Semur Daging Betawi : Resep dan Cara Membuat

By
Halo reader bankjim, kali ini kami membahas tentang Resep dan Cara Membuat Semur Daging Betawi. Masakan berbahan utama daging sapi atau daging kerbau ini sangat populer dan biasa di sajikan sebagai  hidangan istimewa di waktu – waktu tertentu. Misalnya menjadi hidangan spesial pada hari raya idul fitri, idul adha maupun sebagai menu sajian utama di pesta pernikahan dan resepsi lainnya.

Semur daging betawi populer karena rasanya yang khas. Manis, empuk dan kaya rasa yang didapatkan dari penggunaan berbagai macam bumbu rempah – rempah.


Daging bagian apa yang digunakan untuk semur daging betawi? 

Orang betawi biasanya memasak semur dengan menggunakan daging bagian sengkel atau kisi (shank). Yaitu daging bagian atas betis atau paha. Daging sengkel ini bersifat keras, sedikit lemak dan berotot (banyak urat). Dengan sifat ini, daging cocok di olah dengan suhu cukup tinggi dan waktu memasak yang lama. 

Daging jenis ini akan menjadi empuk ketika di masak dengan waktu yang lama dan lebih mudah menyerap bumbu rempah – rempah dari resep semur betawi. Jaringan otot (urat) yang keras juga akan menjadi empuk dan menambah kelezatan sensasi rasa dan tekstur semur betawi tersebut. Ok Langsung saja.

Resep Semur Daging Betawi :

Bahan :

1 kg daging sapi
4 siung bawang merah
2 lembar daun salam
1 lembar sereh
6 butir cengkeh
2 – 3 cm kayu manis
Pala bubuk secukupnya
Lada putih secukupnya
Kecap secukupnya
Air secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu Halus :

4 buah kemiri
1 ruas jari Kunyit
2 ruas jari Jahe
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt jinten
2 cm lengkuas

Cara Membuat Semur Daging Betawi :
  1. Potong persegi daging dengan ketebalan 1 sampai 1,5 cm. Ukuran sesuai selera.
  2. Haluskan bumbu – bumbu yaitu kemiri, bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, jahe dan lengkuas. Bumbu rempah dapat diulek atau di blender. Namun lebih enak jika dihaluskan dengan tangan (diulek).
  3. Panaskan minyak di wajan secukupnya. Tumis bumbu halus hingga aroma bumbu rempah mewangi.
  4. Masukkan daun salam, sereh, kayu manis dan cengkeh. Tumis kembali.
  5. Masukkan potongan daging. Aduk – aduk hingga daging dan bumbu rempah tercampur merata. 
  6. Setelah tercampur merata, tambahkan air bersih hingga daging sapi terendam seluruhnya. Masak hingga mendidih.
  7. Masukkan garam dan lada sesuai selera.
  8. Masukkan kecap sesuai selera. Pada dasarnya semur tidak perlu diberikan gula karena semur sudah manis dari kecap. Namun jika tetap kurang manis silahkan ditambahkan gula. sesuai selera.
  9. Setelah air mendidih, masak semur dengan api sedang sekitar 1 hingga 1,5 jam sampai daging empuk dan bumbu meresap. Sesekali aduk daging agar bumbu meresap merata. Jika daging belum empuk dan kuah tinggal sedikit, silahkan tambah airnya hingga daging empuk. Setelah empuk masak hingga air kuahnya agak mengental. 
  10. Semur daging betawi siap di hidangkan.

Untuk video cara membuat semur daging betawi, silahkan lihat video ini :


Demikianlah Resep dan Cara Membuat Semur Daging Betawi. Semoga bermanfaat. Jika berkenan, silahkan lihat resep masakan kami lainnya. Insya allah mudah dan enak. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.