Teras Cikapundung – Wisata Kekinian di Bantaran Sungai Cikapundung

By
Satu lagi alternatif tempat wisata murah di kota bandung. Teras Cikapundung (TeCi). Sesuai namanya, lokasi tempat wisata ini berada di bantaran sungai cikapundung. Tepatnya di Jl. Siliwangi, cipaganti, coblong, hegarmanah, cidadap, Kota Bandung – Jawa Barat.

Teras cikapundung dibuka untuk umum di bulan desember 2015 dan diresmikan oleh menteri PU bersama pemerintah kota bandung di pertengahan tahun 2016. Sebelum di tata ulang oleh pemerintah kota bandung, lokasi ini merupakan kawasan kumuh dan dianggap angker oleh warga kota bandung. Kini kawasan tersebut menjadi indah dan menjadi tujuan wisata kekinian yang terjangkau bagi warga kota bandung dan sekitarnya.

Harga tiket masuk Teras Cikapundung

Untuk memasuki kawasan ini masyarakat tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Adapun biaya yang dikeluarkan pengunjung adalah biaya parkir kendaraan yaitu parkir mobil Rp 5.000 dan parkir motor Rp 3.000. Namun tempat parkir di teras cikapundung ini sangat terbatas sehingga seringkali pada sabtu, minggu dan hari libur ruang parkir penuh hingga warga parkir kendaraan di pinggir jalan raya. Sebagai alternatifnya, anda dapat memarkirkan kendaraan di taman babakan siliwangi (baksil) yang lokasinya tidak jauh dari teras cikapundung.

Dilihat dari konsep desainnya, teras cikapundung dibuat sebagai kawasan interaksi sosial dan wisata edukasi warga bandung dan sekitarnya. Desainnya terbuka dengan menyediakan ruang bagi masyarakat umum maupun seniman untuk mengadakan acara atau kegiatan bersama. Seperti acara kesenian, nonton bareng (nobar) dan ruang berekpresi.

Teras Cikapundung

Teras Cikapundung - Kota Bandung

Fasilitas yang tersedia di teras cikapundung 

1. Air Mancur

Air mancur ini dinyalakan pada waktu – waktu tertentu yaitu mulai jam 17.00 sampai 20.00 WIB dengan interval 1 jam. Air mancur ini menjadi magnet bagi pengunjung teras cikapundung, terutama pada malam hari. Permainan air mancur yang dinamis dari lubang di lokasi taman dipadu dengan sorotan lampu warna – warni yang indah sangat memukau dan menjadi spot photo populer di malam hari.

2. Amphitheather

Amphitheather merupakan fasilits utama di teras cikapundung. Tempat ini digunakan untuk acara seperti pertunjukkan musik, nonton bareng (nobar), eksebisi, pameran seni budaya. Disekitaran lokasi amphitheather dibangun tempat duduk berundak atau terasering yang digunakan oleh pengunjung sebagai tempat beristirahat atau menonton acara yang disajikan di amphitheather.

3. Jembatan Merah

Jembatan ini sangat menonjol (ikonik) warna merahnya, spot yang instagrammable cocok untuk lokasi selfie dan wefie pengunjung. badan jembatan dibuat dominan berwarna merah menyala yang membentang menghubungi dua sisi bantaran sungai cikapundung.

4. Kolam Terapi Ikan

Di kolam ini terdapat ikan khas sungai cikapundung seperti ikan badar, kehkel, hingga beunteur. Di sini juga terdapat ikan nilem yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melakukan terapi ikan. Hal ini karena ikan nilem memiliki sifat yang mirip dengan ikan garrarufa yang suka memakan sel – sel mati pada tubuh, yaitu ketika kita memasukkan telapak kaki ke dalam air, ikan akan mendekat dan memakan sel – sel mati pada telapak kaki kita. Sensasinya adalah ras geli dan sedikit rasa sakit. Dianjurkan untuk tidak terlalu lama memasukkan kaki di sini agar kaki tidak sakit. 

Biaya terapi ikan adalah Rp 10.000 per orang.

5. Wisata Perahu Karet

Anda dapat menyusuri sungai cikapudung di sekitar teras cikapundung menggunakan perahu karet (rafting) yang tersedia tepat di bawah jembatan merah. Biayanya rp 10.000 per orang dewasa sedangkan anak -anak Rp 5.000 per orang. Wisata perahu karet ini beroperasi mulai jam 08.00 sampi 16.00 WIB.

6. Gazebo

Gazebo ini dapat digunakan pengunjung untuk tempat piknik dan tempat beristirahat

Fasilitas lainnya adalah tempat permainan anak seperti mini train dengan biaya Rp 10.000 per anak, tempat bermain pancing ikan magnet maupun menangkap anak ikan Rp 10.000 per anak. Terdapat juga toilet dan mushola.

Jam buka  Teras cikapundung

Teras cikapundung buka setiap hari senin sampai kamis dari jam 07.00 sampai 22.00 WIB. Hari jum’at tutup. Pada hari sabtu dan minggu buka mulai jam 06.00 sampai 22.00 WIB.

Berikut ini video suasana di Teras Cikapundung – Kota Bandung :


Kedepannya kawasan teras cikapundung akan terus dikembangkan dengan fasilitas tambahan berupa hutan kota dan area persawahan. Ada juga rencana untuk menghubungkan teras cikapundung dengan taman babakan siliwangi. 

Ok maju terus kota bandung. Tetap kreatif dan semangat berbenah memberikan fasilitas terbaik bagi warganya. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.