Resep Cara Membuat Tumis Brokoli Daging Sapi

By
Tumis Brokoli Daging Sapi

Berawal dari kunjungan ke restoran masakan tiongkok bersama keluarga besar, kami tertarik dengan salah satu sajian yang cukup enak yaitu tumis brokoli daging sapi. Tekstur brokolinya segar dan renyah di padu dengan daging sapi yang juicy, berbumbu sedap meresap sangat cocok di santap dengan nasi putih atau nasi hainan. Kami sekeluarga menyukainya. kemudian karena sepertinya cara memasaknya mudah dan bahannya gampang di cari, saya dan istri mencoba untuk mempelajari lebih detail masakan ini dan mulai mencari resep nya di internet untuk bahan referensi modifikasi masakan ini sendiri di rumah. Berikut ini hasil pencarian kami.

Berikut ini Resep dan Cara Membuat Tumis Brokoli Daging Sapi

Bahan :
300 gr Daging Sapi – di potong tipis
300 gr Brokoli – gunakan bagian kuntumnya – di potong - potong
2 sendok teh Minyak goreng
3 buah Bawang putih – di iris tipis
1 sendok teh Tepung maizena, dilarutkan dalam 1 sendok teh air
½ sendok teh Gula – secukupnya
¼ sendok teh Garam – secukupnya

Bahan untuk Marinade :
1 sendok teh kecap
½ sendok teh Tepung maizena
1/8 sendok teh Lada

Bahan untuk Saus/Kuahnya :
2 sendok teh Saus Tiram
1 sendok teh Kecap
¼ sendok teh kaldu Ayam

Cara membuatnya :
  1. Marinasi Daging Sapi : campur semua bahan untuk marinade dalam mangkok ukuran sedang. Lalu masukkan irisan daging sapi, diaduk merata sampai semua bagian daging terlapisi bumbu. Agar bahan bumbu meresap, diamkan selama 10 menit.
  2. Siapkan saus nya : campur bahan saus dalam mangkuk kecil
  3. Rebus/kukus brokoli : rebus/kukus brokoli dalam panci kecil sekitar 2 menit agar brokoli menjadi tidak terlalu keras. Kemudian tiriskan
  4. Siapkan penggorengan besar, nyalahkan api besar, masukkan minyak goreng kemudian ratakan keseluruh bagian penggorengan. Masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi lalu di sebar ke seluruh bagian penggorengan. Biarkan masak tanpa di aduk selama 30 detik sampai 1 menit. Lalu balik dagingnya. Tambahkan bawang putih, masak 30 detik sampai 1 menit hingga tidak ada lagi daging yang berwarna pink.
  5. Masukkan bahan sausnya, masukkan juga tepung maizena yang sudah di larutkan dalam air. Aduk hingga sausnya mendidih dan mengental kira – kira 30 detik. Lalu masukkan brokoli yang sudah di rebus/kukus. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai selera. Lalu di aduk hingga masak.

Untuk cara membuat Tumis Brokoli Daging Sapi silahkan lihat video ini :



Mudah kan cara membuatnya dan rasanya juga nikmat. Ok selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.