Resep Cara Membuat Terong balado

By
Resep Terong Balado

Hola, kali ini saya ingin menampilkan resep cara membuat terong balado ala padang – sumatera barat. masakan ini biasa di sajikan sebagai menu makanan di rumah makan padang. Di rumah makan padang terong balado biasanya disajikan dalam bentuk utuh yang pada bagian ujungnya di potong hingga ke bagian tengah terong hingga menjadi empat bagian tanpa terputus. Kemudian disajikan dengan topping sambal balado. Disini saya membuat sambal balado yang sudah di potong – potong sehingga lebih mudah di makan. Masakan ini mempunya rasa yang khas dengan kombinasi bumbu pedas yang menggoda selera. Langsung saja, Berikut ini resep cara membuat terong balado :
Bahan :
3 buah Terong Ungu
4 buah Bawang Merah
4 buah Bawang Putih
8 buah Cabai Merah
4 buah Cabai Rawit Merah
½ buah Tomat
Gula dan Garam Secukupnya

Cara membuatnya :
  • Pertama tama potong terong ungu menjadi 4 bagian memanjang kemudian potong ukuran sedang kira – kira sepanjang 10 cm. Setelah di potong terong di rendam dalam air agar ketika di goreng warna kulit terong tidak berubah.
  • Kemudian terong ungu di goreng sebentar hingga terong agak layu. Terong di goreng agar rasa khasnya lebih terasa dan terong menjadi lebih manis.
  • Haluskan (ulek atau blender) bahan bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah dan tomat. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian di tumis hingga matang dan berbau harum.
  • Masukkan potongan terong ungu ke dalam tumisan dan masak hingga bumbu dan terong tercampur merata.
  • Setelah matang terong balado siap dihidangkan.

Ok. Begitulah resep dan cara membuat terong balado ala padang. Bahan – bahannya sederhana mudah di dapat, resepnya mudahkan diterapkan dan rasanya enak lezat bikin nafsu makan meningkat. Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Happy Cooking..

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.