Manfaat Sarapan Pagi

By
Sarapan Pagi - Sarapan Sehat

Selamat beraktifitas teman – teman semua, semoga anda menjalani hari ini dengan semangat dan niat yang baik. Untuk itu ada baiknya anda mempersiapkan diri memulai hari anda dengan sarapan yang baik. Sarapan pagi ini sangat penting bagi kesehatan dan merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari jadi sebaiknya anda tidak melewati waktu sarapan ini. Berikut ini paparan tentang pentingnya sarapan pagi yang semoga memberikan manfaat pengetahuan bagi kita semua.

Seperti kita ketahui, tubuh dan otak kita tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang lama yaitu selama kita tidur semalaman sampai dengan pagi hari. Jadi agar tubuh dan otak kita dapat berfungsi dengan baik, kita perlu segera memenuhi asupan makanan kita di pagi hari. menurut ahli gizi sarapan harus dilakukan selama maksimal 2 jam sejak kita terbangun  dari tidur dan sarapan yang baik harus memberikan kalori sekitar 20% – 35% dari standar kebutuhan harian anda.  

Apa yang terjadi saat kita sarapan?

Setelah sarapan yang sehat, tekanan gula darah anda akan meningkat sedikit namun ini normal. Kemudian tubuh akan mencerna makanan tersebut selama beberapa saat dan memprosesnya menjadi energi. Sehingga anda mungkin tidak akan merasa lapar selama 5 jam hingga tiba waktunya makan siang.
Alasan untuk sarapan pagi

Sarapan dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kecepatan mengolah informasi, pola pikir, kreatifitas, dan kemampuan lisan. Hal ini diperoleh karena dengan sarapan, kadar glukosa dalam darah menjadi lebih stabil sehingga fungsi – fungsi tubuh tersebut diatas dapat berjalan dengan baik.
Selain sebagai sumber energi, makanan dalam sarapan kita adalah sumber nutrisi yang penting seperti kalsium, zat besi, vitamin B, protein dan serat. Tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi esensial tersebut, berdasarkan riset jika nutrisi ini tidak diperoleh saat sarapan maka kemungkinan kecil nutrisi ini terpenuhi di sisa hari itu.
Sebaliknya Jika anda melewatkan sarapan pagi, maka anda cenderung  menggantinya dengan makanan yang manis atau kaya gula dan jajanan berlemak pada saat menjelang siang. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan karena dengan melewati sarapan makan anda cenderung memakan lebih banyak pada saat waktu makan berikutnya.

Fungsi kognitif

Sarapan juga  mengembalikan kadar glukosa, yaitu karbohidrat esensial yang dibutuhkan agar otak berfungsi optimal. Berdasarkan penelitian, sarapan pagi dapat meningkatkan daya ingat dan daya konsentrasi. Sarapan juga membuat kita lebih bahagia karena dapat meningkatkan suasana hati (mood) kita dan menurunkan tingkat stress.
Berdasarkan penelitian pada anak – anak, sarapan dapat meningkatkan pencapaian/prestasi, perilaku, dan berhubungan erat dengan nilai pelajaran yang lebih baik. Karena otak juga butuh energi agar dapat berfungsi secara optimal.

Kesehatan jangka panjang

Membentuk kebiasaan sarapan pagi yang baik sejak masa anak – anak dan menjaga kebiasaan ini terus hingga masa remaja adalah faktor yang penting dalam membentuk pola makan yang baik seumur hidup. Jika memungkinkan biasakan sarapan bersama sekeluarga.

Ide menu sarapan pagi yang baik

Berbagai faktor mempengaruhi apa yang di makan saat sarapan seperti preferensi makanan, latar belakang budaya, agama, dan banyaknya waktu tersedia sebelum berangkat keluar rumah (beraktifitas).

Sarapan pagi dapat berupa sereal, roti, buah, atau produk susu (telur, susu, yoghurt dan keju) dan daging). Buah dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral jadi sebisa mungkin lengkapi sarapan dengan buah dan sayur. Yaitu bisa berupa buah pisang ataupun segelas jus buah.
Menyiapkan sarapan yang baik dapat dengan mudah dan cepat dilakukan misalnya dengan menyiapkan sereal dengan susu, membuat oatmeal atau smoothies sehat.


Ide menu sarapan:

-    Sereal dengan susu, yoghurt/buah
-    Bubur ayam
-    Omelet dengan sosis, tomat dan jamur
-    Pancake dengan isian buah segar
-    Roti panggang (toast) dengan telur dadar diatasnya
-    Minuman seperti susu dan jus buah

Kenapa anak – anak sangat membutuhkan sarapan pagi

Ketika orang dewasa butuh sarapan agar dapat beraktifitas pada kondisi terbaik, maka anak – anak butuh lebih dari itu. Tubuh dan otak anak masih  dalam masa pertumbuhan, sehingga memerlukan  asupan makanan untuk memenuhi energi dan nutrisi yang lebih sering. Pastikan asupan makanan anak anda terjaga dengan baik agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan optimal.

Di sekolah, anak yang kelaparan karena melewati sarapan dapat kehilangan konsentrasi di kelas, tidak memiliki energi untuk bermain dan kemudian jajan makanan yang tidak sehat seperti biskuit dan lain lain.
Menariknya, anak yang tidak sarapan biasanya sering terlambat dan tidak masuk sekolah lebih sering daripada anak yang sarapan pagi dengan teratur.

Jika memungkinkan ikutkanlah anak anda dalam program sarapan pagi di sekolah atau menyiapkan sarapan dan smoothies sehari sebelumnya yang dapat mereka makan di dalam perjalanan ke sekolah.

Tip :
Hindari anak anda sarapan di depan televisi ataupun sambil menonton youtube. Dengan melakukan hal ini maka proses sarapan akan lebih cepat.

4 comments:

Powered by Blogger.