Tips Nyaman di busway (Trans Jakarta)

By
Pada dasarnya perjalanan menggunakan busway (transjakarta) sangatlah mudah dan nyaman. Bus yang dipakai juga bersih dengan jadwal keberangkatan yang cukup sering dan dapat diakses (tracking) online sehingga memanjakan penggunanya. Dengan sekali bayar tiket masuk (menggunakan uang elektronik, e-money) di halte atau terminal busway maka anda dapat melakukan perjalanan ke seluruh wilayah yang dilalui koridor transjakarta. Untungnya saat ini (2019) seluruh wilayah utama di DKI Jakarta dan sekitarnya seperti Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi sudah terdapat koridor busway (transjakarta dan trans jabodetabek).  Sehingga praktis penumpang busway dengan tarif terjangkau tersebut dapat keliling ke seluruh DKI Jakarta dan sekitarnya. Gimana? tertarik kan naik busway, nah perhatikan juga beberapa tips berikut agar anda lebih nyaman di dalam perjalanan dengan busway :


Tips nyaman menggunakan busway (Trans Jakarta):
  1. Pastikan saldo uang elektronik anda cukup untuk membayar tarif busway (tiket masuk busway Rp 3.500 per 2019). Anda dapat membeli atau mengisi (top up) uang elektronik anda di loket busway, atm, minimarket atau menggunakan mobile phone dengan fitur NFC. Untuk mengisi ulang uang elektronik di loket busway minimal Rp 20.000,-. Biaya pengisian uang elektronik tersebut berbeda- beda tergantung gerai pengisian namun secara umum biaya berkisar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 sekali pengisian.
  2. Siapkan baju hangat, hoodie atau jaket karena suhu udara di dalam busway dapat sangat dingin.
  3. Fasilitas toilet agar terbatas (jarang ada) di halte busway jadi “persiapkan” diri anda sebelum menggunakan busway.
  4. Pelajari rute perjalanan anda, ketahui rute tercepat dan rute alternatif menuju tujuan anda. Terkadang jika busway yang langsung ke tujuan penuh maka anda dapat mempertimbangkan gunakan busway nomor lain lalu transit (ganti) bus di halte tertentu untuk menuju ke tujuan anda. Pelajari waktu (jam dan menit) busway tujuan anda tiba di halte. Agar tidak tertinggal atau menunggu terlalu lama.  Jadwal kedatangan dan keberangkatan busway relatif tepat waktu dan terjadwal sehingga anda dapat membuat perkiraan perjalanan.
  5. Bekali anak anda sebelum naik busway dengan pengertian dan makanan agar tidak rewel dan tidak makan di dalam busway, atau jika perlu pakaikan pampers pada balita agar nyaman saat ingin pipis.
  6. Berdasarkan ketentuan anak dengan tinggi di atas 90 cm harus membayar tiket masuk. Anak dengan tinggi di bawah 90 cm tidak membayar tiket. 
  7. Jika ingin nyaman mendengarkan musik, radio atau menonton video melalui telepon seluler, persiapkan headsetnya agar suaranya tidak mengganggu penumpang lainnya.
  8. Persiapkan mental anda, karena halte dapat sangat ramai dengan bus dari berbagai jurusan, antrian saat menunggu busway juga dapat sangat padat dan dapat menjadi tidak tertib sehingga terjadi desak – desakan dan saling mendorong. Jika antrian sedemikian ada baiknya anda bersabar menunggu busway yang berikutnya saja dimana antriannya lebih manusiawi.
  9. Jaga barang berharga anda. Amankan barang – barang anda dengan menyimpannya di tas atau backpack yang terlindungi. Jika perlu di pasaran sudah tersedia tas atau backpack yang di desain “anti maling atau anti theft”, ini mungkin bisa di pertimbangkan. 
  10. Persiapkan jas hujan atau payung lipat kecil di tas anda jika melakukan perjalanan di musim hujan. Umumnya halte busway tidak terkoneksi dengan gedung (walau ada beberapa yang terkoneksi) sehingga keluar dari halte menuju lokasi tujuan anda sudah siap dan tidak terhambat kondisi cuaca.

Demikianlah tips nyaman menggunakan transjakarta yang dapat anda lakukan agar perjalanan busway tetap aman dan nyaman. Kemudian bila ada saran atau komentar tentang artikel kami ini, silahkan tuliskan saran anda di kolom komentar. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.