Vantablack : Material tergelap di bumi yang pernah di buat

By
Vantablack, picture courtesy of Surrey Nanosystems
Material apa yang memiliki warna hitam yang paling gelap di bumi. Jawabnya adalah Vantablack. Vantablack adalah singkatan dari Vertically Alligned Nanotube Array. Vantablack ini terbuat dari milyaran pak karbon nanotube yang sangat kecil disatukan bersama. Pada 1 cm2 vantablack terdapat sekitar 1000 juta karbon nanotube.

Mengapa vantablack disebut material tergelap di dunia? Begini penjelasannya. 

material Vantablack memiliki kemampuan merefleksikan sangat sedikit cahaya dari benda – benda yang dilapisinya. Tidak ada refleksi apapun yang menunjukkan bentuk apa yang ada di dalam lapisannya atau di belakangnya seakan bentuk tiga dimensi benda tersebut menghilang. Bentuk material vantablack itu sendiri maupun objek yang ditutupi oleh material ini tetap dapat di lihat oleh manusia. Yang tidak dapat kita lihat adalah berbagai variasi yang ada di dalamnya seperti lipatan, kerutan atau bentuk lainnya.

Jadi misalnya ketika anda melapisi kertas timah (tinfoil) yang penuh kerutan dengan material vantablack ini, maka semua kerutan itu tidak akan terlihat. Sedemikian hitamnya vantablack hingga mampu menipu mata manusia. yang dapat terlihat mata adalah permukaan yang mulus, terlihat flat, tanpa sifat khusus (tidak ada lekukan dan kerutan) bahkan ketika anda melihatnya dari dekat. Hal ini terjadi karena vantablack mampu menyerap hampir semua cahaya yang diterimanya sehingga menghilangkan kemampuan mata manusia untuk melihat kedalaman suatu benda. 


Material vantablack ini sudah ada sejak tahun 2014  dan diproduksi oleh Surrey Nanosystems, perusahaan teknologi tinggi berlokasi di dekat brighton, inggris. Versi vantablack pertama mampu menyerap 99,96% cahaya yang melewatinya.Versi terbaru vantablack dirilis dalam bentuk spray. Yang disebut S-VIS. Versi terbaru vantablack lebih gelap dari versi pertama, sedemikian gelapnya sehingga surrey nanosystems tidak dapat menunjukkan persentase cahaya yang berhasil diserapnya karena alat spektrometer tidak dapat mengukurnya.

Prinsip kerja vantablack adalah ketika cahaya masuk ke material vantablack maka cahaya itu dipantulkan terus menerus di antara tabung karbon berukuran nano sampai akhirnya cahaya itu terserap hingga tidak ada cahaya yang dapat keluar dari karbon nanotube tersebut. 

Karbon nanotube ini 10 kali lebih kuat dari besi, 10 kali lebih baik dalam menghantarkan panas dibandingkan dengan tembaga dan sangat kuat terhadap guncangan dan getaran. Karbon nanotube dikenal memiliki kemampuan yang disebut “ballistic transport”, dengan kemampuan ini eletron dapat melintasi karbon nanotube hampir tanpa hambatan. Hal ini karena faktanya setiap karbon nanotube adalah individual dan hampir tidak memiliki massa sama sekali. Dan juga hampir sebagian besar dari materialnya adalah udara. Teorinya jika tidak ada massa maka tidak ada tekanan yang terjadi selama ada percepatan atau akselerasi. Hal ini membuat vantablack ideal untuk objek – objek yang perlu perlindungan terhadap guncangan selama perjalanan ekstrim. Seperti peluncuran pesawat ruang angkasa. Vantablack memiliki kestabilan yang baik terhadap panas atau termal. Memiliki gaya adhesi yang baik terhadap light weight alloy (logam paduan ringan).


Berdasarkan  test persyaratan material untuk antariksa standar ESA, menunjukkan bahwa subjek yang dilapisi material vantablack sangat kuat dan pelapisan tersebut tidak rontok ketika di uji dalam kondisi panas tinggi, diberi kejutan mekanis yang ekstrim, dan getaran yang tinggi. Secara kimiawi bersifat lembam, tidak menunjukkan kehilangan massa pada suhu tinggi dan no outgassing. 

Aplikasi vantablack

Vantablack pertama kali dibuat untuk membantu membatasi cahaya yang menyimpang atau tidak diinginkan pada satelit dan teleskop. Potensi lain kegunaan spray vantablack ini menurut chief technology officer (CTO) Surrey Nanosystems adalah termasuk “ultrablack coating” (misalnya technologi kamuflase atau anti radar), memperkuat ketahanan komponen pada industri antariksa, pengkabelan pada microchip, touch screen dll. Aplikasi yang mungkin dapat diterapkan di masa depan dengan material vantablack sangatlah luas misalnya : arsitek ingin menciptakan efek optikal unik pada bangunan dan sekaligus mampu menyerap panas pada bangunan, perusahaan otomotif mewah yang ingin menggunakan material vantablack untuk menciptakan dashboard dengan tampilan visual yang spektakuler, dll

Vantablack sebenarnya bukanlah warna.

Secara teknis, warna bagi manusia adalah hasil dari reflesi cahaya yang terpantulkan oleh suatu objek dan diterima oleh mata manusia. Frekuensi cahaya yang berbeda diinterpretasikan oleh mata dan otak kita menjadi warna yang berbeda – beda. Sedangkan vantablack seperti di jelaskan di atas hampir tidak merefleksikan atau memantulkan cahaya sehingga secara teknis tidak dapat di interpetasi sebagai warna oleh manusia. jadi lebih tepatnya vantablack disebut bukanlah warna tapi material. 


Belum dapat dijualbelikan di pasaran

Harga vantablack masih mahal, saat ini harganya lebih mahal daripada harga gabungan emas dan  berlian (perbandingan harga ons per ons). Sehingga masih akan sulit menemukan barang yang menggunakan material ini di pasaran karena konsumen belum tentu mau membayar harganya yang amat mahal.

Video penjelasan tentang Vantablack:

Demikian info tentang vantablack : material tergelap di bumi. Semoga menambah wawasan dan pandangan kita akan perkembangan teknologi yang bermanfaat bagi manusia.

2 comments:

  1. Mantap gan baru tahu ada webs yg cantik gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan...web ini memang minimalis...glad u like it.

      Delete

Powered by Blogger.