencari tempat sarapan di jalur yang dekat rute ke sekolah anak yaitu sepanjang koridor jalan dari tamini square sampai ke arah mal pondok gede. Sebenarnya ada banyak sih tempat makan enak di sepanjang jalan raya pondok gede ini tetapi tidak semuanya buka pagi hari untuk melayani sarapan. Jadi berikut ini saya coba untuk tuliskan beberapa tempat yang biasa jadi tempat kami sarapan sehabis mengantar anak sekolah.

Roti Bakar Eddy
Roti Coklat Keju - Roti Bakar Eddy

1.    Roti bakar eddy

Roti bakar edi ini berada di jalan pondok gede raya no. 56A, lokasinya di seberang rumah sakit haji jakarta. Tepatnya diantara gedung PRSSNI dan gedung pertemuan sejahtera. Kalo di jakarta sudah terkenal roti bakarnya dan ada banyak cabangnya. Jam operasionalnya mulai dari jam 7.00 sampai dengan jam 02.00 pagi saat weekend sedangkan weekdays sampai jam 01.00. tempatnya luas dan nyaman untuk kumpul dengan teman dan keluarga. Ada tempat permainan anak nya juga dibelakang walaupun hanya berupa perosotan (slider) dan ayunan. Tempat parkir mobil dan motor cukup luas. Biasanya disini kami pesan roti bakar borju yaitu roti bakar dengan taburan keju dan coklat harganya Rp 15.000,- dan kwetiau siram seafood Rp 22.000. Rasanya enak cukuplah untuk menu sarapan yang tidak terlalu berat. Harganya juga cukup terjangkau rangenya dari Rp 13.000 sampai Rp 25.000 per menu makanan. selain roti bakar disini juga ada menu lain seperti pisang bakar, tape bakar, kwetiau, mie ayam, bubur dan nasi goreng dan lainnya.

Soto Ayam Jogja

2.    Soto ayam jogja

Soto ayam ini ada di jalan pondok gede tepatnya di parkiran depan ruko di dekat lubang buaya ((Update : Lokasi soto ayam jogja ini sekarang pindah ke samping alfamart tepatnya di seberang jalan masuk ke sekolah TK angkasa 8, sekitar 50 meter dari lokasi awal). yup ini merupakan warung tenda yang jam 7 pagi sudah buka pas untuk sarapan. Sotonya enak banget disajikan panas – panas, rasa kuah sotonya gurih dan segar. Jika soto ayam plus nasi masih kurang nendang, anda bisa minta ditambahkan dengan potongan paha atau sayap ayam yang ukurannya jumbo. Pastinya kenyang dengan tambahan ini. Kalau mau ke sini harus pagi – pagi karena tempat makannya terbatas siap – siap antri dan biasanya jam 9 sudah ludes. Harganya satu porsi soto ayam plus nasi  kira -kira Rp 15.000,-.

Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ayam Pak Min Klaten


3.    Sop ayam pak min klaten

Lokasinya berada di komplek futsal angkatan udara halim di jalan raya pondok gede kalo dari arah taman mini adanya di sebelah kiri setelah komplek monumen pancasila sakti – lubang buaya. Pagi hari jam 7 – 8 biasanya sudah buka pas untuk sarapan dan jangan kaget jika banyak bertemu dengan personil tentara angkatan udara dan juga kadang polisi yang sarapan pagi disini. Biasanya mereka beraktifitas olahraga di sekitar sini atau bermain futsal di sebelah warung sop ayam pak min klaten ini. Tempat makannya nyaman dan luas dengan meja dan kursi yang panjang cocok untuk bersantap ramai – ramai dengan teman atau keluarga. Tempat parkirnya luas cukup menampung puluhan mobil bahkan bus sedang pun bisa parkir disini karena satu komplek dengan area parkir futsal AU halim. Sop ayamnya berupa potongan bagian daging ayam kampung. Saat memesan kita bisa melihat sendiri potongan ayamnya yang sudah matang terpotong – potong dan di susun dalam mangkuk.  Kita kemudian memilih mau sop ayam bagian paha atas, paha bawah, dada dan lain – lain. Setelah di pilih kemudian barulah ayam di sajikan dengan kuah sop yang panas, gurih, sedap dan menggoda selera. Untuk menu tambahan nya di meja makan tersajikan sate telur, sate usus, tahu dan tempe. Harga makanan cukup relatif terjangkau mulai dari Rp 13.000 sampai dengan Rp 20.000,- per porsi tergantung bagian ayam apa yang dipilih. 

