Tempat Sarapan Pagi di sekitaran Pondok Gede

By
Berhubung anak kami sekolah di daerah pondok gede – jakarta timur, jadi pagi pagi kami biasa mengantar anak ke sekolah, rutin pagi hari biasanya siapkan bekal untuk anak, untuk kami sendiri kadang tidak sempat sarapan dan terkadang sarapan diluar, jadi kami suka mencari tempat sarapan di jalur yang dekat rute ke sekolah anak yaitu sepanjang koridor jalan dari tamini square sampai ke arah mal pondok gede. Sebenarnya ada banyak sih tempat makan enak di sepanjang jalan raya pondok gede ini tetapi tidak semuanya buka pagi hari untuk melayani sarapan. Jadi berikut ini saya coba untuk tuliskan beberapa tempat yang biasa jadi tempat kami sarapan sehabis mengantar anak sekolah.

Roti Bakar Eddy
Roti Coklat Keju - Roti Bakar Eddy

1.    Roti bakar eddy

Roti bakar edi ini berada di jalan pondok gede raya no. 56A, lokasinya di seberang rumah sakit haji jakarta. Tepatnya diantara gedung PRSSNI dan gedung pertemuan sejahtera. Kalo di jakarta sudah terkenal roti bakarnya dan ada banyak cabangnya. Jam operasionalnya mulai dari jam 7.00 sampai dengan jam 02.00 pagi saat weekend sedangkan weekdays sampai jam 01.00. tempatnya luas dan nyaman untuk kumpul dengan teman dan keluarga. Ada tempat permainan anak nya juga dibelakang walaupun hanya berupa perosotan (slider) dan ayunan. Tempat parkir mobil dan motor cukup luas. Biasanya disini kami pesan roti bakar borju yaitu roti bakar dengan taburan keju dan coklat harganya Rp 15.000,- dan kwetiau siram seafood Rp 22.000. Rasanya enak cukuplah untuk menu sarapan yang tidak terlalu berat. Harganya juga cukup terjangkau rangenya dari Rp 13.000 sampai Rp 25.000 per menu makanan. selain roti bakar disini juga ada menu lain seperti pisang bakar, tape bakar, kwetiau, mie ayam, bubur dan nasi goreng dan lainnya.

Soto Ayam Jogja

2.    Soto ayam jogja

Soto ayam ini ada di jalan pondok gede tepatnya di parkiran depan ruko di dekat lubang buaya ((Update : Lokasi soto ayam jogja ini sekarang pindah ke samping alfamart tepatnya di seberang jalan masuk ke sekolah TK angkasa 8, sekitar 50 meter dari lokasi awal). yup ini merupakan warung tenda yang jam 7 pagi sudah buka pas untuk sarapan. Sotonya enak banget disajikan panas – panas, rasa kuah sotonya gurih dan segar. Jika soto ayam plus nasi masih kurang nendang, anda bisa minta ditambahkan dengan potongan paha atau sayap ayam yang ukurannya jumbo. Pastinya kenyang dengan tambahan ini. Kalau mau ke sini harus pagi – pagi karena tempat makannya terbatas siap – siap antri dan biasanya jam 9 sudah ludes. Harganya satu porsi soto ayam plus nasi  kira -kira Rp 15.000,-.

Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ayam Pak Min Klaten


3.    Sop ayam pak min klaten

Lokasinya berada di komplek futsal angkatan udara halim di jalan raya pondok gede kalo dari arah taman mini adanya di sebelah kiri setelah komplek monumen pancasila sakti – lubang buaya. Pagi hari jam 7 – 8 biasanya sudah buka pas untuk sarapan dan jangan kaget jika banyak bertemu dengan personil tentara angkatan udara dan juga kadang polisi yang sarapan pagi disini. Biasanya mereka beraktifitas olahraga di sekitar sini atau bermain futsal di sebelah warung sop ayam pak min klaten ini. Tempat makannya nyaman dan luas dengan meja dan kursi yang panjang cocok untuk bersantap ramai – ramai dengan teman atau keluarga. Tempat parkirnya luas cukup menampung puluhan mobil bahkan bus sedang pun bisa parkir disini karena satu komplek dengan area parkir futsal AU halim. Sop ayamnya berupa potongan bagian daging ayam kampung. Saat memesan kita bisa melihat sendiri potongan ayamnya yang sudah matang terpotong – potong dan di susun dalam mangkuk.  Kita kemudian memilih mau sop ayam bagian paha atas, paha bawah, dada dan lain – lain. Setelah di pilih kemudian barulah ayam di sajikan dengan kuah sop yang panas, gurih, sedap dan menggoda selera. Untuk menu tambahan nya di meja makan tersajikan sate telur, sate usus, tahu dan tempe. Harga makanan cukup relatif terjangkau mulai dari Rp 13.000 sampai dengan Rp 20.000,- per porsi tergantung bagian ayam apa yang dipilih. 

