Pameran Batu Akik - di DPR 2015

By

Pada tanggal 11 juni 2015 saya sedang ada kegiatan di DPR. Setelah menembus macetnya ibu kota sampailah saya di komplek DPR – MPR – DPD RI. Ternyata disana ada keramaian yang tidak biasa di gedung kura – kura. Karena penasaran lalu saya dekati, ternyata ada pameran batu mulia (batu akik) 2015  di pelataran gedung tersebut yang sudah berlangsung sejak hari senin tanggal 18 juni 2015. Wah menarik ini, kapan lagi bisa lihat koleksi batu akik koleksi jajaran staf setjen dan anggota DPR. Pasti koleksinya bagus dan istimewa. Ok segera saya selesaikan dulu urusan di DPR kemudian setelahnya langsung menuju ke pameran tersebut.

Memasuki ruang pameran lewat pintu samping dekat kantor cabang bank mandiri, suasana pameran mulai terlihat, di sisi kiri berjejer pedagang yang menawarkan batu akik dari berbagai jenis dan bentuk mulai dari batu bongkahan mentah sampai dengan cincin batu akik yang sudah jadi. Harga jual mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Cukup melihat pemandangan saya lanjut ke ruangan pameran, ternyata ruang pamerannya tidak terlalu besar. Di dalamnya terdapat sekitar 60 etalase kaca tempat batu akik di pamerkan. Batu akik yang di tampilkan pada etalase tersebut merupakan koleksi jajaran staf Setjen dan anggota DPR, ada juga koleksi dari Dicky Chandra ex Wakil Bupati Garut. Koleksi batu akik yang ditampilkan bervariasi, menarik, unik dan langka.
Yang jadi perhatian utama saat memasuki  ruang pameran adalah cincin raksasa yang terbuat dari mata cincin berupa batu akik panca warna garut dengan cincin pengikat terbuat dari stainless steel dan baja. Cincin batu akik ini koleksi Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua DPR RI (dan anggota partai Gerindra). Cincin batu akik ini beratnya 70 kg dengan tinggi sekitar 40 sentimeter. Dengan ukuran tersebut cincin batu akik ini mendapatkan penghargaan rekor MURI sebagai cincin batu akik terbesar. Cincin batu akik ini menjadi pusat perhatian pengunjung baik yang ingin menyentuhnya untuk mengetahui lebih detail maupun yang ingin berfoto – foto dengan batu cincin yang unik tersebut.
Batu Panca Warna
Batu akik berikutnya yang menjadi perhatian pengunjung adalah batu bertuliskan lafaz Allah milik Titiek Hediati Hariadi atau Titiek Soeharto – anggota DPR RI dari partai Golkar. Bila diperhatikan dengan teliti pada batu berwarna dominan kuning kecoklatan ini terdapat warna putih yang membentuk tulisan Allah dalam bahasa arab. Batu ini berjenis kaladen dan berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta.
Batu Kaladen (Allah)
Koleksi lain yang menarik perhatian saya adalah liontin berukir yang ukurannya cukup besar. Liontin ini terbuat dari batu bacan yang terukir motif yang indah dan unik. Liontin ini berasal dari Maluku Utara/ Ternate dan merupakan koleksi H. John Kennedy Azis, SH anggota DPR RI dari partai Golkar. 
Liontin Bacan Ukir
Koleksi langka lainnya adalah batu bacan berbentuk keris yang juga koleksi H. John Kennedy Azis, SH. Batu bacan ini berwarna kombinasi hijau dan hitam, bentuknya meliuk – liuk khas seperti keris yang berkilauan jika terpapar cahaya.
Batu Bacan Doko Keris
Jenis -  jenis batu akik lain yang ditampilkan adalah kalimaya, pancawarna, bio solar, barjad api, mata kucing, bacan, rubi, sulaiman, kecubung, fosil kayu, red borneo, red arwana, teratai, junjung drajat, dan lain – lain.

Berikut ini gallery photo beberapa batu akik yang ditampilkan dalam pameran tersebut :
Batu Bunga Tulip
Batu Bacan
Batu Junjung Drajat
Batu Teratai
Batu Pirus Urat Emas
Liontin Panca Warna
Untuk melihat suasana pameran dan koleksi batu akik di DPR, silahkan lihat video ini :

1 comment:

  1. Ngak salah tuh..hebat banget,batu akik bisa sampai gedung dpr..hehe..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.