Nasi Bebek Ibu Yuyun
Nasi Bebek Bu Yuyun

4.    Nasi bebek bu yuyun

Lokasi nasi bebek bu yuyun ini di jalan raya pondok gede berseberangan dengan komplek futsal halim tempat sop ayam pak min klaten. Pagi hari jam 7.00 sudah buka dan terus buka sampai malam. Buat pencinta makanan agak pedas cocok nih sarapan di nasi bebek bu yuyun. Kuah bebeknya berwarna  hitam pedas, namun tidak terlalu pedas sehingga makan tidak terganggu dan terasa nikmat. Satu porsi makanan ini terdiri dari nasi putih dan bebek goreng dengan garnish irisan timun kemudian disiram dengan saus bebek ala madura pokoknya rasanya maknyus. Untuk nasi plus bebek kisaran harganya Rp 15.000 per porsi. Untuk menu tambahannya ada hati dan ampela bebek goreng. Untuk tempat parkirnya hanya cukup untuk motor, untuk mobil bisa parkir di indomaret yang berada si sebelah ruko nasi bebek bu yuyun ini.



5. Gudeg yogya bu prapto

Lokasi rumah makan gudeg yogya bu prapto ini agak masuk ke dalam (5 meter) dari jalan raya pondok gede sehingga sulit dilihat jelas dari jalan. Namun sebenarnya mudah mencarinya, lokasinya berada persis di sebelah pagar spbu di jalan pondok gede (di seberang lakesgilut TNI AU). Dari arah lubang buaya ke TMII, rumah makan ini berada sebelum spbu tersebut.

Di depan jalan pondok gede, satu mobil bisa parkir selebihnya mobil dapat parkir di spbu, agak ke dalam sekitar 5 motor bisa parkir di depan rumah makan gudeg ini. Rumah makan ini tertata rapi dan bersih. Suasananya juga tidak bising karena lokasinya yang agak ke dalam dari jalan raya sehingga nyaman untuk tempat makan. Di dalam ada 4 meja makan masing – masing dengan 4 kursi jadi 16 orang dapat makan bersamaan.

Rumah makan gudeg yogya bu prapto ini sebagai tempat sarapan pagi di pondok gede karena buka mulai pagi hari sampai sore hari. Saat saya berkunjung ke sini sekitar jam 7 pagi, makanan sudah tersedia dan mereka sudah siap melayani pengunjung. Menu utama disini tentu saja gudeg lengkap beserta kerecek, ayam, telur dan tahu sebagai pelengkapnya. Makanan lainnya adalah tahu isi, tempe mendoan, sayuran dan pepes. Rasa gudegnya enak, manisnya pas dan kereceknya segar. Gudeg ini cocok disantap bersama lauk dan nasi putih sebagai menu sarapan pagi yang bertenaga. Disini tersedia juga makanan atau kue kering seperti rengginang, kerupuk kulit, keripik singkong, wedang uwuh dan lain lain.

Harga makanan disini cukup terjangkau, saya pesan gudeg + kerecek dan telur + minum teh hangat hanya membayar Rp 10.000. jadi jika di tambah dengan sepotong ayam, tempe mendoan atau yang lainnya pun saya kira tidak akan mengeluarkan uang terlalu banyak.

