Youtube Happy Hour 2016 - Jakarta

By

Suatu kali ada notifikasi yang beda di dashboard channel youtube. Ternyata channel saya (bankjim) mendapat undangan ke youtube happy hour 2016. Suprise dan bangga juga berarti channel saya cukup berkualitas. Ok saya tertarik ikut, kapan lagi bisa bertemu sama youtuber lain dan dapat info dan ilmu langsung dari orang – orang youtube yang selama ini cuma bisa di hubungi lewat email saja. Jadi saya telusuri link pendaftaran yang diberikan dan saya mendaftar youtube happy hour yang diadakan di jakarta. Pilihan lokasi lainnya ada di bandung dan surabaya. btw, syarat pendaftaran nya adalah memiliki channel yang memiliki content original sesuai persyaratan (tos) youtube. Dan memiliki minimal 1.000 sampai 10.000 subscriber. Pada reward sistem youtube, channel dengan jumlah subscriber seperti ini termasuk klasifikasi opal. 

Satu minggu kemudian ada email balasan dari youtube, bahwa saya disetujui untuk ikut youtube happy hour di jakarta. Sip, siap – siap clearkan jadwal untuk acara minggu depan. Eh ternyata oh ternyata..ada yang akan demo di tanggal 4 desember di dekat lokasi acara. Jadi demi keamanan dan kenyamanan semuanya, acara di undur ke tanggal 26 november 2016. 

Mundurnya acara ini ada positifnya karena acara kemudian dilaksanakan di kantor google indonesia (keren bisa main ke kantor google) dan juga pada hari itu diadakan workshop content lab, yaitu acara yang diadakan untuk channel yang memiliki 10.000 subscriber ke atas. kedua acara ini akan di gabung sehingga kami bisa berkenalan dengan beberapa top kreator, kreator senior yang channel nya sudah populer. Jadi selain bisa mendapatkan tips sukses dari youtube, top kreator dan kreator senior mungkin juga bisa diajak untuk berkolaborasi bikin konten. 

26 November 2016 – Youtube Happy hour

Setelah terjebak macet di sekitar senayan akhirnya saya sampai juga ke kantor google. Ternyata acara sudah dimulai (telat 30 menit). Langsung ke bagian pendaftaran, konfirmasi sampai dapat tag guest untuk masuk ke ruangan acara, ternyata sedang sesi presentasi oleh pihak youtube. Disini mereka menjelaskan fasilitas dan feature yang disediakan oleh youtube bagi para kreator konten. Feature terbaru yang mereka jelaskan adalah tentang card dan end screen yang melengkapi feature annotation yang sudah dulu ada. Kelebihan end screen adalah dapat di klik oleh pengguna youtube di saat video muncul di mobile phone (hp) mereka. Hal ini penting karena sebagian besar view youtube sekarang berasal dari perangkat seluler (handphone dan tablet). Hal lain yang di bahas adalah adanya forum komunitas khusus kreator. Disini dijelaskan manfaat menggunakan forum tersebut dan bagi mereka yang aktif di forum komunitas kreator tersebut bisa di kasih reward trip ke USA. Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab. 


Setelahnya ada performer menarik dari channel rekan – rekan youtuber yaitu pertunjukkan sulap ( nama channel nya saya lupa), ada performer dari channel youtube easycapela (maaf kalo salah ketik). Mereka nyanyinya keren, acapela berempat dengan tingkat nada masing – masing yang menyatu harmonis. Di dukung dengan sound system ruangan yang cukup bagus jadi seperti mini konser.  kemudian ada sesi break untuk makan dan berkenalan sesama youtuber selama 30 menit. Sajian makanan, minuman dan buah nya enak – enak, kita bebas ambil makanan yang ada di “kantin mbah google” ini mau bikin kopi sendiri juga bisa karena ada coffe machine. Bahkan isi kulkas (jus, yoghurt, soft drink, sparkling dll) juga habis di santap. Lanjut, ternyata mereka yang hadir berasal dari berbagai genre channel yang berbeda mulai dari gaming, sulap, supranatural, musik, hijaber, channel keluarga dan cooking. Ada juga kid channel yang anaknya sendiri ikut datang ke acara ini. 


Sambil menikmati hidangan dan bersosialisasi sesama youtuber ada juga mereka yang shooting vlog untuk menampilkan acara kunjungan youtube happy hour ini ke channel mereka masing – masing. Gayanya macam – macam ada yang komedi, jadul atau serem dengan pakaian hitam – hitam. Mantap, memang kalau mau jadi vlogger itu harus pede nya maksimal dan berani tampil di depan keramaian. Yang mana kita semua kan baru bertemu sekali disini namun mereka sudah saling interview atau asyik rekam video sendiri –sendiri. Ini surprise untuk saya karena channel saya tentang keluarga jadi saya biasa di balik layar, istri dan anak yang biasa menjadi pemeran utama, untuk jadi vlogger sendiri rasanya belum percaya diri.

After the break ada sesi presentasi channel senior, tapi saya lupa nama dan channelnya kemudian ada quiz dan photo contest posting kehebohan youtube happy hour di media sosial berhadiah kaos youtube. Di akhir acara kita semua kumpul bareng untuk adakan challenge andy’s coming. Cara main challenge ini adalah ketika ada seseorang yang berteriak andy’s coming, maka kami semua yang sedang asyik bersosialisasi masing – masing langsung menjatuhkan diri ke lantai dan mematung dengan mata terbuka dan wajah tersenyum seperti boneka pada film toy story. You know youtuber, gaya mematungnya aneh aneh pastinya. Terus acara diakhiri dengan photo bareng. 

On the way out, kami semua dapat suvenir gelang karet youtube creator saat mengembalikan quest tag. Secara keseluruhan acara ini asyik untuk refreshing dan menambah motivasi semangat terutama saat melihat bagaimana antusiasnya kreator lainnya berkreasi. Jadi saya turut terpacu berjuang untuk sukses juga seperti mereka. Sedikit saran,  lokasi acara youtube happy hour ini sempit untuk acara dengan peserta sebanyak ini (mungkin karena adanya dua acara yang di gabung). Harus dipikirkan lagi bagaimana agar acara berikutnya lebih keren dan tambah nyaman.

4 comments:

  1. wuih... sudah pernah main ke kantor google nih bang, selamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sudah undangan dari YouTube... Insyaallah rezeki dari sini juga dimudahkan...Amin

      Delete
  2. Waduh, rasa ingin besar juga ne. Ntah bisa ikut jejak si bos. Semoga aja Bang yaa

    ReplyDelete
  3. Ia semoga cepat nyusul bisa ikut acara2 youtube juga...maju terus... semangat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.