Olah raga dan Wisata Kuliner di Komplek Batu Nunggal Indah - Bandung

By
Warga kota bandung pasti sudah mengenal kawasan kompleks Batu Nunggal Indah. Bagi yang belum tahu, akses utama ke komplek ini berada di samping gedung bank mandiri Jl. Soekarno – hatta, buah batu - Bandung. Pada akhir pekan dan hari libur banyak warga yang berolahraga di sini. Sebenarnya apa yang menarik sehingga banyak warga bandung datang  ke komplek ini ? yang menarik adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sangat luas di tengah komplek. Kira – kira seukuran 5 kali lapangan sepakbola. Besar sekali kan. 


Di RTH di komplek batu nunggal ini udaranya relatif segar, hijau dengan pepohonan tertata rapi di sisi jalan. Didalam nya terdapat  sekitar 5 buah lapangan sepakbola lengkap dengan tiang gawang seukuran hampir sesuai aslinya. Oleh karena itu banyak warga sekitar yang memanfaatkan lapangan ini untuk bermain sepak bola, baik secara berkelompok atau sebagai anggota klub sepak bola yang berlatih rutin disini. Banyaknya warga yang membawa teman dan keluarga mereka menonton pertandingan atau mengantar anaknya berlatih sepakbola menambah ramai  suasana di sini pada pagi dan sore hari. Bagi anda yang ingin berenang, di kawasan ini terdapat juga kolam renang yang cukup besar.

Disekeliling lapangan terdapat ruko – ruko dengan akses jalan raya yang cukup baik. pengunjung biasanya memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan ataupun di pelataran parkir ruko. Jalan ini juga dimanfaatkan warga untuk melakukan olahraga jalan santai (jogging), lari ataupun bersepeda. Dengan lapangan sedemikian luas, olahraga keliling 2 – 3 kali putaran pun cukup membuat anda berkeringat, lelah dan lapar. Namun jangan khawatir sesudah olahraga anda dapat beristirahat sambil berwisata kuliner yang banyak tersedia di komplek ini. Mulai dari yang pedagang makanan yang berjualan dengan gerobak kaki lima, moko (mobil toko) hingga kios makanan atau restauran di ruko – ruko sekeliling komplek batu nunggal indah. 

Beberapa kuliner disini cukup populer dan menjadikan kawasan batu nunggal salah satu tempat tujuan wisata kuliner bagi warga kota bandung dan sekitarnya. Berikut ini beberapa kuliner yang populer di komplek batu nunggal indah, yaitu :


1. Bubur Ayam Yuyu Batu Nunggal

Bubur ayam yuyu ini berada di Jl. Batununggal Indah Raya I No. 56. Bubur ini merupakan favorit keluarga kami sejak lama mulai dari mereka masih berjualan kaki lima dengan gerobak hingga sekarang berkembang menempati sebuah ruko yang cukup besar. Saat di bandung kami biasa menyempatkan makan bubur di sini. Rasanya itu gurih, nikmat ngangenin sekali. Satu porsi bubur yuyu dengan isian komplit dijamin enak dan mengenyangkan. 


Video Bubur Ayam Yuyu - Batu Nunggal :


Bubur ayam komplit berisikan daging ayam, ati, ampela, telur muda atau telur pindang, kulit ayam dan cakue. Sedangkan untuk topping tambahan seperti seledri, kecap, sambal, kacang kedelai, kucay tersedia di meja. Silahkan di ambil sendiri sesuai selera. 

Harga bubur yuyu (per juni 2018) untuk bubur ayam komplit Rp 20.000 sedangkan untuk bubur ayam setengah (½) komplit Rp 18.000. Sedangkan bubur ayam biasa (bubur dengan daging ayam dan cakue) harganya Rp 13.000. harga bubur disini bervariasi sesuai dengan apa isian buburnya. Untuk jelasnya silahkan lihat daftar harga bubur yuyu terlampir. Menurut saya bandrol harga sudah sesuai dengan rasanya yang enak ya, mantap.


Bubur yuyu ini buka pagi mulai jam 06.00 sampai siang hari dan buka kembali sore jam 16.00 WIB sampai bubur habis. Namun sebaiknya anda tidak datang terlalu siang terkadang di atas jam 10 pagi bubur ini sudah habis terjual.


2. Kupat Tahu Uka – Uka

Kupat tahu uka – uka berlokasi di Jl. Batu nunggal Indah IV No. 33. Nama Uka – Uka sendiri merupakan singkatan dari Usaha Karunia Allah. Usaha ini juga sudah berkembang dari berjualan kaki lima hingga menempati ruko yang sekarang. Kupat Tahu Uka – Uka buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai sore hari.

Sesuai namanya, Menu makanan disini adalah kupat tahu, kupat tahu petis dan lontong kari sapi. Kupat tahu yang disajikan khas singaparna yang terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, tauge, dan di siram bumbu kacang + kecap dan bawang goreng. Sedangkan kupat tahu petis bergaya tasikmalaya dengan tambahan bumbu bawang putih, kencur dan petis udang yang khas. 

Rasa kupat tahu disini ringan, manis dan gurih. Kami biasanya memesan kupat tahu dan kupat tahu petis. Harga kupat tahu Rp 13.000 per porsi, kupat tahu petis Rp 15.000 per porsi sedangkan lontong kari sapi Rp 17.000 per porsi.

3. Sate Ayam dan Sate Sapi

Sate ayam yang kami maksud disini adalah sate yang di jual oleh pedagang kaki lima. Biasa hanya berjualan pada hari libur di depan ruko bubur ayam yuyu. Menu yang tersedia adalah sate daging ayam dan sate daging sapi yang disajikan dengan potongan lontong. Kemasannya sederhana yaitu kertas minyak coklat dan daun pisang. Atau jika anda makannya di dalam ruko bubur ayam yuyu maka akan disajikan dengan piring plastik. Rasa satenya empuk, manis dan lezat. Harga sate ayam adalah Rp 30.000 per porsi. Sate ini  cocok sebagai alternatif bagi keluarga anda yang ingin makan berat selain bubur dan kupat tahu.

Selain makanan di atas sebenarnya banyak makanan lain yang enak – enak di batu nunggal seperti lumpia basah, baso tahu, bandros, takoyaki, pisang keju, kue cubit, nasi kuning, batagor, dll. Namun pedagang kaki lima ini lebih banyak berjualan pada hari libur sedangkan pada hari lain hanya bubur yuyu, kupat tahu Uka – Uka dan pedagang makanan di ruko – ruko saja yang buka setiap hari. Bagi yang suka kopi disini juga ada kedai kopi kulo yang rasanya ok juga. 

Untuk hiburan bagi anda dan keluarga, pada akhir pekan dan hari libur terdapat delman yang dapat mengantar berkeliling lapangan sepakbola dengan biaya Rp 25.000 sekali putaran. Di dekat lapangan juga terdapat masjid untuk anda yang ingin beribadah. Agak ke dalam komplek terdapat pasar modern yang rapi dan resik. Secara umum kawasan ini nyaman bagi penghuninya dan ngangenin bagi pengunjungnya. 

Ok, demikian reader bankjim, pengalaman kami olahraga dan wisata kuliner di komplek batu nunggal indah. Sampai jumpa di artikel lainnya. Happy exploring.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.