Demikian beberapa tempat sarapan di sekitar jalan raya pondok gede yang biasa kami kunjungi, seiring berkembangnya pengalaman wisata kuliner kami di daerah ini, daftar ini bisa bertambah dan jika ada akan di tuliskan di sini. Ok semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berwisata kuliner

Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq : Sahabat Rasulullah SAW yang paling mulia

By // Tidak ada komentar:
Abu Bakar Ash-Shiddiq : Sahabat Rasulullah SAW yang paling mulia

Silsilah Keluarga

Abu bakar ash-shiddiq dilahirkan di kota makkah setelah tahun gajah. Namun para ulama berselisih  mengenai kapan persisnya kelahiran abu bakar. Ada yang mengatakan abu bakar lahir tiga tahun setelah tahun gajah, ada yang mengatakan bahwa abu bakar lahir dua tahun enam bulan setelah tahun gajah.

Nama asli Abu bakar adalah abdullah bin utsman bin amir bin amr bin ka’ab bin sa’ad bin taim bin murrah bin ka’ab bin lu’ay bin ghalib. Abu bakar dibesarkan dalam asuhan kedua orangtuanya yang memiliki kedudukan terhormat. Hal ini menjadi faktor yang membuat abu bakar tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang disegani.

Abu bakar berasal dari kabilah bani taim. Salah satu kabilah terkemuka di kalangan kaum quraisy. Ayahnya bernama utsman bin amir bin amr, sang ayah ini lebih dikenal dengan nama kuniyahnya (gelar) yaitu abu quhafah. Ibunda abu bakar bernama salma binti shakhr bin amr bin ka’ab bin said bin taim, tetapi sang ibunda lebih dikenal dengan nama kuniyahnya yaitu ummu khair.

Keluarga abu bakar adalah satu satunya keluarga yang menjadi sahabat rasulullah saw dari empat generasi yang berbeda. Mereka adalah abdullah bin zubair, asma binti abi bakar (ibu abdullah bin zubair), abu bakar dan abu quhafah (ayah abu bakar).


Karakter Abu Bakar Ash-Shiddiq

Dimasa jahiliyah, abu bakar termasuk ahli nasab (ahli silsilah keluarga), baik silsilah keluarga suku quraisy maupun suku arab lainnya. Pengetahuan tentang suku arab serta keturunannya terbukti bermanfaat dalam beberapa kesempatan di masa islam, termasuk ketika rasulullah mencari bantuan dan perlindungan dari kepala suku sebelum hijrah ke madinah.

Abu bakar merupakan pedagang sukses yang adil, jujur dan pintar dalam berdagang. Banyak orang lebih memilih bertransaksi dagang dengan abu bakar karena ia dikenal adil dan jujur di segala hal.

Abu bakar adalah orang yang sangat menjaga kehormatan (muru’ah). Abu bakar pantang minum khamar ( minuman keras). Abu bakar mengharamkan khamr atas dirinya. Beliau tidak pernah minum minuman haram tersebut setetespun dalam hidupnya. Pada masa jahiliyah maupun setelah dia menjadi muslim. Baginya, orang yang meminum khamr berarti dia telah melalaikan kehormatan dirinya. 

Sebagaimana rasulullah, abu bakar selama hidupnya juga tidak pernah menyembah berhala. Keutamaaan yang dimiliki abubakar ini merupakan perbedaan yang mencolok di antara para sahabat rasulullah yang lain karena hampir semua sahabat rasulullah pernah menyembah berhala di masa jahiliyah.

Nama dan gelar Abu Bakar Ash-Shiddiq

Ketika abu bakar mengikrarkan dirinya menjadi muslim, rasulullah mengganti namanya menjadi abdullah (hamba allah). Nama ini yang biasa digunakan dalam surat – surat yang ditulisnya semasa menjadi khalifah. “Dari abdullah abu bakar, khalifah rasulullah, kepada semua yang membaca surat dan tulisanku”.

Nama abu bakar (abu bakr) merupakan kuniyah (gelar). Abu berarti “bapak” dan bakr bermakna “awal mula”. Diberi nama demikian karena dia adalah serang laki – laki dewasa yang pertama kali menerima ajaran islam (masuk islam).


