Cara Mengetahui Kapan ban mobil diproduksi

By
Saat membeli ban mobil, anda harus teliti agar mendapatkan ban berkualitas terbaik sesuai spesifikasi kendaraan anda. Pastikan fisik ban mulus, tebal dan tidak bergelombang. Untuk mendapatkan ban berkualitas terbaik, pastikan bahwa ban yang dijual adalah ban produksi terbaru. Untuk itu anda sebagai konsumen perlu mengetahui kapan ban tersebut di produksi. Caranya dengan memahami informasi (kode kombinasi angka dan huruf) yang tertulis pada dinding ban (sidewall). Pada artikel ini kami membatasi pembahasan kode pada dinding ban yang memberikan informasi tentang kapan ban tersebut di produksi.

Kode kapan ban di produksi

Cara Mengetahui Kapan ban mobil diproduksi

Untuk mengetahui kapan ban anda dibuat (diproduksi), carilah tulisan kode di dinding ban (sidewall) dengan marking peneng berbentuk oval di sekelilingnya. (lihat photo kode produksi ban terlampir).

Kode ini biasanya berada setelah tulisan “DOT”. Setiap merek ban memiliki jumlah kode yang bervariasi dari 5 hingga 9 digit kombinasi kode. Pada contoh di ban mobil merek Dunlop, kode ini terdiri dari kombinasi 8 (delapan) huruf dan angka. Contoh tertulis kode : EM9R1418

2 (dua) digit kode pertama (EM) menunjukkan nama produsen dan pabrik ban. Kode ke 3 dan 4 (9R) merupakan kode optional yang dapat digunakan oleh pabrikan ban untuk kepentingan identifikasi produknya.

Sedangkan 4 (empat) digit angka terakhir dari kode tersebut merupakan standar internasional yang menunjukkan kapan ban diproduksi. Umumnya semua ban yang diproduksi setelah tahun 2000 telah menerapkan standar penulisan tahun produksi ban seperti ini.

Pada contoh ban dunlop diatas (Contoh tertulis kode : EM9R1418) maka yang diperhatikan adalah empat angka terakhir yaitu 1418. Kedua angka pertama (14) menunjukkan pada minggu ke berapa ban tersebut di produksi. Pada contoh ini ban diproduksi di minggu ke 14. Sedangkan dua angka terakhir (18) menunjukkan tahun berapa ban di produksi. Pada contoh ini angka 18 menunjukkan ban diproduksi pada tahun 2018. Sehingga anda mendapatkan informasi bahwa ban anda diproduksi pada minggu ke 14 pada tahun 2018. 

Dari informasi ini anda mengetahui bahwa ban tersebut masih relatif baru. Diproduksi kurang dari 1 tahun dari waktu pembelian atau pemasangan ban pada kendaraan (misal ban di beli agustus 2018). Di ikuti pemeriksaan fisik ban yang juga baik maka ban tersebut layak untuk di pasang pada kendaraan anda. 

Namun sebaliknya jika ban “baru” yang diberikan adalah ban yang sudah berumur tua (misal sudah 5 tahun dari waktu ban diproduksi) dan fisik kompon ban getas tidak elastis maka anda berhak menolak dan minta agar ban diganti dengan ban yang benar – benar baru. Usia ban maksimal 1 – 2 tahun dari waktu ban di produksi.

Kenapa anda perlu mengetahui kode produksi ban ?

Kode produksi ini perlu di pahami untuk mengetahui “usia” sebenarnya dari ban tersebut. Dengan memahami kode produksi ini anda dapat mengetahui sudah berapa lama ban tersebut tersimpan.

Kondisi fisik ban yang terlihat baru, mulus dan tebal tidak menjamin bahwa ban tersebut adalah ban yang baru di produksi. Bisa saja ban sudah tersimpan lama di gudang dan baru terjual ke konsumen 3 – 4 tahun kemudian. Hal ini wajar karena ban tidak langsung terjual setiap hari. Pabrikan ban pun biasanya memberikan jaminan bannya dapat digunakan dengan aman hingga 5 tahun sejak ban di produksi. 

Namun ketika anda membeli produk ban yang ternyata sudah “tersimpan” selama 4 tahun, maka secara teori anda sudah rugi karena masa pakai ban yang dijamin aman oleh garansi produsen ban hanya 1 tahun lagi (hanya 1 tahun kedepan). Belum lagi kita tidak mengetahui apakah selama 4 tahun tersebut ban tersimpan di gudang yang aman dan berstandar penyimpanan ban yang baik. Yaitu apakah ban tersimpan di gudang dengan suhu yang tepat, cahaya yang aman dan tidak terkontaminasi zat kimia. 

Memang secara umum ban dapat digunakan sampai 6 hingga 10 tahun sejak di produksi. Dengan pemakaian normal ban dapat digunakan sampai 5 – 6 tahun. Setelah itu ban tetap dapat digunakan namun resiko kecelakaan akibat penggunaan material ban yang sudah lama (teroksidasi) semakin meningkat.

Sebagai panduan, belilah ban baru  yang tanggal produksinya dekat dengan waktu anda membeli ban. Yaitu ban yang diproduksi pada tahun yang sama dengan tahun ban dibeli dan dipasang di kendaraan anda atau maksimal diproduksi 1 tahun sebelumnya. Misal anda membeli ban baru pada bulan september 2018, maka pastikan ban yang anda beli diproduksi pada tahun 2018 atau paling lama ban diproduksi pada tahun 2017. 

Mengapa anda harus menghindari membeli ban yang sudah tersimpan lama ? 

Secara umum ban memang tidak memiliki masa kadaluarsa namun yang ada adalah seberapa besar ban tersebut mengalami deformasi atau mengalami perubahan struktur kimia. Seiring waktu ban akan mengalami proses oksidasi dari paparan suhu panas dan cahaya sinar ultraviolet. Ban yang berbahan dasar karet jika teroksidasi lama – kelamaan akan menjadi getas dan kehilangan kelenturannya. Oksidasi ini tetap terjadi meskipun secara fisik tapak ban nya masih tebal atau jarang digunakan. Semakin lama ban tersimpan semakin keras kompon ban akibat oksidasi. Kompon yang keras mengakibatkan ban tidak dapat mencengkeram dan meredam tekanan dengan optimal. Sehingga ban tidak nyaman digunakan dan meningkatkan resiko keselamatan berkendara. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.