Manfaat dan Nutrisi Air kelapa

By
Air Kelapa Muda

Air kelapa merupakan alternatif penawar rasa haus yang baik, lezat, murah harganya dan kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Air kelapa mengandung 5 elektrolit utama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti kalsium, magnesium, phospor, potasium dan sodium. Karena komposisi nutrisinya yang unik, air kelapa dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang beragam.

Berikut ini Manfaat Sehat Air Kelapa yang dapat menjelaskan kenapa minuman ini sangat disukai.

Membantu upaya penurunan berat badan
Kadar lemak pada air kelapa sangatlah rendah jadi kita dapat mengkonsumsi banyak air kelapa tanpa takut menjadi gemuk. Air kelapa juga menekan nafsu makan dan membuat anda merasa kenyang.

Membantu kesehatan kulit
Air kelapa dapat membantu membersihkan permukaan kulit dari jerawat atau kerusakan kulit lainnya. Air kelapa juga melembabkan kulit dari dalam dan menghilangkan kandungan minyak pada kulit. Oleh karena itu banyak produk kesehatan kulit seperti krim wajah, shampo, kondisioner dan lotion yang mengandung ekstrak kelapa.


Memudahkan pencernaan
Jika anda mengalami kesulitan dalam mencerna maka air kelapa dapat membantu anda. Karena air kelapa mengandung banyak serat yang mencegah ketidakmampuan tubuh dalam mencerna. Air kelapa juga mampu menggantikan cairan elektrolit esensial yang keluar dari tubuh ketika anda terlalu banyak buang air kecil (diare) ataupun muntah.

Minuman energi alami
Ketika anda berolahraga dan tubuh membutuhkan tambahan pasokan energi, air kelapa dapat menyediakan tambahan energi dengan menghidrasi ulang tubuh anda. Air kelapa kaya beragam elektrolit dan mineral yang baik untuk melengkapi kembali elektrolit tubuh yang hilang. Hal terbaik dari air kelapa adalah kandungan kalorinya yang rendah (Dalam takaran 8 ounce air kelapa mengandung sekitar 40 – 60 kalori)  dan kandungan mineralnya yang tinggi. Kombinasi ini sangat tepat untuk kebutuhan tubuh saat berolahraga. Kandungan nutrisi dalam air kelapa juga lebih efektif dalam mensuplai cairan tubuh daripada berbagai minuman energi yang dijual pada umumnya. Air kelapa merupakan minuman subtitusi yang tepat untuk cairan tubuh yang hilang karena mengandung 294 mg potasium (lebih banyak daripada minuman energi), 5 mg gula alami (lebih sedikit daripada minuman energi) dan 25 mg sodium (relatif lebih rendah daripada minuman energi).


Menurunkan tekanan darah
Dalam berbagai kasus, komposisi elektrolit yang tidak seimbang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Air kelapa dapat membantu menyeimbangkan kandungan elektrolit tersebut karena mengandung berbagai elektrolit dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Oleh karena itu air kelapa disarankan untuk di konsumsi pada saat mengawali aktivitas sehari -  hari untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Sesuai dengan jenis darah manusia
Air kelapa isotonis dengan plasma tubuh manusia sehingga air kelapa dapat digunakan untuk rehidrasi dengan cepat. Pada kasus darurat ekstrem yang memerlukan rehidrasi dengan cepat, dapat dilakukan penyuntikan air kelapa ke pembuluh darah melalui nadi.

Baik bagi kesehatan jantung
Berdasarkan riset, mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat menurunkan resiko serangan jantung. Kandungan potasium yang tinggi pada air kelapa juga membantu kondisi tekanan darah tetap baik. Disarankan mengkonsumsi air kelapa murni tanpa gula agar memperoleh manfaat maksimal menurunkan resiko penyakit jantung.

Baik bagi calon ibu
Secara alamiah air kelapa dalam keadaan aman dan steril. Jadi air kelapa baik bagi ibu yang sedang hamil. Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga secara alamiah adalah sumber pengobatan untuk mengurangi kadar keasaman (acidity), rasa panas dalam perut (heart burn) dan sembelit selama kehamilan.

Mengatasi Disfungsi Ereksi (DE)
Disfungsi ereksi merupakan masalah bagi kehidupan seksual pasangan yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan dalam aktifitas seksual. Otot yang sehat merupakan hal yang penting dalam proses ereksi. Air kelapa mengandung potasium, eletrolit yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot agar ereksi dapat berlangsung normal. Air kelapa memiliki banyak potasium yang membantu menyeimbangkan elektolit dalam tubuh sehingga fungsi  ereksi kembali normal.

Menetralkan racun dalam tubuh
Air kelapa sudah dipercaya sejak lama oleh masyarakat untuk menetralkan racun dalam tubuh. Berdasarkan studi oleh peneliti dari nigeria dan dipublikasikan dalam journal of applied science research, air kelapa dapat meringankan gejala keracunan pada tikus putih akibat kloramfenikol (zat yang menekan produksi sel darah merah dalam tubuh). Meskipun studi ini belum di uji pada manusia namun hasilnya menunjukkan manfaat air kelapa dalam menetralkan racun.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.