Ash-shiddiq

Gelar atau julukan abu bakar yang terkenal adalah ash-shiddiq (orang yang paling membenarkan). Sehingga di populer dengan sebutan abu bakar ash-shiddiq. Rasulullah memberinya gelar tersebut karena abu bakar lah orang yang dengan tegas meyakini tanpa keraguan sedikitpun bahwa rasulullah memang benar – benar telah menjalani isra’ mi’raj. Beliau juga dujuluki ash-shiddiq karena beliau adalah lelaki pertama yang membenarkan dan beriman kepada allah dan nabi muhammad saw sebagai rasulullah. Abu bakar mengikrarkan keislamannya saat ia berusia 38 tahun sementara rasulullah saat itu berusia 40 tahun.

Pada masa – masa awal penyebaran ajaran islam dengan pengikut yang masih sedikit, abu bakar adalah orang pertama yang menyampaikan khutbah dakwah secara terbuka. Akibatnya kaum musyrik yang mendengar seruan abu bakar tersebut langsung marah dan memukuli abu bakar dan kaum muslim yang ada di sana hingga tidak sadarkan diri.

Sosok abu bakar sangat istimewa bagi rasulullah. Karena itu beliau memilihnya sebagai orang paling berhak mendampinginya saat hijrah dari makkah ke madinah (hijrah adalah salah satu fase terpenting dalam perjalan dakwah islam). Dalam perjalanan ini abu bakar menjaga, melayani dan memuliakan rasulullah. Ia mempersilahkan rasulullah untuk beristirahat sementara dirinya menjaganya seolah – olah tidak merasakan letih dan membutuhkan istirahat.

Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Setelah rasulullah wafat, kaum muslim (kaum muhajirin dan kaum anshar) berkumpul dan bermusyawarah untuk menentukan pengganti kepemimpinan rasulullah. Proses pemilihan khalifah hampir saja memicu perpecahan di antara kaum muhajirin dan anshar. Untunglah, berkat kepiawaian abu bakar, potensi perselisihan itu bisa di redam. Ini adalah bukti keutamaan abu bakar di antara para sahabat lainnya.

Dalam peristiwa itu abu bakar tidak langsung menyalahkan pendapat orang anshar yang mengklaim hak kekhalifahan, tetapi juga tidak membenarkan keseluruhan. Abu bakar berusaha menempatkan masalah secara adil. Jiwa kepemimpinan abu bakar terlihat saat mendamaikan pertikaian pendapat antar kelompok tersebut.

Mula – mula abu bakar menyebutkan keutamaan kaum anshar disusul kalimat yang mengingatkan bahwa meski demikian, hal itu tidak berarti bahwa mereka adalah orang yang paling berhak menjadi khalifah setelah nabi muhammad saw. Berdasarkan fakta sosial saat itu (pada saat itu bangsa arab tidak mengakui otoritas kekuasaaan kecuali kepada kaum muslim dari suku quraisy) serta nash hadist rasulullah saw, kekhalifahan adalah hak bagi suku quraisy. Pada akhirnya seluruh utusan muhajirin dan kaum anshar sepakat untuk membait abu bakar (sebagai orang yang hatinya paling mulia diantara mereka) menjadi khalifah.


Kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Paska rasulullah wafat, kaum muslimin menghadapi situasi sulit berupa kemurtadan dan pembangkangan. Ada juga orang muslim yang tidak mau membayar zakat. Maka pada masa kekhalifahan abu bakar, pemberantasan kemurtadan menjadi agenda prioritas pemerintahannya. Abu bakar adalah lelaki yang lemah lembut, namun dalam hal memerangi orang yang murtad, beliau memiliki pendirian yang kokoh. Bahkan lebih tegas dan keras daripada umar bin khaththab yang terkenal akan keras dan tegasnya dalam pembelaan terhadap allah.
Strategi abu bakar untuk menumpas gerakan kaum murtad adalah sebagai berikut :
  • Terus memberikan semangat keislaman dan meneguhkan keimanan kaum muslim dari berbagai kabilah. Meminta kaum muslim bersiap – siaga dan turut serta memerangi kaum murtad.
  • Mengirim utusan kepada setiap kabilah yang murtad untuk mengajak mereka kembali kepada islam. Apabila mereka mau kembali kepada islam, mereka akan dilindungi, namun apabila menolak mereka akan diperangi.
  • Mewajibkan seluruh penduduk madinah untuk menghadiri shalat berjamaah di masjid.
  • Membuat posko – posko penjagaan di sekitar perbatasan madinah untuk melindungi diri dari serangan kabilah – kabilah yang murtad.
Di masa Pemerintahan Abu Bakar Ash-shiddiq lah alquran di kumpulkan

