Babakan Siliwangi – Tempat Wisata Alam di Kota Bandung

By
Awal bulan juli 2018 kami berkunjung ke Taman Kota Babakan Siliwangi (Baksil). Secara umum, taman ini sangat menarik dan populer sebagai salah satu tempat wisata di kota. Pada hari sabtu, minggu dan hari libur taman Babakan Siliwangi ini biasanya ramai oleh pengunjung. Berikut pengalaman saya di taman hutan kota Babakan Siliwangi.

Babakan Siliwangi - Kota Bandung

Alamat Taman Babakan Siliwangi

Taman hutan kota (city forest) Babakan Siliwangi ini berada di komplek kampus ITB tepatnya di jalan siliwangi no. 7 lebak siliwangi, coblong, Kota Bandung – Jawa Barat. Lokasi taman mudah di jangkau kendaraan pribadi dan angkutan umum (trayek cicaheum – ciroyom) melewati taman ini, anda turun di sabuga – jl. Babakan Siliwangi.

Kami sekeluarga tiba di Baksil ini sekitar jam 11 siang. Kesan pertama saya adalah terkejut karena bentuk taman tidak seperti taman pada umumnya. Pertama, saat masuk kawasan taman anda akan langsung melihat tempat parkir nya yang unik karena dibuat dari rangka baja bertingkat di kiri kanannya yang dipisahkan jalur jalan, dimana di bagian bawah dibuat sebagai parkiran kendaraan sedangkan dibagian atas dijadikan sebagai dek tempat duduk (istirahat) para pengunjung.  Kedua, taman ini terlihat lebat alami tanpa modifikasi landscape berlebihan, lebih terasa memasuki kawasan hutan. Ketiga, jalur jalan di taman Babakan Siliwangi ini sebagian besar dilakukan di atas tanah. Yup, pengunjung mengelilingi taman hutan kota baksil ini dengan menggunakan jalur khusus pejalan kaki berupa jembatan rangka besi/baja (disebut juga forest walk atau sky bridge) mengelilingi kawasan Babakan Siliwangi. 

Forest Walk - Babakan Siliwangi - Kota Bandung

Fasilitas di Taman Babakan Siliwangi

Forest walk Babakan Siliwangi resmi dibuka untuk umum setelah taman di renovasi pada 17 januari 2018 oleh walikota bandung saat itu ridwan kamil. Panjang lintasan forest walk adalah 2,3 km. Dengan ketinggian 2 -3 meter di atas permukaan tanah. Traknya berupa dek kayu dengan lebar 1,5 m dan dibatas pagar besi setinggi 1 meter. Babakan Siliwangi merupakan salah satu taman dengan sky brigde yang terpanjang di asia tenggara. Alur jembatan besi/baja ini melingkar naik turun mengikuti kontur tanah di taman Babakan Siliwangi.. Akses masuk dan akhir jalur forest walk ini terdapat di sisi kiri dan kanan area parkiran kendaraan. Jalur jembatan (sky bridge) dibuat sedemikian rupa untuk menampilkan wajah alami hutan kota, jalur terkadang di buat melingkar untuk menghindar pohon besar. Hal ini dilakukan agar pohon – pohon dapat tumbuh besar secara alami.

Untuk menjelajahi secara optimal jalur forest walk ini diperlukan fisik yang prima, jadi persiapkanlah diri anda. Karena jalurnya panjang dan menantang. Kami sekelurga pun tidak dapat menempuh keseluruhan trek forest walk ini. karena di separuh jalan, anak – anak kami tidak kuat untuk melanjutkan perjalanan dan meminta memutar balik. Namun mereka sangat antusias dan bergembira berjalan – jalan menyusuri hijaunya taman ini. mungkin karena suasana ini unik, yang tidak mereka temui di jakarta dan di taman – taman lainnya. 

Di tempat ini juga terdapat spot indah instagrammable untuk anda ber selfie dan wifie ria, bahkan ada juga yang melakukan shooting pre wedding. Memang tempat ini unik cocok sebagai tempat unjuk kreatifitas bagi penggemar photography dan videography. 