Nasi Bebek Ibu Yuyun
Nasi Bebek Bu Yuyun

4.    Nasi bebek bu yuyun

Lokasi nasi bebek bu yuyun ini di jalan raya pondok gede berseberangan dengan komplek futsal halim tempat sop ayam pak min klaten. Pagi hari jam 7.00 sudah buka dan terus buka sampai malam. Buat pencinta makanan agak pedas cocok nih sarapan di nasi bebek bu yuyun. Kuah bebeknya berwarna  hitam pedas, namun tidak terlalu pedas sehingga makan tidak terganggu dan terasa nikmat. Satu porsi makanan ini terdiri dari nasi putih dan bebek goreng dengan garnish irisan timun kemudian disiram dengan saus bebek ala madura pokoknya rasanya maknyus. Untuk nasi plus bebek kisaran harganya Rp 15.000 per porsi. Untuk menu tambahannya ada hati dan ampela bebek goreng. Untuk tempat parkirnya hanya cukup untuk motor, untuk mobil bisa parkir di indomaret yang berada si sebelah ruko nasi bebek bu yuyun ini.



5. Gudeg yogya bu prapto

Lokasi rumah makan gudeg yogya bu prapto ini agak masuk ke dalam (5 meter) dari jalan raya pondok gede sehingga sulit dilihat jelas dari jalan. Namun sebenarnya mudah mencarinya, lokasinya berada persis di sebelah pagar spbu di jalan pondok gede (di seberang lakesgilut TNI AU). Dari arah lubang buaya ke TMII, rumah makan ini berada sebelum spbu tersebut.

Di depan jalan pondok gede, satu mobil bisa parkir selebihnya mobil dapat parkir di spbu, agak ke dalam sekitar 5 motor bisa parkir di depan rumah makan gudeg ini. Rumah makan ini tertata rapi dan bersih. Suasananya juga tidak bising karena lokasinya yang agak ke dalam dari jalan raya sehingga nyaman untuk tempat makan. Di dalam ada 4 meja makan masing – masing dengan 4 kursi jadi 16 orang dapat makan bersamaan.

Rumah makan gudeg yogya bu prapto ini sebagai tempat sarapan pagi di pondok gede karena buka mulai pagi hari sampai sore hari. Saat saya berkunjung ke sini sekitar jam 7 pagi, makanan sudah tersedia dan mereka sudah siap melayani pengunjung. Menu utama disini tentu saja gudeg lengkap beserta kerecek, ayam, telur dan tahu sebagai pelengkapnya. Makanan lainnya adalah tahu isi, tempe mendoan, sayuran dan pepes. Rasa gudegnya enak, manisnya pas dan kereceknya segar. Gudeg ini cocok disantap bersama lauk dan nasi putih sebagai menu sarapan pagi yang bertenaga. Disini tersedia juga makanan atau kue kering seperti rengginang, kerupuk kulit, keripik singkong, wedang uwuh dan lain lain.

Harga makanan disini cukup terjangkau, saya pesan gudeg + kerecek dan telur + minum teh hangat hanya membayar Rp 10.000. jadi jika di tambah dengan sepotong ayam, tempe mendoan atau yang lainnya pun saya kira tidak akan mengeluarkan uang terlalu banyak.

Demikian beberapa tempat sarapan di sekitar jalan raya pondok gede yang biasa kami kunjungi, seiring berkembangnya pengalaman wisata kuliner kami di daerah ini, daftar ini bisa bertambah dan jika ada akan di tuliskan di sini. Ok semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berwisata kuliner

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.