Pertempuran yamamah melawan orang – orang murtad walaupun dimenangkan pasukan muslim, banyak menyebabkan terbunuhnya tokoh utama sahabat, bahkan banyak diantaranya adalah para penghapal al-quran (huffazh). Akibat peristiwa itu umar bin khathtab merasa khawatir akan hilangnya sebagian besar ayat – ayat al quran akibat wafatnya para huffazh (para penghapal alquran) dan kemudian umar mengusulkan untuk melakukan pengumpulan alquran yang masih berada di lembaran – lembaran dan tersebar di berbagai tempat. Akhirnya abu bakar menyetujui usul tersebut dan memerintahkan kepada zaid bin tsabit untuk mengumpulkan alquran tersebut.

Maka zaid bin tsabit mulai menyusun alquran dan mengumpulkannya dari pelepah kurma, tulang - tulang, batu – batu, serta dari penghapal para sahabat.


Sistem pemerintahan

Abu bakar ash-shiddiq membentuk lembaga majelis syura sebagai tempat musyawarah dan meminta pendapat dalam menentukan kebijakan. Para anggota dewan syura adalah dari kalangan para sahabat yang mewakili ulama dan kaum muslim, baik dari kalangan muhajirin maupun anshar. Melalui wakilnya di dewan syura ini, rakyat diberi ruang untuk ikut berpartisipasi dalam menetapkan kebijakan pemerintah.

Sumber hukum pemerintahan

Kekhalifahan Abu bakar ash-shiddiq menerapkan hukum islam yang bersumber dari al-quran dan as-sunnahh. Upaya itu diiringi dengan menggiatkan gerakan menghafal al-quran bagi kaum muslim terutama di kota madinah. Pada saat itu madinah masih dihuni oleh para sahabat rasulullah, sehingga islam benar – benar menjadi landasan kehidupan baik secara teori maupun aplikasi/praktek. Abu bakar ash-shiddiq juga menjaga kemurnian al-quran dengan memfungsikan masjid sebagai lembaga pendidikan al-quran baik untuk menghapal al-quran maupun mempelajari ilmu – ilmu al-quran.
Setiap kali dihadapkan pada permasalahan, abu bakar mencari landasan hukumnya di dalam al-quran. Apabila tidak mendapatkan nya dalam al-quran, dia akan mencarinya di dalam sunnah rasulullah. Apabila permasalahan yang dicari tidak didapati landasan hukumnya dari alquran dan as-sunnah, abu bakar berijtihad setelah meminta pendapat minimal 2 (dua) dari kalangan sahabat.

Lembaga pemerintahan

Untuk menjalankan roda pemerintahan, khalifah abu bakar juga mendirikan beberapa lembaga pemerintahan yaitu :

-    Lembaga keuangan
Untuk mengurus harta dan keuangan negara, abu bakar menunjuk abu ‘ubaidillah bin jarrah sebagai wazir al-maliyah (menteri keuangan). Pada pemerintahan abu bakar, keuangan negara bersumber dari zakat, shadaqah, rampasan perang (ghanimah) dan jizyah (pajak dari orang – orang kafir yang negerinya berada dalam kekuasaan pemerintahan islam). Semua itu dikumpulkan ke lembaga keuangan yang dikenal dengan nama baitul mal.
Harta dari baitul mal itu kemudian digunakan untuk membiayai berbagai keperluan negara termasuk gaji para pejabat pemerintah dan kebutuhan rakyat seperti selimut, bahan pangan dan alat – alat produksi.