Walaupun kami sampai disini siang hari, udara disini tetap sejuk dan tidak panas karena hutan sangat rimbun dengan ketinggian pohon dapat mencapai puluhan meter. Apalagi jika datang kesini di pagi atau sore hari mungkin udaranya lebih segar lagi. Sesaat anda memulai jalur forest walk, anda akan merasakan seperti berada di luar perkotaan. Di sepanjang jalur ini terdapat pohon besar yang rindang, anda juga dapat melihat tupai berlarian dan burung bersautan di antara pepohonan. Tentunya suasana rilek dan nyaman segera menghampiri. Di beberapa tempat sepanjang forest walk juga terdapat menara pantau yang dibuat khusus bagi pengunjung yang ingin melihat taman dari ketinggian. Menakjubkan mengingat karena sebenarnya anda berada di tengah – tengah kota bandung – Jawa Barat.  

Jam Operasional Babakan Siliwangi

Taman hutan kota Babakan Siliwangi buka setiap hari senin hingga minggu selama 24 jam nonstop. Jadi anda bisa datang kapan saja. Tentu sensasi yang dirasakan saat forest walk pada saat siang hari dan pada malam hari pastinya berbeda. Forest walk  malam hari di dukung oleh penerangan lampu led di beberapa titik sepanjang jalur trak tersebut. Cocok bagi anda dan rekan – rekan yang berani dan menyukai tantangan tentunya.

Tiket Masuk Taman Babakan Siliwangi

Taman kota Babakan Siliwangi tidak memungut tiket masuk alias gratis. Dilihat dari harga tiket masuknya yang gratis maka ini merupakan salah satu tempat wisata murah bagi warga kota bandung.

Adapun biaya yang dikeluarkan pengunjung adalah biaya parkir kendaraan Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Kemudian mungkin biaya konsumsi jajanan khas bandung yang tersedia di sini. Untuk jajanan pedagang kaki lima (cilok, cimol, dll) dapat langsung di beli di sekitar parkiran kendaraan. Namun jika anda ingin makan berat dengan dengan meja kursi yang nyaman maka perlu jalan sedikit (+/- 50 meter) ke arah kawasan sarana olah raga sabuga (di ujung jalan) yang menyediakan kios – kios makanan seperti nasi ayam goreng, kupat tahu, lontong kari, lumpia basah, sosis bakar dan minuman dingin).

Babakan Siliwangi - Kota Bandung

Rest Area Pengunjung Taman Babakan Siliwangi

Bagi pengunjung yang ingin beristirahat maka tersedia dua tempat utama yaitu dek pengunjung dan tribun.  Pertama, dek pengunjung yang berada di atas parkiran kendaraan. Disini tersedia deretan meja dan kursi kayu panjang yang bentuknya di desain untuk bersantai. Konsep tempat ini adalah tempat terbuka tanpa atap untuk menikmati indahnya alam. walaupun terbuka namun anda tidak perlu takut kepanasan karena disini sinar matahari terhalangi rimbunnya pepohonan yang menaungi dek tempat istirahat ini dan angin pun berhembus bebas sehingga udara tetap segar. Banyak anak bermain di sepanjang dek ini, sedangkan yang lain ada yang ngobrol, baca buku, mengerjakan tugas ataupun tertidur disini. Mantap. di area ini juga terdapat menara pantau untuk melihat alam sekitar dari ketinggian.

Babakan Siliwangi - Kota Bandung

Kedua adalah berupa tribun. Tribun ini berbentuk persegi empat yang di tengah – tengahnya terdapat pohon besar yang rindang. Disekeliling pohon besar tersebut terdapat kolam ikan. Tribun ini berada di depan taman Babakan Siliwangi dekat akses keluar masuk taman. Tribun ini cocok bagi pengunjung yang datang bersama keluarga atau kelompok mahasiswa yang berkumpul untuk berdiskusi atau menyelesaikan tugas – tugasnya. Disini juga tersedia meja kursi panjang untuk pengunjung di bagian atas tribun. 

Berikut ini video suasana di Taman Babakan Siliwangi – Bandung :


Kesimpulannya, taman hutan kota (city forest) Babakan Siliwangi cocok menjadi lokasi wisata di Kota Bandung yang wajib dikunjungi. Point utamanya adalah tamannya yang unik, terjangkau, nyaman dan sehat. Bankjim.com merekomendasikannya sebagai tempat tujuan wisata pilihan di kota bandung. Ok until next time, happy exploring.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.