Manfaat Sehat dan Nutrisi Buah Tomat

By
Fresh and healthy Tomatoes

Keluarga kami sangat menyukai tomat. Seringkali tomat segar yang ada langsung di konsumsi sendiri. Oleh karena itu saya jadi penasaran manfaat apa saja yang di peroleh dari mengkonsumsi buah tomat ini. Hasil pencarian saya ternyata tomat banyak manfaatnya bagi manusia baik di konsumsi langsung ataupun di olah sebagai bahan masakan.

Kandungan nutrisi buah tomat :
1 buah tomat ukuran sedang (kira kira 123 gram) mengandung 22 kalori, 0 gram lemak, 5 gr karbohidrat (termasuk 1 gram serat dan 3 gram gula) dan 1 gram protein. Tomat juga kaya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7, C, K, zat besi, potasium, magnesium, kromium, zinc dan fosfor dalam jumlah yang banyak. Tomat mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat dan antioksidan esensial termasuk kalsium, asam alpha lipoic, lycopene, klorin, asam folat, betakarotin dan lutein. Antioksidan ini mampu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

15 Manfaat sehat mengkonsumsi tomat

Tomat membantu mencegah pembentukan beberapa jenis Kanker
Sebagai sumber utama anti oksidan dan vitamin C tomat dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Berdasarkan American Cancer Society, studi menunjukkan orang yang melakukan diet kaya kandungan tomat memiliki resiko lebih rendah terhadap berbagai jenis kanker terutama kanker prostat, paru – paru, dan perut.


Mengurangi resiko kanker prostat
kandungan lycopen yang tinggi pada tomat berhubungan dengan pencegahan kanker prostat yaitu dengan meningkatnya konsumsi tomat maka resiko kemungkinan terkena kanker prostat akan lebih rendah. Lycopene adalah antioksidan alami yang bekerja efektif memperlambat pertumbuhan sel – sel kanker.
Tomat juga kaya serat alami yang berfungsi menjaga kesehatan usus besar yang dapat mengurangi resiko kanker prostat. Kandungan nutrisi tomat yaitu alpha-tomatine memiliki kemampuan untuk mengubah aktivitas metabolisme dalam pertumbuhan kanker prostat. Zat ini juga mengaktifkan program kematian sel (apoptosis) dalam sel kanker prostat.

Mengurangi resiko kanker payudara
Kandungan karotenoid seperti alpha-karotien, beta karotin, lutein, zeaxanthin, lycopene dan karotenoid lainnya mampu mengurangi resiko kanker payudara.

Tomat Baik Bagi Kesehatan jantung
Kandungan serat, potasium, vitamin C dan klorin di dalam tomat mendukung kesehatan jantung. Meningkatnya asupan potasium seiring dengan menurunnya asupan sodium adalah perubahan diet yang penting yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.
Tingginya asupan vitamin B dan potasium dalam tomat juga berhubungan dengan penurunan resiko terkena stroke dan mengurangi kadar kolesterol.
Berdasarkan riset Tuff dan Boston University, asupan lycopene yang tinggi berhubungan dengan hampir 30% penurunan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Tomat baik bagi kesehatan ginjal
Menambahkan tomat ke dalam menu diet terbukti mampu mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal. Tomat bekerja seperti disinfectan yang melindungi tubuh dari diare dan mencegah munculnya batu ginjal dan batu kandung empedu.

Tomat Baik Bagi penderita Diabetes
Studi menunjukkan penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan penderita diabetes tipe 2 mengalami perbaikan kadar gula darah, lipid dan insulin. Tomat banyak memiliki kandungan mineral yang disebut kromium. Kromium ini efektif bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya.

Melindungi fungsi penglihatan dan mencegah penyakit degeneratif
Vitamin A dalam tomat membantu meningkatkan fungsi penglihatan. Memakan tomat juga mencegah terbentuknya kebutaan pandangan pada malam hari (night blindness). Karena tomat kaya phytonutrient seperti beta karotin, lutein dan zeaxanthin mereka dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan melindungi mata dari kemerosotan fungsi (degeneratif).

Tomat Baik Bagi Kesehatan Kulit
Kolagen sebagai sistem pendukung kulit sangat bergantung pada vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi esensial yang di tubuh kita berfungsi sebagai anti oksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap, menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstus kulit secara keseluruhan. Berbagi komponen dalam tomat juga mampu melawan jerawat dan mencegah kerusakan pada  sel – sel kulit.

Meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit
Memakan makanan yang banyak kadar air dan serat seperti tomat dapat membantu anda terhidrasi dan membantu usus anda bekerja dengan baik sehingga membantu meningkatkan fungsi sistim pencernaan. Serat juga penting untuk meminimalkan sembelit terutama ketika di campur dengan juice bayam.

Membantu melindungi selama Kehamilan
Asupan asam folat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil untuk melindungi dari cacat fungsi syaraf pada bayi.

Membantu meringankan depresi
Asam folat pada buah tomat juga dapat membantu meredakan gejala depresi dengan mencegah pembentukan homocysteine berlebihan dalam tubuh. Homocysteine dapat menghambat darah dan nutrisi lainnya bergerak menuju otak. Jumlah homocysteine yang berlebihan juga menggangu produksi hormon pembawa rasa bahagia seperti serotonin, dopamine dan norepinephrine yang tidak hanya mengatur suasana hati tapi juga fungsi tidur dan nafsu makan.

Tomat membantu menjaga tulang tetap kuat
Tomat mengandung kalsium dan vitamin K dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua nutrisi ini penting untuk meningkatkan rasio kalsium dalam tubuh dan melakukan perbaikan minor pada tulang dan jaringan tulang.

Tomat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena merokok
Tomat dapat mengurangi tingkat kerusakan yang disebabkan oleh merokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam klorogenic yang bekerja melindungi tubuh dari zat – zat karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.

Tomat baik bagi keindahan rambut
Vitamin A pada tomat bekerja dengan baik untuk menjaga rambut tetap kuat dan bersinar. Meminun jus tomat secara teratur dapat meningkatkan penampilan dan tektur rambut. Kandungan vitamin K nya membantu memperkuat akar rambut dan meningkatkan kilau rambut dan merevitalisasi pertumbuhan rambut.

Memperkuat sistim kekebalan tubuh
Konsumsi tomat setiap hari meningkatkan proporsi vitamin C dalam darah. Hal ini menghambat hormon pemicu stress dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi resiko pembekuan darah
Berbagai phytonutrient dari buah tomat mampu mencegah penggumpalan sel secara berlebihan yang dapat menyebabkan ganguan pada aliran darah yang menimbulkan hambatan dan pembekuan darah.

Meningkatkan kapasitas pembakaran lemak
Tomat menstimulasi produksi asam amino karnitin yang berdasarkan riset dapat mempercepat kapasitas pembakaran lemak hingga lebih dari 30%
Demikianlah manfaat buah tomat yang sangat beragam. Dengan banyaknya manfaat tomat bagi kesehatan seperti tersebut di atas, ada baiknya anda mulai memasukkan tomat ke dalam diet harian anda baik di konsumsi secara langsung maupun di kreasikan ke dalam menu makanan sehat sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.