Etika menggunakan Busway (Trans Jakarta)

By
Saat ini busway sudah menjadi moda transportasi favorit dan semakin banyak yang menggunakannya. Dengan semakin berkembangnya busway, kualitas fasilitas dan layanan nya juga perlu dijaga oleh para pihak seperti manajemen dan penumpang busway. Dari sisi penumpang sangat penting untuk memahami etika dalam menggunakan fasilitas dan layanan busway (Trans Jakarta, Trans Royal, Trans Jabodetabek dan sejenisnya). Hal ini untuk keamanan dan kenyamanan bersama. 

Etika menggunakan busway

Beberapa etika tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Antrilah saat anda akan masuk halte atau terminal busway. Pastikan saldo elektronik anda cukup sebelum memasuki antrian masuk gate agar tidak menghambat antrian. Harap bersabar untuk melewati gate masuk. Waktu tap-in atau tap-out uang elektronik pada terminalnya hanya beberapa detik saja dan busway pun sudah memiliki jadwal keberangkatan tertentu, jadi rencanakanlah perjalanan anda dan harap menghormati antrian. 
  2. Setelah di dalam halte atau terminal, silahkan menunggu (antri) busway di pintu – pintu (yang disediakan misal pintu A, B, C atau D) sesuai jalur busway yang di tuju. Biasanya pada bagian atas (langit – langit) pintu halte busway tertulis kode nomor busway nya masing – masing, antrilah di sana.
  3. Harap antri dengan rapi dan masuk ke busway dengan tertib (tidak mendorong - dorong) dan tidak terburu – buru. Jika anda ada di depan antrian namun busway tujuan anda belum datang maka berikan akses jalan bagi penumpang busway yang telah datang untuk keluar masuk dengan lancar.
  4. Berikan akses jalan terlebih dahulu bagi penumpang yang mau keluar dari busway baru setelahnya naik ke busway. Saat di busway, sebisa mungkin anda tidak berada di dekat pintu keluar masuk busway. Jika memungkinkan masuklah ke bagian dalam busway dan hanya jika bus penuh maka anda dapat berdiri di depan pintu tersebut.
  5. Perhatikan ketentuan saat berada di dalam Busway. Dilarang makan dan minum, dilarang membawa senjata tajam, dilarang membawa makanan yang berbau menyengat, dilarang merokok dan melakukan tindakan yang tidak menyenangkan kepada orang lain, dilarang membawa binatang peliharaan. Dilarang membawa benda berukuran besar, maksimal 50 cm x 50 cm x 50 cm ke dalam busway.
  6. Berikan tempat duduk kepada penumpang prioritas (orangtua (lansia), ibu hamil, ibu dengan anak kecil dan  penumpang dengan disabilitas). Biasanya tempat duduk prioritas ini berada di dekat pintu masuk bus. Jika terpaksa menggunakan tempat duduk prioritas tersebut, harap kesadarannya agar untuk kemudian memberikanlah tempat duduk ke orang – orang prioritas tersebut yang baru masuk.
  7. Gunakanlah masker jika anda sakit batuk ataupun flu. Lingkungan busway relatif tertutup dengan beragam orang yang menggunakan layanannya sehingga menjaga kesehatan lingkungan busway merupakan kepentingan bersama, caranya dengan meminalisir penyebaran penyakit (virus dan bakteri) dengan menggunakan masker tersebut.  Penting juga diperhatikan agar tidak meludah sembarangan. 
  8. Banyak penumpang menggunakan mobile phone untuk telepon, chat, browsing internet, mendengarkan music dan melihat video. Ini tidak dilarang namun harap gunakan dengan bijaksana dengan mengecilkan suaranya. Atau walaupun anda menggunakan headset (handsfree) namun agar tidak berbicara atau bernyanyi keras – keras di dalam busway.
  9. Duduk dengan rapi dan sopan. Jangan menaikkan kaki di atas kursi dan jangan meluruskan kaki sedemikian hingga mengganggu penumpang lain yang berdiri di koridor busway. Jangan duduk di lantai sepanjang koridor bus karena mengganggu penumpang lainnya.
  10. Saat anda masuk anda melakukan tap-in uang eletronik anda dan melakukan tap-out uang elektronik anda. Tap-out ini tidak memotong (mengurangi) saldo uang elekronik anda, tap-out dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengelola busway untuk memetakan penggunaan layanan busway sehingga operator dapat memberikan layanan yang lebih baik.
  11. Jaga fungsi dan kebersihan fasilitas yang disediakan. Disetiap halte atau terminal terdapat layar LCD besar yang menunjukkan perkiraan waktu dan nomor rute busway yang akan tiba. Terdapat tempat duduk panjang stainless steel, pintu (gate) otomatis dan fasilitas internet (wifi) gratis. Jagalah fasilitas tersebut, jangan di rusak atau dikotori. Buang sampah pada tempat yang telah disediakan.
Demikianlah etika melakukan perjalanan dengan busway (transjakarta). Mungkin ada saran tambahan tentang artikel kami ini, silahkan berbagi dan tuliskan saran anda di kolom komentar. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.