Manfaat Sehat mengkonsumsi buah Kiwi

By
Manfaat Sehat Buah Kiwi - Photo by Luc Viatour / www.lucnix.be

Buah kiwi memang bentuk fisiknya kecil namun sebenarnya buah kiwi memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Dari luar buah kiwi berbentuk oval dan kulitnya berwarna kecoklatan dan di dalamnya berwarna hijau cerah dengan kombinasi biji hitam yang menarik. Buah ini terkenal karena rasanya yang segar, kandungan nutrisi yang tinggi dan bentuknya yang unik.

Buah kiwi berasal dari cina dengan nama asal Yang Tao, kemudian buah ini dikembangkan di new zealand dan pada tahun 1960 diberi nama chinese gooseberries. Kemudian di tahun 1962 namanya diubah menjadi buah kiwi (kiwifruit). Nama ini di ambil dari nama burung asli new zealand, the kiwi. Nama ini dipilih karena burung kiwi memiliki bulu berwarna kecoklatan seperti warna unik kulit buah kiwi. Saat ini itali, new zealand, chili, perancis, jepang dan USA adalah negara produsen komersial utama buah kiwi di dunia.
Kandungan Vitamin dan Nutrisi buah Kiwi

Buah kiwi kaya vitamin dan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, kolin, magnesium, potasium dan fosfor. Dua buah kiwi ukuran sedang dapat memenuhi 230% kebutuhan harian akan vitamin C. Kandungan vitamin C buah ini Hampir 2 kali lebih banyak dari kandungan vitamin C buah jeruk. Berdasarkan studi vitamin C dapat memperkuat sistim imunitas, sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, mengatasi stress dan penuaan (aging). Vitamin C juga membantu mempercepat penyembuhan luka dan penyerapan zat besi bagi kesehatan tulang, pembuluh darah dan gigi.

Selain kebaikan vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin E yang langka yaitu vitamin E yang bebas lemak. Kedua vitamin ini ( vitamin C dan E) berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi dari sel –sel yang menyebabkan kanker.

Berdasarkan studi 2 buah kiwi juga mengandung sekitar 30 mg magnesium. Magnesium sangat penting bagi fungsi otot dan syaraf. Magnesium juga meningkatkan energi kita. Kandungan potasium buah kiwi juga 20% lebih banyak dibandingkan dengan pisang. Mengkonsumsi makanan tinggi kandungan potasium berhubungan dengan penurunan resiko kematian dari semua sebab sebanyak 20%. Mineral – mineral ini sangat penting untuk membantu menjaga tekanan darah, dan menurunkan resiko terkena batu ginjal, osteoporosis dan stroke.

Manfaat Sehat buah Kiwi

Menjaga Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung phytochemical lutein. Lutein adalah vitamin karotenoid yang dapat mencegah kebutaan karena usia. Lutein juga melindungi mata dari berbagai radikal bebas yang merusak. Karena tubuh manusia tidak dapat mensintesis lutein yang di butuhkan, maka sangat penting untuk memperoleh banyak makanan yang mengandung lutein seperti kiwi.

Diabetes

Buah kiwi baik bagi mereka yang perlu menjaga kadar gula darahnya karena buah kiwi memiliki indek glikemik yang rendah yaitu antara 38 – 52. Kandungan serat yang besar seperti buah kiwi juga baik untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes agar tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Kulit

kolagen adalah support sistem bagi kesehatan kulit. Kolagen sangat berpengaruh sebagai anti oksidan yang menghaluskan keriput, memperbaharui tekstur kulit dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap,. Untuk memproduksi kolagen, tubuh kita membutuhkan vitamin C sebagai nutrisi esensial yang bekerja mengubah  asam amino dan prolin ke dalam bentuk hidroksiprolin (komponen utama dari kolagen).


Asma 

buah yang kaya vitamin C seperti kiwi memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap gejala – gejala masalah pernafasan seperti asma. Berdasarkan studi, dengan mengkonsumsi buah kiwi, maka akan lebih kecil resiko terkena masalah berhubungan dengan sistem pernafasan seperti sesak nafas dan batuk pada malam hari.

Menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung

Dengan mengkonsumsi beberapa buah kiwi setiap hari dapat secara signifikan menurunkan resiko penggumpalan darah dan mengurangi jumlah lemak (trigliserin) dalam darah sehingga membantu melindungi kesehatan kardiovaskular. Buah kiwi memiliki kandungan serat diet yang baik. Dua buah kiwi mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan sereal yang tersedia di pasaran. Berdasarkan riset, kandungan serat yang cukup dapat menurunkan tingkat kolesterol yang kemudian dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Buah kiwi adalah sumber vitamin, polifenol dan potasium yang baik. Dimana semuanya itu berfungsi secara individu atau bersama – sama untuk melindungi pembuluh darah dan jantung.

Buah kiwi juga kaya kandungan seretonin, yaitu hormon yang membantu fungsi pencernaan dan kesehatan kardiovaskular.

Manfaat lainnya adalah kualitas tidur menjadi lebih baik, berdasarkan studi mengkonsumsi buah kiwi dapat memperbaiki kualitas dan waktu tidur bagi orang dewasa yang mengalami gangguan tidur. Mencegah sembelit, berdasarkan studi buah kiwi memiliki sedikit efek pencahar dan dapat digunakan sebagai suplemen diet khusus bagi individu usia lanjut yang mengalami sembelit (susah buang air besar).

Berikut beberapa cara mengkonsumsi buah kiwi :
  • Belah dua kiwi, makanlah setiap bagian dalam kiwi dengan sendok dan gunakan kulit luarnya sebagai mangkok pembungkus alami.
  • Sebagai bagian dari koktail buah segar bersama kiwi, nanas, mangga dan strowberry
  • Bekukan irisan buah kiwi dan makanlah sebagai snack atau desert di hari yang panas.
  • Potong kiwi seperti dadu dan gunakan sebagai penutup sajian salad yang dapat berisi bayam, walnut, apel dan keju feta.

Resiko dan Perhatian untuk mengkonsumsi buah Kiwi

Tipe pengobatan “beta blocker” yang sering disarankan untuk pengobatan sakit jantung dapat menyebabkan meningkatnya level potasium dalam darah. Sehingga makanan yang memiliki kadar potasium yang tinggi harus dikonsumsi secara hati – hati ketika dalam masa pengobatan metode beta – blocker tersebut.

Mengkonsumsi potasium terlalu banyak juga dapat membahayakan bagi mereka yang fungsi ginjalnya tidak bekerja dengan baik. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan potasium dalam darah maka akan dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Demikianlah informasi mengenai manfaat sehat mengkonsumsi buah kiwi (kiwifruit). Semoga menambah wawasan kita akan beragam bahan makanan dan buah – buah yang baik untuk kesehatan.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.