Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

By
Anak Indonesia Sehat dan Pintar
Hampir setiap hari kita menjumpai berita tentang kekerasan terhadap anak. Peristiwa ini terjadi di masyarakat dengan frekuensi yang meningkat secara mengkhawatirkan. Berita terakhir yang menyedihkan adalah anak – anak yang ditelantarkan oleh orang tua kandungnya sendiri, anak – anak tersebut masih kecil yang memerlukan bimbingan dan kasih sayang orang tuanya. Entah atas alasan ketidakmampuan ekonomi maupun akibat penyalahgunaan narkoba hal ini tidak dapat dibiarkan.

Yang ingin saya sampaikan disini adalah anak merupakan anugerah, titipan allah yang harus kita jaga, kita bimbing agar menjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya. Peran positif orang tua dan orang dewasa di lingkungannya sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Saya ingin membagi materi tentang pendidikan anak usia dini (PAUD) yang di peroleh melalui direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Informasi umum yang di berikan sangat bagus dalam membimbing anak dan orangtua.  Materi ini saya sarikan untuk memberikan masukan tentang hal – hal apa yang harus dihindari dan pesan - pesan penting untuk membimbing anak sehingga mereka tumbuh dengan pribadi yang positif dan kreatif.


Pesan – pesan penting untuk  orang tua dalam mendidik anak usia dini :
1.    Cintai anak dengan sepenuh hati
2.    Bantulah anak saat mereka membutuhkan
3.    Bimbinglah anak dalam menyelesaikan tugas
4.    Hindari marah dan menyela anak
5.    Berikan pujian atas perilaku baik anak
6.    Berikan anak waktu yang cukup untuk bermain
7.    Ajarkanlah anank untuk mengikuti kegiatan ibadah
8.    Biasakan mendongeng bersama anak
9.    Dampingi anak saat menonton televisi
10.  Ajaklah anak ketempat yang mendidik
Cintai dan bimbing anak - anak kita

Sebaiknya tidak terjadi :
1.    Memberi julukan buruk untuk anak
2.    Memaksakan kehendak pada anak
3.    Melakukan kekerasan pada anak
4.    Membanding-bandingkan dengan anak lain di depan anak
5.    Menceritakan keburukan anak pada orang lain di depan anak
6.    Tidak tegas dalam menegakkan Peraturan
7.    Mengingkari janji yang sudah disampaikan
8.    Memperlakukan anak sebagai makhluk lemah
9.    Membiarkan anak menonton televisi tanpa pendamping
10.  Mencari – cari kesalahan anak 
Sebaiknya kekerasan tidak terjadi pada anak
Tumbuhkan nilai- nilai karakter yang baik pada anak seperti nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca, kebersihan, perduli lingkungan sosial, tanggung jawab dan sopan santun. Hal - hal ini dapat di lakukan melalui pembelajaran dalam kehidupan harian anak, dilakukan melalui kebiasaan dan dengan menempatkan orangtua/orang dewasa sebagai role model positif.

Demikian informasi yang mudah - mudahan dapat membantu orang tua dalam mendidik anak. Semoga orang tua dapat memahami bahwa anak mereka perlu bimbingan dan kasih sayang, hindari kekerasan dan jangan telantarkan anak – anak. Anak yang baik tentunya akan menjadi kebanggan orang tua maka sayangilah mereka insyaallah mereka akan sayang kepada kita.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.