Resep Tumis Cumi Asin Cah Cabai

By

 Akhir – akhir ini lagi kangen masakan mama, tepatnya masakan seafood rumahan yaitu tumis cumi asin cah cabai. Saya lebih suka menyebutnya demikian dari pada nama populernya tumis cumi asih cabai hijau karena pada bahannya terdapat cabai hijau dan cabai merah. Kebetulan akhir pekan rencana ke rumah mama jadi harus janjian dulu neh untuk minta resep and live demo masakan tumis cumi asin cah cabai. Ok itu cerita waktu yang lalu sekarang saatnya moment of truth, resep cara membuat tumis cumi asin cah cabai buatan sendiri.
 

Bahan :
250 gram Cumi Asin
4 buah Bawang Merah – di iris tipis
3 buah Bawang Putih – di iris tipis
6 buah Cabai Hijau – di potong serong
8 buah Cabai Merah – di potong serong
4 helai Daun Salam
2 buah Tomat hijau – di potong sesuai selera
Gula pasir secukupnya

Keterangan :
Pada resep ini tidak memakai garam lagi karena cumi sudah cukup asin (biasanya walaupun sudah di cuci dan di rebus, di bagian dalam cumi masih kuat rasa asinnya)
Cara membuatnya :
  • Pertama – tama kita perlu membersihkan cumi asinnya. Hal ini dilakukan agar tekstur cumi menjadi empuk, bersih dan berkurang rasa asinnya. Cuci cumi asin di dalam air, aduk – aduk hingga rasa asin dan kotoran larut dalam air, lalu tiriskan dan buang air cuciannya. Kemudian masukkan cumi asin tersebut ke dalam panci berisi air bersih yang baru lalu rebus hingga mendidih atau hingga tekstur cumi menjadi agak lunak. Jika sudah cukup lunak maka tiriskan. Cumi sudah siap di masak.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau dan daun salam tumis sebentar hingga agak layu.
  • Kemudian masukkan cumi asin masak hingga bahan tercampur merata. Terakhir masukkan tomat hijau dan tambahkan gula pasir secukupnya. Aduk hingga masak.
  • Tumis cumi asin cah cabai siap disajikan

Untuk video cara membuat tumis cumi asin cah cabai silahkan lihat video ini :


Ok. Begitulah resep dan cara membuat tumis cumi asin cah cabai. Bahan – bahannya mudah di dapat, resepnya mudahkan diterapkan dan rasanya enak maknyus bikin nafsu makan menggelora. Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.