-    Lembaga peradilan
Lembaga peradilan ini dibentuk khusus menangani masalah hukum. Abu bakar menunjuk umar bin khaththab sebagai penanggung jawab lembaga ini. Meski demikian khalifah juga diberi wewenang untuk memutuskan perkara pengadilan. Ketika menjalani fungsinya sebagai hakim, abu bakar sering meminta masukan dari para sahabat nya yang ahli dalam bidang hukum. Saksi – saksi juga dihadirkan dan diambil keterangannya sebelum mengambil keputusan hukum.

-    Gubernur
Abu bakar senantiasa menempatkan seorang gubernur pada setiap wilayah yang dikuasai kaum muslim. Tugas gubernur diantaranya menjaga dan menjalankan syiar islam, mengkoordinir urusan keuangan dan pemerintahan dan menegakkan hukum islam di wilayah yang di pimpimnya.
Beliau mengerahkan pasukan untuk menaklukan syam, sebagai mana keinginan rasulullah saw, akhirnya syam pun ditaklukan demikian juga dengan irak berhasil ditaklukan.

Keadilan pilar utama pemerintahan

Pada masa kekahlifahan abu bakar, pendistribusian zakat menggunakan prinsip kesamarataan dengan memberikan jumlah yang sama kepada semua sahabat rasulullah tanpa membeda-bedakan antara sahabat yang terlebih dahulu masuk islam dan yang belakangan, antara budak dan orang merdeka, dan antara pria dan wanita.

Menurut abu bakar, dalam hal keutamaaan beriman, biarkan allah yang memberikan ganjarannya, sedangkan dalam masalah kebutuhan hidup, prinsip kesamaan (keadilan) lebih baik daripada prinsip keutamaan.


Akhir kehidupan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Pada bulan jumadil akhir tahun 13 hijriah abu bakar ash-shiddiq menderita sakit demam akut. Akibatnya selama 15 hari setelahnya, abu bakar tidak mampu pergi ke masjid untuk memimpin shalat berjamaah. Ketika sakitnya semakin parah, abu bakar merasa bahwa ajalnya telah dekat. Untuk itu kemudian dia melakukan musyawarah dengan tokoh muhajirin dan anshar untuk memilih khalifah setelahnya. Kepada mereka abu bakar mengajukan nama umar bin khaththab untuk menjadi penggantinya.

Sebagian besar tokoh muhajirin dan anshar mendukung nominasi yang diajukan abu bakar itu. Sehingga abu bakar menuliskan sebuah dekrit tentang pengangkatan umar bin khaththab sebagai khalifah setelah dirinya. Abu bakar menungaskan utsman bin affan untuk membacakan dekrit tersebut dihadapan banyak orang, sekaligus memba’it (mengangkat dan memberikan janji setia kepada) umar bin khaththab sebelum abu bakar wafat.

Abu bakar wafat pada usia 63 tahun setara dengan usia rasulullah saw.

Sumber : The golden story of Abu Bakar Ash-Shiddiq

Baca juga : Mengenal Nabi Muhammad SAW
                    Kisah Umar bin Khaththab : Masa gemilang peradaban Islam

Resep Cara Membuat Terong balado

By // Tidak ada komentar:
Resep Terong Balado

Hola, kali ini saya ingin menampilkan resep cara membuat terong balado ala padang – sumatera barat. masakan ini biasa di sajikan sebagai menu makanan di rumah makan padang. Di rumah makan padang terong balado biasanya disajikan dalam bentuk utuh yang pada bagian ujungnya di potong hingga ke bagian tengah terong hingga menjadi empat bagian tanpa terputus. Kemudian disajikan dengan topping sambal balado. Disini saya membuat sambal balado yang sudah di potong – potong sehingga lebih mudah di makan. Masakan ini mempunya rasa yang khas dengan kombinasi bumbu pedas yang menggoda selera. Langsung saja, Berikut ini resep cara membuat terong balado :
Bahan :
3 buah Terong Ungu
4 buah Bawang Merah
4 buah Bawang Putih
8 buah Cabai Merah
4 buah Cabai Rawit Merah
½ buah Tomat
Gula dan Garam Secukupnya

