Resep Cara membuat Kolak Pisang Ubi

By
Resep Kolak Pisang Ubi

Marhaban ya ramadhan, alhamdulillah sudah masuk bulan puasa lagi. Terasa indahnya saat berpuasa, limpahan pahala beribadah di bulan yang baik dan tentunya nikmat saat berbuka puasa. Biasanya sebagai pelengkap menu berbuka puasa kami membeli takjil, salah satu takjil favorit kami adalah kolak pisang ubi.

Menu berbuka puasa dengan kolak pisang ubi ini sudah sangat populer seakan sudah menjadi makanan wajib untuk menu pembuka saat berbuka puasa. Rasa dan bahan kolaknya yang manis dan segar mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Sehingga kami cukup memulai berbuka puasa dengan minuman segar dan kolak pisang ubi ini. Kemudian menunaikan shalat maghrib dahulu sebelum melanjutkan berbuka puasa dengan menu makanan lainnya.

Setelah pada bulan ramadhan sebelumnya kami selalu membeli tajil kolak pisang ubi ini dalam bentuk jadi, kali ini kami penasaran untuk mencoba membuatnya sendiri. Untungnya bahan untuk membuat kolak pisang ubi ini sangat sederhana dan sangat mudah di dapat di pasar. Dengan berbekal resep kolak pisang ubi dari mama akhirnya kami berhasil membuatnya. Yes. Rasanya enak juga.

Ok langsung saja, berikut ini resep kolak pisang ubi.

Bahan :
+/-  1 liter air
4 buah pisang tanduk
1 buah ubi merah
kolang kaling secukupnya
1 potong gula merah
2 lembar daun pandan
1 buah santan instan ukuran kecil (65 ml)
Garam secukupnya
bila kurang manis bisa di tambahkan gula putih

Keterangan :
Lebih lengkap lagi jika ditambahan buah nangka sebagai penambah rasa gurih dan wangi pada kuah kolaknya. Namun saat kami mencoba resep ini kami tidak memperoleh buah nangka matang tersebut. Jika memang tersedia dapat di tambahkan.

Cara Membuatnya :
Rebus gula merah bersama dengan air. Setelah air mendidih dan gula merah larut , masukkan ubi yang sudah di potong – potong. Masak hingga agak lunak. Kemudian tambahkan kolang – kaling dan pisang.

Terakhir masukkan santan, aduk – aduk agar santan tidak pecah kemudian tambahkan garam dan gula putih secukupnya. Masak hingga pisang agak lunak.

Kolak pisang ubi siap dinikmati.

Untuk video cara membuat Kolak Pisang Ubi, silahkan lihat disini :


Demikianlah resep Kolak Pisang Ubi sederhana yang lezat dan nikmat. Semoga dapat bermanfaat. Happy cooking.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.