Konsumsi Bayam : Manfaat, Resiko dan Fakta

By
Daun Bayam Sehat dan Segar

Ingat popeye, suka menonton filmnya? Karakter popeye ini menjadi sangat kuat ketika ia memakan sekaleng bayam. Tapi tahukan anda, bahwa bayam pada kenyataannya sangat bermanfaat bagi kita, membuat tubuh sehat dan melindungi kita dari berbagai macam penyakit. 

Bayam selain rasanya yang lezat dikenal juga akan kualitas nutrisi, anti oksidan dan mineralnya. Bayam merupakan sumber makanan yang baik untuk vitamin K, vitamin A, vitamin C dan asam folat. Dan juga sumber makanan yang mengandung mangan, magnesium, zat besi dan vitamin B12. 

100 gram bayam mengandung :
23 kalori, 3 gram protein, 0 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan 2 gram serat.


Berikut ini manfaat bayam bagi kesehatan :

Memulihkan Energi
Bayam merupakan tanaman yang memiliki kemampuan memulihkan energi, meningkatkan vitalitas dan memperbaiki kualitas darah. Hal ini karena bayam kaya kandungan zat besi. Zat besi ini berperan penting bagi sel darah merah yaitu untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.
Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Lutein dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam dapat mengurangi resiko degenerasi makula dan mencegah katarak

Anti Inflamasi
Warna daun bayam yang hijau gelap menunjukkan bahwa mereka kaya kandungan klorofil dan karetonoid yang baik untuk kesehatan seperti betakarotin, lutein dan zeaxanthin. Bahan kimia nabati ini memiliki khasiat sebagai anti inflamatory (anti peradangan).

Anti Kanker
Berdasarkan berbagai riset, antioksidan betakarotin yang dikandungnya dapat membantu melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker ovarium. Bayam juga mengurangi resiko kanker kulit. Berdasarkan riset dari queensland institute of medical research, peneliti menemukan hubungan bayam dengan menurunnya resiko terkena kanker kulit. Terutama bagi mereka yang memiliki sejarah penyakit tersebut.

Membantu Kesehatan Tulang
bayam termasuk tanaman yang paling banyak kandungan vitamin K nya. Tingginya kandungan vitamin K pada bayam penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K1 membantu mencegah aktiviasi berlebihan dari osteoclast (sel yang dapat memecah tulang), kemudian bakteria yang baik dalam usus kita mengkonversi vitamin K1 menjadi vitamin K2 yang dapat mengaktifkan osteocalcin (protein utaman non kolagen di dalam tulang). Osteocalcin menanam/mengikat kuat molekul kalsium ke dalam tulang.
Bayam juga sumber yang baik bagi nutrisi pendukung kesehatan tulang seperti kalsium dan magnesium.


Resiko Mengkonsumsi bayam
  • Bayam kaya kandungan asam axalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium. Namun dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin C seperti tomat, jus lemon, jus orange maka penyerapan kalsium dapat ditingkatkan. Untuk mengurangi konsentrasi asam oxalat, direkomendasikan untuk merebus bayam sekitar 1 menit saja (agar rasa dan nutrisinya tetap terjaga). Buang air rebusannya untuk mengurangi kadar asam oxalat.
  • Bayam kaya serat namun jika di makan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan buang angin.
  • Bayam dihubungkan dengan meningkatnya resiko batu ginjal, namun hal ini hanya dapat terjadi bagi mereka yang memiliki sejarah penyakit ini.
Fakta tentang bayam
  • Bayam tumbuh dengan baik di iklim sedang. Saat ini amerika serikat dan belanda adalah produsen bayam komersial terbesar di dunia.
  • Pilih bayam yang memiliki warna daun hijau segar tanpa ada bagian yang layu. Hindari bayam yang ada tanda – tanda lendir di tubuhnya. Hal ini menunjukkan kondisi bayam sudah tidak baik.
  • Jangan mencuci bayam sebelum di simpan karena air akan menyebabkan pembusukan. Bungkus bayam dengan plastik lalu masukkan kulkas, cara ini dapat menjaga kesegaran bayam hingga 5 hari.

1 comment:

Powered by Blogger.