Cara membuatnya :
  • Pertama tama potong terong ungu menjadi 4 bagian memanjang kemudian potong ukuran sedang kira – kira sepanjang 10 cm. Setelah di potong terong di rendam dalam air agar ketika di goreng warna kulit terong tidak berubah.
  • Kemudian terong ungu di goreng sebentar hingga terong agak layu. Terong di goreng agar rasa khasnya lebih terasa dan terong menjadi lebih manis.
  • Haluskan (ulek atau blender) bahan bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah dan tomat. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian di tumis hingga matang dan berbau harum.
  • Masukkan potongan terong ungu ke dalam tumisan dan masak hingga bumbu dan terong tercampur merata.
  • Setelah matang terong balado siap dihidangkan.

Ok. Begitulah resep dan cara membuat terong balado ala padang. Bahan – bahannya sederhana mudah di dapat, resepnya mudahkan diterapkan dan rasanya enak lezat bikin nafsu makan meningkat. Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Happy Cooking..

Manfaat Sehat mengkonsumsi buah Kiwi

By // Tidak ada komentar:
Manfaat Sehat Buah Kiwi - Photo by Luc Viatour / www.lucnix.be

Buah kiwi memang bentuk fisiknya kecil namun sebenarnya buah kiwi memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Dari luar buah kiwi berbentuk oval dan kulitnya berwarna kecoklatan dan di dalamnya berwarna hijau cerah dengan kombinasi biji hitam yang menarik. Buah ini terkenal karena rasanya yang segar, kandungan nutrisi yang tinggi dan bentuknya yang unik.

Buah kiwi berasal dari cina dengan nama asal Yang Tao, kemudian buah ini dikembangkan di new zealand dan pada tahun 1960 diberi nama chinese gooseberries. Kemudian di tahun 1962 namanya diubah menjadi buah kiwi (kiwifruit). Nama ini di ambil dari nama burung asli new zealand, the kiwi. Nama ini dipilih karena burung kiwi memiliki bulu berwarna kecoklatan seperti warna unik kulit buah kiwi. Saat ini itali, new zealand, chili, perancis, jepang dan USA adalah negara produsen komersial utama buah kiwi di dunia.
Kandungan Vitamin dan Nutrisi buah Kiwi

Buah kiwi kaya vitamin dan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, kolin, magnesium, potasium dan fosfor. Dua buah kiwi ukuran sedang dapat memenuhi 230% kebutuhan harian akan vitamin C. Kandungan vitamin C buah ini Hampir 2 kali lebih banyak dari kandungan vitamin C buah jeruk. Berdasarkan studi vitamin C dapat memperkuat sistim imunitas, sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, mengatasi stress dan penuaan (aging). Vitamin C juga membantu mempercepat penyembuhan luka dan penyerapan zat besi bagi kesehatan tulang, pembuluh darah dan gigi.

Selain kebaikan vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin E yang langka yaitu vitamin E yang bebas lemak. Kedua vitamin ini ( vitamin C dan E) berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi dari sel –sel yang menyebabkan kanker.

Berdasarkan studi 2 buah kiwi juga mengandung sekitar 30 mg magnesium. Magnesium sangat penting bagi fungsi otot dan syaraf. Magnesium juga meningkatkan energi kita. Kandungan potasium buah kiwi juga 20% lebih banyak dibandingkan dengan pisang. Mengkonsumsi makanan tinggi kandungan potasium berhubungan dengan penurunan resiko kematian dari semua sebab sebanyak 20%. Mineral – mineral ini sangat penting untuk membantu menjaga tekanan darah, dan menurunkan resiko terkena batu ginjal, osteoporosis dan stroke.

Manfaat Sehat buah Kiwi

Menjaga Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung phytochemical lutein. Lutein adalah vitamin karotenoid yang dapat mencegah kebutaan karena usia. Lutein juga melindungi mata dari berbagai radikal bebas yang merusak. Karena tubuh manusia tidak dapat mensintesis lutein yang di butuhkan, maka sangat penting untuk memperoleh banyak makanan yang mengandung lutein seperti kiwi.

Diabetes

Buah kiwi baik bagi mereka yang perlu menjaga kadar gula darahnya karena buah kiwi memiliki indek glikemik yang rendah yaitu antara 38 – 52. Kandungan serat yang besar seperti buah kiwi juga baik untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes agar tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Kulit

kolagen adalah support sistem bagi kesehatan kulit. Kolagen sangat berpengaruh sebagai anti oksidan yang menghaluskan keriput, memperbaharui tekstur kulit dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap,. Untuk memproduksi kolagen, tubuh kita membutuhkan vitamin C sebagai nutrisi esensial yang bekerja mengubah  asam amino dan prolin ke dalam bentuk hidroksiprolin (komponen utama dari kolagen).


Asma 

buah yang kaya vitamin C seperti kiwi memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap gejala – gejala masalah pernafasan seperti asma. Berdasarkan studi, dengan mengkonsumsi buah kiwi, maka akan lebih kecil resiko terkena masalah berhubungan dengan sistem pernafasan seperti sesak nafas dan batuk pada malam hari.

Menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung

Dengan mengkonsumsi beberapa buah kiwi setiap hari dapat secara signifikan menurunkan resiko penggumpalan darah dan mengurangi jumlah lemak (trigliserin) dalam darah sehingga membantu melindungi kesehatan kardiovaskular. Buah kiwi memiliki kandungan serat diet yang baik. Dua buah kiwi mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan sereal yang tersedia di pasaran. Berdasarkan riset, kandungan serat yang cukup dapat menurunkan tingkat kolesterol yang kemudian dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Buah kiwi adalah sumber vitamin, polifenol dan potasium yang baik. Dimana semuanya itu berfungsi secara individu atau bersama – sama untuk melindungi pembuluh darah dan jantung.

Buah kiwi juga kaya kandungan seretonin, yaitu hormon yang membantu fungsi pencernaan dan kesehatan kardiovaskular.

Manfaat lainnya adalah kualitas tidur menjadi lebih baik, berdasarkan studi mengkonsumsi buah kiwi dapat memperbaiki kualitas dan waktu tidur bagi orang dewasa yang mengalami gangguan tidur. Mencegah sembelit, berdasarkan studi buah kiwi memiliki sedikit efek pencahar dan dapat digunakan sebagai suplemen diet khusus bagi individu usia lanjut yang mengalami sembelit (susah buang air besar).

Berikut beberapa cara mengkonsumsi buah kiwi :
  • Belah dua kiwi, makanlah setiap bagian dalam kiwi dengan sendok dan gunakan kulit luarnya sebagai mangkok pembungkus alami.
  • Sebagai bagian dari koktail buah segar bersama kiwi, nanas, mangga dan strowberry
  • Bekukan irisan buah kiwi dan makanlah sebagai snack atau desert di hari yang panas.
  • Potong kiwi seperti dadu dan gunakan sebagai penutup sajian salad yang dapat berisi bayam, walnut, apel dan keju feta.

Resiko dan Perhatian untuk mengkonsumsi buah Kiwi

Tipe pengobatan “beta blocker” yang sering disarankan untuk pengobatan sakit jantung dapat menyebabkan meningkatnya level potasium dalam darah. Sehingga makanan yang memiliki kadar potasium yang tinggi harus dikonsumsi secara hati – hati ketika dalam masa pengobatan metode beta – blocker tersebut.

Mengkonsumsi potasium terlalu banyak juga dapat membahayakan bagi mereka yang fungsi ginjalnya tidak bekerja dengan baik. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan potasium dalam darah maka akan dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Demikianlah informasi mengenai manfaat sehat mengkonsumsi buah kiwi (kiwifruit). Semoga menambah wawasan kita akan beragam bahan makanan dan buah – buah yang baik untuk kesehatan.

Diberdayakan oleh Blogger.